• Whatsapp Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto


header wahyu winoto blog

Mungkinkah Keris digunakan Tentara Modern

Keris dan Tentara
------------------
Saya menemukan sebuah foto di linimasa Facebook, ada seorang anggota TNI terlihat "nyengkelang" keris di pinggangnya. Sekilas terlihat aneh, namun sesungguhnya jika kita tahu dengan melengkapi diri membawa senjata tajam berupa keris ini justru ada banyak keuntungan yang diperoleh. Misalnya, dari sisi kekuatan dan daya tahan logamnya, keris terbukti lebih kuat dan tahan lama dibanding pisau bayonet atau sangkur khas tentara.


Keris Sangkelat
Keris Sangkelat
Menurut hasil uji laboratorium yang diprakarsai UNESCO ketika sedang menggodok rencana sertifikasi keris sebagai warisan budaya dunia non bendawi tahun 2005 dulu, pernah diuji kekuatan berbagai macam senjata tajam, seperti keris, pedang damaskus, pedang eropa, pedang katana, golok, belati, dan sejenisnya, dan ternyata cuma keris yang lulus beragam pengujian.

Sebagian dari senjata-senjata tajam diatas mampu lulus uji kekerasan bahan (lulus uji tekan), kemudian lulus uji tarik. Ketika berlanjut ke uji tekuk rata-rata senjata tersebut patah, tersisa beberapa jenis senjata saja yang bertahan.

Puncaknya ketika terakhir dilakukan uji puntir HANYA keris yang mampu bertahan. Semua senjata tajam dari manapun di dunia ini tidak ada yang mampu menandingi keris dalam uji puntir, semua pecah dan patah.

Sekedar untuk diketahui, uji puntir adalah pengujian "durabilitas" logam dengan cara kedua ujung diputar saling berlawanan, ya seperti kita memuntir kain cucian (diperas biar airnya tuntas), kurang lebih seperti itu prosesnya.




Tentara bersenjatakan Keris
Tentara bersenjatakan Keris


Pada gambar yang saya publish itu terlihat seorang anggota TNI yang menurut saya sanga-sangat membanggakan, dia tidak melupakan senjata warisan leluhur bangsa kita.
 
Tidak seperti pada umumnya tentara yang membawa pisau bayonet atau sangkur, tentara kita ini justru membawa keris lengkap dengan warangkanya yang bergaya "gayaman" Surakarta.





Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wahyu-winoto.com




© 2010 - 2019 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP