header wahyu winoto blog

Cara Setting Firefox Agar Pencarian Bisa Langsung Dari Address Bar

Menurut pengalaman saya, sering kali saat kita mau search pakai google di firefox kita sering salah ketik dikolom address bar, padahal seharusnya kita mengetik pada search bar (kotak pencarian kecil dikanan atas firefox).

Dari seringnya kesalahan itu, saya lantas berpikir adakah cara agar fasilitas pencarian dapat berjalan otomatis cukup dengan mengetikkan pencarian melalui address bar. Sebenarnya cara itu sudah bisa otomatis kita lakukan jika kita menggunakan browser Google Chrome atau Comodo Dragon. Namun karena mayoritas dari kita lebih familier menggunakan Mozilla Firefox maka tidak ada salahnya jika tutorial panduan setting pencarian melalui address bar ini saya publikasikan.

1. Cara Pertama, Gunakan Add-Ons Instantfox

Pencarian/searching ke mesin pencari melalui Address Bar Firefox bisa kamu lakukan dengan mudah, caranya adalah dengan menginstall add-on InstantFox.

Add-Ons tersebut dapat di download melalui http://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/instantfox

Setelah kamu download, lalu install saja ke browser mozilla firefox kamu. Nah, setelah terinstall maka nanti kamu bisa tes kinerjanya, misalkan : kamu ingin mencari kata "Disabilitas dan Pandangan Masyarakat", maka kamu cukup ketikkan g Disabilitas dan Pandangan Masyarakat pada address bar firefox kamu. 

Jadi, format pencariannya adalah : "g kata_kunci" (tanpa tanda petik).

2. Cara ke-2, Setting konfigurasi Firefox

Untuk lebih jelasnya, ikuti saja panduan berikut:
- Ketik about:config ke address bar.
- Jika muncul konfirmasi This Might Void Your Warranty, klik saja I'll be careful, I promise.

Kemudian, lihat halaman konfigurasi firefox tersebut, lalu :

a. Pada kotak filter, ketik keyword.URL
Masukkan kata keyword.URL pada kolom Filter
b. Klik kanan nilai keyword.URL dan klik "Modify". 
c. Masukkan URL berikut ke dalam kotak popup yang muncul : http://www.google.com/search?hl=id&q=
Isi pop-up yang tampil dengan URL yang kamu inginkan
d. Lalu, klik OK

Cara tersebut untuk setting pencarian address bar secara otomatis menggunakan Google.Co.Id. Jika kamu ingin setting agar pencarian yang dilakukan menggunakan Google.Com maka masukkan URL berikut : http://www.google.com/search?hl=en&q=

e. Bonus dari saya

Jika kamu suatu saat tidak ingin menggunakan Google sebagai mesin pencari, maka masukkan saja URL dari mesin pencari lain, misalkan untuk Yahoo gunakan URL berikut: http://search.yahoo.com/search?&p= (Yahoo Bahasa Inggris) atau http://id.search.yahoo.com/search?&p= (Untuk Yahoo Indonesia)

Selamat mencoba dan rasakan kemudahan pencarian langsung dari Address Bar tanpa perlu terlebih dahulu membuka Google atau Yahoo.


***


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP