Mengapa PPC Lokal Jarang Menampilkan Iklan?




Mengapa PPC Lokal Jarang Menampilkan Iklan?

Beberapa hari ini rekan saya lagi seneng ngobrolin PPC lokal (contoh saja : Idblognetwork, Innity, Sitti), yang kata teman saya sekarang ini PPC Lokal Jarang Menampilkan Iklannya.

Lalu teman saya juga katakan "Koq bisa ya ada blogger yang katanya berpenghasilan jutaan rupiah dari PPC lokal, padahal blognya biasa aja?". Untuk pertanyaan yang ini kita semua tentu tau apa syaratnya:

Yang menentukan penghasilan blog (dalam hal ini dari PPC lokal) seperti yang saya maksud diatas tidak lain tidak bukan adalah : Intensitas munculnya iklan serta jumlah klik iklannya. Itu intinya.

Bagaimana agar klik iklannya banyak sehingga pendapatannya besar pula?

Untuk mendapatkan banyak klik iklan diblog sudah barang tentu kamu harus memiliki blog yang ramai pengunjungnya, kemudian penempatan iklan harus strategis sehingga jumlah pengunjung yang banyak itu bisa dikonversikan dengan (menghasilkan) klik yang banyak pula pada iklan-iklan kamu.

Kemudian, mengapa sekarang ini jarang muncul iklan?

Saya berusaha berbicara kepadanya dengan posisi netral, mulai dari "Itu karena memang saat ini sedang jarang ada pemasang iklan/campaign iklan", atau "mungkin kuota iklan yang harus tampil hari itu sudah habis, jadi blogmu tidak kebagian menampilkan iklan", atau juga "iklan itu diraget untuk blog dengan niche/kategori tertentu yang tidak sesuai dengan konten dalam blogmu".

Nah, berkembang dari diskusi kecil tersebut, saya dan rekan-rekan sempat melontarkan pertanyaan;


Apakah penyebab perusahaan-perusahaan itu tidak mau lagi memasang iklan melalui PPC lokal?

Membahas ini sebenarnya butuh masukan dari si empunya perusahaan pemasang iklan, kemudian juga si empunya perusahaan PPC, namun sebagai bahan diskusi saja saya dan rekan-rekan sempat berpikir bahwa, kegagalan target iklan melalui PPC lokal-lah yang menyebabkan perusahaan-perusahaan jadi menghentikan pemasangan iklan. (dengan kata lain mereka males masang lagi iklan via blog). Itu salah satunya.

Nah, mengapa perusahaan-perusahaan/brand itu merasa gagal dalam membidik target iklannya di internet?

Sudah tentu karena belanja/biaya iklan yang mereka keluarkan tidak sebanding dengan masukan yang diharapkan. Kemudian, bukankah PPC itu membayar cuma jika iklannya di Klik (dikunjungi) oleh pengguna?

Memang benar, namun sekarang ini telah berkembang isu atau mungkin trend dikalangan blogger bahwa mereka banyak yang mengakali iklan di blognya, tentunya dengan maksud mendapat penghasilan besar dari klik yang dihasilkan oleh iklan yang tampil di blog masing-masing.

teknik saling klik iklanApa benar bisa dilakukan cara seperti itu?

Bisa, dengan memodifikasi proxy misalnya agar tidak terdeteksi melakukan klik sendiri. Kemudian banyak juga yang menerapkan kerjasama saling klik iklan diblog rekan seperjuangan ;-), sistemnya dengan perjanjian bahwa masing-masing blogger dalam jaringan itu akan selalu klik iklan diblogger lain dalam jaringan mereka. Tujuannya jelas untuk mendapat penghasilan dari klik iklan diantara mereka.

Kemudian, untuk iklan yang menggunakan aturan PPA (publisher dibayar jika terjadi action/transaksi) banyak publisher yang mengakalinya dengan cara seolah-olah benar-benar terjadi transaksi/action dari tampilan iklannya, bahkan banyak yang rela menunggu didepan blog masing-masing sambil terus merefesh tampilan blognya cuma agar tampil iklan untuk kemudian dia klik sendiri (atau mengajak orang lain) dan melakukan actionnya. Ini jelas akal-akalan. Begitu yang sempat terlontar dalam diskusi kecil saya dan beberapa rekan kemarin.

Saya tidak mengatakan semua blogger begitu, namun dari sekian ribuan publisher PPC ada yang menggunakan cara cerdas (baca: tidak jujur) seperti itu.

Masih banyak alasan lain mengapa iklan tidak tampil di blog (karena memang tidak ada advertiser), bisa jadi karena memang perusahaan advertiser itu sudah cukup populer dengan iklan di media lain selain internet, atau mungkin karena sedang tidak ada anggaran iklan via online, atau mungkin bisa jadi kecurigaan kami benar bahwa banyak perusahaan sebagai pemasang iklan yang merasa sia-sia beriklan melalui para blogger karena apa yang mereka harapkan jauh dari apa yang mereka belanjakan. 

Semua itu hanya asumsi dan pikiran-pikiran pribadi kami, jadi besar kemungkinannya untuk salah meski ada kemungkinan juga untuk memiliki nilai kebenaran.

Sebelum mulai meng-adsense-kan blog kamu, tidak ada salahnya jika baca referensi "Membandingkan Iklan PPC, Paid Review, dan Buy/Sell Text Link Iklan PPC, Paid Review, dan Buy/Sell Text Link" dan juga baca ini terlebih dahulu "Keburukan Iklan Adsense untuk Blog".


***







Ada 6 komentar untuk artikel Mengapa PPC Lokal Jarang Menampilkan Iklan?

Uzanks Al Ghifari on Selasa, 07 Februari 2012 11.28.00 WIB mengatakan...

memang benar mas, dalam 2 bulan terakhir iklan d blog saya kalonya PPC ga ada campaignya...

Miftah Farid on Jumat, 24 Februari 2012 11.01.00 WIB mengatakan...

Kalau di Innity / Adstars / sitti berdasarkan Kategori blog yang kita daftarkan. Jadi sebagian ada yg banyak iklannya sedangkan kategori blog lain ada yg lagi sepi,, kayak nasib blog saya yang Innity sering kosong udah 2 bulan ini :)

lirik Lagu on Kamis, 08 Maret 2012 09.47.00 WIB mengatakan...

iya saya juga lagi sepi...penghasilan jadi seret :(

kunjungan artikel on Jumat, 23 Maret 2012 09.55.00 WIB mengatakan...

Tidak salah lagi apa yg Anda tuliskan di atas, PPC lokal iklannya jarang muncul, terutama IBNemang sih nilai kliknya lumayan besra dibanding dengan PPC lain seperti kliksaya dan sittizen, ataupun kumpul blogger tapi kendalanya Iklannya yang jarang muncul, percuma kan nilai kliknya tinggi tapi iklannya g' muncul2

http://sugeng-wijaya.blogspot.com on Minggu, 29 April 2012 00.40.00 WIB mengatakan...

ppc indonesia yang masih membayar apa

blogger remaja on Jumat, 29 Juni 2012 21.23.00 WIB mengatakan...

wah oke juga nih innity,.. pengen nyoba,..!


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang