• RSS Feed Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto



Mikroformat dan hCard


Microformat and hCard



Salah satu element penting yang harus dikuasai oleh web master atau web development untuk mengoptimalkan keterbacaan situs/blog yang mereka bangun adalah dengan melengkapi situs/blog mereka dengan Mikroformat. Keterbacaan itu diartikan lebih luas yaitu keterbacaan baik oleh menusia maupun oleh mesin pencari/search engine.

Artikel saya ini sebenarnya lebih saya tujukan untuk para pembelajar web development maupun pecinta SEO, karena menurut saya penting sekali untuk mengikuti trend algoritma baru Google dimana sekarang ini faktor semantik, mikroformat dan makroformat lebih diperhatikan dalam perankingan sebuah situs oleh Google maupun mesin pencari lainnya.

Artikel saya ini juga saya maksudkan untuk melanjutkan artikel terdahulu yaitu "trik SEO tahun 2012", yang mana disana sudah saya paparkan beberapa perubahan sistem perankingan Google yang disampaikan oleh beberapa ahli web development maupun ahli SEO.

Ok, lanjut lagi tentang mikroformat;

a. Microformat

Microformat adalah pendekatan berbasis web untuk markup semantik website yang diusahakan untuk menggunakan yang ada pada HTML / XHTML tag untuk menyampaikan metadata dan atribut lain di halaman web dan konteks lain yang mendukung (X) HTML. Pendekatan ini memungkinkan perangkat lunak untuk memproses informasi yang ditujukan untuk pengguna/konsumen (seperti informasi kontak, koordinat geografis, even, dan sejenisnya) secara otomatis.


Meskipun isi dari halaman web secara teknis sudah mampu melakukan "pemrosesan otomatis", namun pemrosesan tersebut masih sulit untuk dimaksimalkan karena tag markup tradisional yang digunakan untuk menampilkan informasi di web tidak menggambarkan informasi dengan lebih berarti. Microformats dapat menjembatani kesenjangan ini dengan melampirkan semantik dan mengabaikan hal lain yang tidak sesuai, metode pengolahan otomatis, seperti pengolahan bahasa alami atau tampilan pada layar.

Pengadopsian Microformats memungkinkan pengolahan item data yang akan diindeks, dicari, disimpan atau disebarkan, sehingga informasi yang ada dapat digunakan kembali atau dikombinasikan.


Pada 2010, Microformats memungkinkan encoding dan ekstraksi peristiwa, informasi kontak, hubungan sosial dan sebagainya yang terus dikembangkan.

Nah, salah satu elemen penting dalam mikroformat yang saya pelajari adalah vCard dan hCard.


vCard atau yang sekarang lebih banyak dipakai hCard adalah microformat untuk penerbitan rincian kontak yang mungkin berupa nama orang, perusahaan, organisasi, dan tempat-tempat, dalam (X) HTML, Atom, RSS, atau XML. Microformat hCard ini menggunakan representasi 1:1 dari vCard (RFC 2426) ,diidentifikasi menggunakan HTML dan atribut kelas rel pada kode situs/blog kamu.


Hal ini memungkinkan alat parsing (misalnya situs pencari, serta situs-situs lain, atau ekstensi Firefox) untuk mengekstrak rincian, dan menampilkan apa yang mereka kenali dalam situs/blog kita, menggunakan beberapa referensi (bisa berupa situs-situs lain atau alat pemetaan, indeks atau pencarian mereka), hCard juga memudahkan sistem untuk memuat mereka ke program address book.


Gosip yang saya baca dari blog Google pada bulan Mei 2009, Google mengumumkan bahwa mereka akan parsing Microformats hCard, hReview dan hProduct, dan menggunakan mereka untuk mengisi hasil pencarian halaman. 

Lalu, perkembangannya pada bulan September 2010 Google mengumumkan niat mereka untuk menampilkan hCard dan informasi hReview dalam hasil pencarian mereka. Pada bulan Februari 2011, coba kamu lihat contoh yang saya temukan:
Snippet profil wahyu winoto di internet
Gambar diatas itu adalah salah satu bukti penerapan hCard atau profil dalam hasil pencarian di Google (saya lakukan pencarian dengan keyword "wahyu winoto" tanpa tanda petik).

Dari gambar itu mengindikasikan bahwa Google telah menerapkan kebijakan untuk mencari hCard atau profil seseorang yang ada di jaringan internet dan mereka menemukan identitas saya pada akun profil Google + makanya mereka menampilkan itu di SERP mereka.

Selain Google, sekarang ini Facebook juga mulai menggunakan hCard untuk menandai tempat atau acara. Kalau tidak percaya coba saja buktikan.

Nah, dari definisi Mikroformat dan hCard tersebut lantas apa yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan website/blog kita?

Sudah barang tentu kita harus memasukkan unsur Mikroformat dan hCard dalam script atau kode situs/blog kita, dengan maksud agar tingkat keterbacaan dan validitas situs/blog kita itu dapat meningkat dan valid dimata mesin pencari. Dengan begitu secara SEO situs/blog kita menjadi makin bagus dan kuat.

Mungkin itu dulu perkenalan dengan mikroformat dalam suatu situs/blog, jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang contoh penerapan mikroformat dan hCard silahkan kunjungi artikel saya Pengaplikasian Microformat pada Website/Blog

Happy Blogging !!
!


***


Silahkan share artikel

kepada saudara maupun sahabat yang membutuhkan.
Terima kasih.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.

wahyu-winoto.com www.wahyu-winoto.com gambar hiasan wahyu-winoto.com




Wahyu W - Bloger Indonesia


© 2010 - 2017 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP