header wahyu winoto blog

Contoh Cara Membuat Password yang Aman

Password merupakan salah satu elemen penting namun sering dilupakan oleh pemiliknya karena dianggap sepele. Password secara umum merupakan data atau tulisan yang berfungsi sebagai otentifikasi user untuk mengakses suatu informasi tertentu dari website.

Apakah password penting ? 
Sangat penting karena password bisa diibaratkan sebuah kunci rumah dimana kunci tersebut dipergunakan pemiliknya untuk bisa mengakses masuk dan keluar rumah secara bebas.

Bagaimana jika password diambil orang ? 
Sangat bahaya sekali apalagi jika password dari user yang diambil memiliki akses untuk masuk ke dalam informasi yang sangat penting.

Nah, setelah dulu saya sudah tuliskan tentang "Password Terbaik Dan Teraman Agar Sulit Dijebol" dan "Cara Mencegah Dan Menghindari Pencurian Akun Melalui Keylogger" serta "Mengamankan Twitter Dari Hacker", sekarang lanjut lagi dengan bagaimana cara membuat kombinasi password yang baik dan aman ? 

Cara membuat kombinasi password sebenarnya sangat mudah dan gampang, hanya saja banyak dari kita mungkin belum mengetahui tekniknya.

Oleh karena itu saya akan menjelaskan cara membuat kombinasi password yang aman hanya dengan beberapa langkah saja.

a. Langkah pertama adalah buat nama password yang mudah diingat, Ex : nama kota kelahiran, nama hewan peliharaan, ataupun nama orang yang anda anggap istimewa.

Jika anda sudah mendapatkan nama yang mudah diingat, usahakan panjang dari nama tersebut > 10 karakter. 

Pada contoh kali ini saya akan membuat password dengan nama kota kelahiran saya yaitu : jakarta

Ex : jakarta (7 karakter) < 10 maka password dianggap kurang layak dan harus mengalami perubahan. Ex : kotajakarta (11 karakter) > 10 karakter, password dianggap layak

b. Langkah selanjutnya adalah anda harus memasukan kombinasi huruf besar (uppercase) dan huruf kecil (lowercase)
Ex : KoTaJAkaRta

Selain mempergunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, password juga harus memiliki kombinasi angka.
Ex : K0TaJ4kaRta

c. Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah menambah simbol ataupun karakter khusus seperti (!, @, #, $, %, ^, &, *, (, ), -, +, /, =, ?, dan sebagainya).
Ex : K0T@?4kaRta

Cukup mudah bukan langkah-langkah membuat kombinasi password yang aman.



*** 



Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP