header wahyu winoto blog

Ciri Kegagalan dan Cara Mengatasinya



Kegagalan itu tidak akan ada jika anda hilangkan ciri-ciri orang yang akan gagal dari kehidupan anda


Sebenarya kegagalan itu tidak ada, itu pandangan positif saya. Kegagalan merupakan sebuah kesalahan/kecerobohan yang dilakukan manusia. Kegagalan tidak akan jadi ada selama Anda terus berjuang dan mencari cara yang lebih baik untuk mencapai kesuksesan. Kesuksesan hanya bisa diraih jika kita mau mendapatkannya dan kita sendirlah yang akan membawa kita sukses dalam hidup. Bukankah Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang selama manusia itu tidak mengubahnya....

Sebagian orang menyatakan bahwa ciri/tanda bahwa seseorang itu mengalami kegagalan misalnya; Tidak mempunyai tujuan hidup yang jelas, selalu pesimis dalam menatap masa depan, selalu menunda pekerjaan, selalu mengeluh, bekerja tapi tanpa fokus, tidak mempunyai kemauan, dan sebagainya.


Penyakit mental yang harus dihindari

Saya sempat menemukan sebuah tulisan pribadi dari Pak Deni dalam blognya denisuryana.wordpress.com, dimana disana beliau menuliskan sebuah kisah motivasi yang terinspirasi oleh kata-kata motivator terkenal Mulia Jamil Azzaini. Menurutnya ada penyakit mental yang harus dihindari dan dijauhi, antara lain:

1.Saya sudah tahu

Kalau kita sering bilang “saya sudah tahu”, waktu dikasih tahu orang lain, itu sangat berbahaya. 
Penyakit “saya sudah tau” tidak akan membuat kita belajar. Padahal dalam hidup kita harus banyak belajar. Belajar dari siapa pun, dari mana saja dan kapan saja.

2. Saya orangnya memang begini

Ciri orang yang membangun dirinya untuk gagal ya ini. Orang seperti ini adalah orang yang tidak mau berubah demi kebaikan. Pasrah tanpa usaha. 

Lalu bagaimana mau maju kalo gak mau berubah?

3. Hidup bagai air mengalir

Hidup bagai air mengalir, toh semua akan mengalir menuju ke laut. Untuk yang satu ini mungkin bisa disamakan dengan ibarat orang hidup nanti pasti mati. Lalu, coba kita kembalikan ke ungkapan diatas, pernah lihatkan air yang mengalir menuju ke selokan atau comberan? Ada yang terjebak macet dengan onggokan sampah di sungai dan jadi sumber penyakit, atau yang lain-lain. Jadi..masihkah mau hidup bagai air mengalir? Jika mengikuti pola yang demikian maka hidup Anda tidak terencana dengan baik. Anda tidak tahu harus melakukan apa untuk mengarungi kehidupan ini, karena itu Anda akan bingung dan tidak tahu akan melangkah kemana. Stop hidup mengalir, tentukan arah dari sekarang !.


Sifat-sifat yang saya sebutkan itu merupakan sifat paling mendasar akan munculnya kegagagalan dalam hidup. Meskipun mungkin masih ada perdebatan tentang hal itu, namun bukan itu esensi utama dari pesan saya dalam artikel ini. Yang ingin saya sampaikan bahwa sebenarnya tidak ada yang namanya gagal, yang ada hanya ciri orang yang akan gagal, dan jika kita mampu merubah ciri tersebut kearah positif maka kegagalan tidak akan jadi menimpa/terjadi pada kita. Insya Allah.





***


Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP