header wahyu winoto blog

Elemen Penting dalam Tampilan Web Agar Bagus dan Menarik

Tampilan atau desain web yang baik harus memperhatikan banyak sekali faktor, mengapa jika kita membuat web sebaiknya memiliki tampilan yang bagus dan enak dilihat oleh pengunjung?

Karena seperti kita rsakan sendiri jika kita membuka sebuah web kq tampilannya acak-acakan, warna tabrak sana tabrak sini maka kita akan merasa gak nyaman bukan.... 

Untuk itulah jika kita ingin membuat web/blog usahakan agar unsur-unsur tampilan web harus dibuat sedemikian rupa agar tampil bagus, indah, dan enak digunakan oleh pengunjung.

Apa sajakah unsur-unsur dalam tampilan web yang bagus itu, berikut diantaranya :

Perpaduan warna
Website yang baik harus website yang memiliki pola perpaduan warna yang jelas. Perpaduan yang baik dan tidak saling tumpang tindih akan memudahkan user yang melihat website menjadi lebih terfokus.

Typografy
Typografy merupakan elemen penting yang banyak dilupakan dalam pembuatan website. Typografy atau yang biasa seni menulis harus menjadi ujung tombak dari website itu sendiri karena typografy yang akan baik akan memudahkan user dalam membaca informasi/konten dari sebuah website.

Pengaturan layout
Layout atau tata letak sebuah website mencerminkan “kepribadian” dari website itu sendiri. Layout bisa kita ibaratkan seperti denah pada ruangan rumah, dimana denah tersebut berfungsi untuk memudahkan penghuninya.

Kecepatan loading
Kecepatan loading website harus diutamakan karena akan percuma softholic mania membuat website dengan desain yang menarik namun kecepatan loading untuk membuka satu (1) page membutuhkan waktu 1 hingga 2 menit.

KIIS = Keep It Simple Stupid
KISS merupakan golden rule dari sebuah website yang menharuskan softholic mania berkreasi untuk membuat website yang simple. Simple dalam pengertian bukan simple tidak memiliki apa-apa melainkan simple baik dari segi navigasi, pewarnaan, dan desain sehingga user yang melihat website bisa langsung mengetahui fungsi-fungsi pada website.

Hal diatas merupakan beberapa point yang harus diperhatikan dalam membuat website, namun hal tersebut jangan dijadikan pakem/standar sebuah website karena kreativitas dan desain masing-masing softholic mania pasti berbeda.

***


Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP