Cara Mencegah dan Menghindari Pencurian Akun melalui Keylogger




Cara Mencegah dan Menghindari Pencurian Akun melalui Keylogger


Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan, untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain pencurian data dan password.

a. Jenis Keylogger
- Hardware Kylogger

Keylogger yang berupa hardware besarnya biasanya seukuran baterai ukuran AA. Keylogger jenis ini dipasangkan pada ujung keyboard, sehingga mencegat data yang dialirkan dari keyboard ke CPU. 

- Software Keylogger
Keylogger dalam bentuk perangkat lunak terpasang di dalam komputer dan bekerja secara tersembunyi. 

Keylogger saat ini lebih populer dari yang terdahulu karena lebih sering digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk mencuri " email dan password " suatu email.

Keylogger sebenarnya adalah sejenis spyware, dimana segala macam aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan tombol keyboard akan disimpan atau akan dikirim secara otomatis ke email mereka.

b. Mencegah Pencurian Akun melalui Keylogger
Ada beberapa cara sederhana diatas untuk menghindari key logger, antara lain :

1. Instal "Anti Keylogger" pada PC anda.
2. Matikan "Autorun" pada system regedit yang terdapat pada windows.
3. Matikan system "Startup" yang terdapat pada konfigurasi windows, lewat RUN- msconfig - startup - disable all - ok.
4. Cek sekali-sekali program yang berjalan pada "service MMC",jika ada program yang mencurigakan bisa langsung "disable" kan saja.
5. Gunakan antivirus yang dilengkapy dengan fasilitas spyware.
6. Kunci system PC anda dengan dengan menggunakan Software Lock System agar orang yang tidak bertanggungjawab termasuk virus tidak bisa merusak system PC yang telah anda buat.
7. Aktifkan Internet Connection Firewall (ICF) untuk menghindari penyusupan file atau virus pada system server.
8. Matikan "Remote Dekstop Shearing" pada Control Panel System untuk menghindari pemantauan jarak jauh dari PC atau perangkat lainnya.

 

Selain itu ada juga tips sederhana yang bisa anda  gunakan untuk mencegah pencurian Akun dan Password melalui Keylogger, caranya adalah:

- Cara sederhana untuk menghindari dampak adanya keylogger pada sistem operasi Microsoft Windows adalah dengan menggunakan fitur on-screen keyboard pada Widows.

- Cara kedua adalah dengan menggunakan metode copy-paste saat anda mengisi form email dan password saat Log In. Dengan cara ini anda dapat terhindar dari spyware sejenis keylogger untuk mencuri password anda dengan membaca inputan dari tombol keyboard yang anda ketik. 

Melalui copy paste, mereka hanya bisa mencatat masukan berupa [ctrl] + V atau paste saja. 

Untuk memudahkan cara ini, anda dapat menyimpan password anda dengan software yang aman, anda bisa menggunakan software penyimpan password seperti KeePass atau Personal Vault.

*****

My Podcast Alley feed! {pca-b1bc015ac882acd2cf85729fcad6188b}






Ada 0 komentar untuk artikel Cara Mencegah dan Menghindari Pencurian Akun melalui Keylogger


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang