header wahyu winoto blog

Memasang Aplikasi Chatting di Situs Jejaring Sosial Jcow


Capek mengoptimasi artikel kontes Radio Streaming Murah dan Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah, kemarin teman saya iseng-iseng membuat hiburan yaitu membuat situs jejaring sosial yang mirip Facebook dengan menggunakan Jcow. (Bagi yang belum tau cara membuat situs jejaring sosial dengan Jcow silahkan baca artikel "Cara membuat situs jejaring sosial seperti facebook dengan Jcow").

Lalu ceritanya, setelah selesai membuat situs jejaring sosial tersebut ternyata teman saya itu merasa ada yang kurang, dia bilang disana tidak ada fasilitas untuk chatting (memang untuk versi standard yang gatisan itu belum ada fasilitas untuk chatting). Nah dia sempat menanyakan hal itu ke saya, dan saya janji akan mempostingkan caranya diblog biar dia baca sendiri dari sini ;-)

Ok langsung saja, sebelum kita membuat chat di Jcow yang kita butuhkan adalah aplikasi untuk Chatt tersebut, silahkan kamu download aplikasi chatt Jcow DISINI.

Setelah selesai kamu download, lalu kompreslah file tersebut kedalam format .zip tujuannya agar nanti mudah saat peng-upload-an ke hosting.
Langkah selanjutnya adalah; Login ke control panel hosting tempat kamu menyimpan/menghostingkan file situs Jcow-nya. 

Dari control panel tersebut lalu masuklah ke File Manager dan masuk ke file-file situs Jcow kamu, disana nanti ada beberapa direktori dan file. Kamu masuk saja ke direktori Modules.




Setelah masuk ke directori Modules tugas kamu sekarang adalah menambahkan file Aplikasi Chatting yang sudah kamu download tadi (lihat link download diatas).

Upload-lah file aplikasi free chat tersebut. Proses upload cepet, karena filenya kecil.


Setelah kamu upload maka akan tampak file freechat-nya (seperti pada gambar diatas).

Ok, langkah kamu di Control Panel Hosting sudah selesai.
Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Modules Chat tersebut. 

Caranya adalah :

- Login ke situs Jcow kamu (login sebagai admin).
- Lalu masuk ke Control Panel situs Jcow kamu.

Klik Admin CP untuk masuk ke Control Panel Jcow

Setelah didalam Control Panel situs kamu, selanjutnya cari pengaturan Modules.

Klik Modules untuk masuk ke pengaturan modul Jcow

Nanti didalam Modules Jcow kamu akan temukan banyak modul-modul yang telah terinstall. Tugas kamu sekarang adalah mengaktifkan module Chat yang sudah kamu upload di hosting tadi.


Cara mengaktifkannya adalah dengan beri centang pada kotak kecil/cek list disebelah kiri tulisan freechat. Lalu dilanjutkan dengan klik tombol Update Module.

Sampai disini proses Install sudah selesai, sekarang tinggal kamu coba saja aplikasi ini untuk chatting dengan teman sesama pengguna situs Jcow kamu yang sedang online.

Untuk mulai chatting dengan teman di Jcow adalah dengan menambahkan dulu nama teman yang akan kamu ajak Chatting. Lihat gambar berikut:

Klik Freechat untuk memulai chatting. Lalu tambahkan nama teman.

Setelah klik menu Freechat, lalu masukkan nama teman pada kolom dibagian kanan untuk mulai mengirim pesan Chat kepadanya.

Selesai.

Semoga trik Memasang Aplikasi Chatt di Jcow ini dapat bermanfaat.
Selamat ber-chit-chat dengan situs jejaring sosial jcow kamu sendiri !!!


***



Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP