• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Tumblr Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto



Pengaplikasian Microformat pada Website/Blog



Pengaplikasian Microformat pada Website/Blog


Melanjutkan artikel terdahulu tentang Microformat dan hCard, kali ini saya akan coba berikan trik sederhana untuk mengecek salah satu elemen mikroformat dalam situs/blog kamu, coba kamu buka URL berikut: 

- http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets
- Lalu isi dengan URL blog/situs kamu pada kolom pengecekan snippetnya
- Lanjutkan dengan klik Preview

Coba kamu amati, jika situs atau blog belum dilengkapi meta tag author sebagai elemen pendukung (mikroformat) dalam suatu web maka bisa dibilang web/blog itu belum sempurna. Perhatikan gambar berikut untuk perbandingan:

Gambar 1
Contoh yang belum dilengkapi Meta Tag Author
Gambar 2
Contoh yang sudah dilengkapi Tag Author


Cara diatas bisa juga digunakan untuk mengecek keterbacaan suatu halaman dalam blogmu, saya contohkan tadi saya coba cek halaman saya yang berjudul "Bisnis Online Daftar Gratis Bonus jutaan rupiah", setelah klik preview lalu muncul hasil sebagai berikut:

Gambar 3
Sudah lengkap dengan Author dan Profile
Dari ke-3 gambar tersebut berarti bisa dikatakan: 
- www.wahyu-winoto.com itu kurang sehat, 
- sedangkan blog.wahyu-winoto.com sudah sehat. 
- Serta pada artikel saya "Bisnis Online Daftar Gratis Bonus jutaan rupiah" itu juga bisa dibilang sehat dan maksimal tampil dimata mesin pencari.

Sekarang buat kamu

Jika setelah kamu lakukan pengecekan ternyata kq blog kamu belum memunculkan snippet yang berupa Author atau Profil sebagai pemilik blog, maka kamu harus menambahkan meta tag Author pada template blog/situs kamu. Selain itu, ketidaksempurnaan juga mucul jika masih belum ditemukannya vCard/hCard dalam meta tag di situs/blog kamu.

Solusinya ?

Bagi para webmaster senior mungkin terlalu remeh membahas hal yang diluar kepala mengenai pemasangan mikroformat dalam situs/blog, namun disini ijinkan saya memberikan sedikit tips bagi mereka yang maih sama-sama belajar untuk belajar cara mengoptimalkan blog/situs mereka.

a. Memasang Meta Author pada Blog


Dalam hal ini saya gunakan saja profil Google + sebagai Author, kenapa? Karena dengan memasang meta tag "author" profile ke Situs/Blog kita, diharapkan situs/blog kita menjadi valid kerena author blognya sudah terdaftar di Google, dan juga bisa membuat/memunculkan bintang di hasil pencarian/SERP Google, selain itu tentu akan menambah popularitas blog anda di mata Google, Yahoo, Bing, dll.

Cara Pemasangannya:
1. Login ke Blogger
2. Pilih Rancangan - Edit HTML
3. Copy kode berikut dan pastekan di bawah kode <head>

<link href="https://plus.google.com/110332182798805450378" rel="publisher" /><script type="text/javascript"> window.___gcfg = {lang: 'id'}; (function() {var po = document.createElement("script"); po.type = "text/javascript"; po.async = true;po.src = "https://apis.google.com/js/plusone.js"; var s = document.getElementsByTagName("script")[0]; s.parentNode.insertBefore(po, s); })();</script>


Ganti 'https://plus.google.com/110332182798805450378' dengan URL profile Google + kamu.


Tambahkan juga kode berikut kedalam body html blog kamu.


<span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span>

Lalu, Simpan template blog kamu.

Tunggu beberapa hari hingga author blogmu tersebut dikenali oleh mesin pencari.
Untuk mengeceknya silahkan gunakan tool dari Google Webmaster yang link-nya sudah saya berikan diatas itu.


vCard atau hCard (Lihat definisinya di artikel "Microformat dan Macroformat") sangat baik untuk menunjukkan kevalidan keberadaan kamu sebagai pemilik suatu halaman di internet, bukan hanya menurut mesin pencari, namun bagi manusia/pengunjung blog/situs kamu juga sama pentingnya. 

Untuk memasang vCard atau hCard silahkan kamu coba gunakan tool gratis ini:
- buka http://microformats.org/code/hcard/creator
- isi data-data kamu di kolom yang disediakan
- klik build it
- ambil script/code hCard
- masukkan ke template blog kamu dan simpan


Sedangkan bagi kamu yang menggunakan wordpress self host, silahkan gunakan plugin hCard & vCard Generator yang bisa kamu download disini: http://wordpress.org/extend/plugins/hcard-vcard-generator-wordpress-plugin/. Menurut pengalaman saya, plugin itu bagus untuk memvalidkan profil kita sebagai author suatu blog/website.

Semoga dengan melengkapi situs/blog kita menggunakan meta author dan hCard harapannya nanti tingkat validitas situs/blog kita jadi diakui dan makin mantap dimata Search Engine. Hal itu secara tidak langsung akan mempengaruhi ranking dan SEO situs/blog kita.

***
Description: Pengaplikasian Microformat pada Website/Blog
Rating: 5
Baca juga: Hotel Murah di Semarang via klikHotel.com dan Bisnis Online Daftar Gratis Bonus jutaan rupiah serta Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia 


Silahkan share artikel

kepada saudara maupun sahabat yang membutuhkan.
Terima kasih.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.

wahyu-winoto.com www.wahyu-winoto.com gambar hiasan wahyu-winoto.com




Wahyu W - Bloger Indonesia


© 2010 - 2017 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP