Inilah Keberhasilan Terbesar Seorang Blogger




Inilah Keberhasilan Terbesar Seorang Blogger



Kesuksesan terbesar bagi seorang blogger


Judul posting saya kali ini terlihat cukup ambisius kayaknya, namun bukan kesan itu yang saya harapkan, namun saya hanya ingin mengingatkan pada diri sendiri dan mungkin kepada rekan-rekan blogger Indonesia tentang apa arti kesuksesan yang sebenarnya bagi seorang blogger. Bukan cuma kesuksesan biasa namun kesuksesan tertinggi atau kesuksesan terbesar bagi seorang blogger.

Saya akan memulai artikel ini dengan sebuah cerita yang mungkin sudah pernah kalian dengar, begini ceritanya:

Seorang pemuda terpelajar dari Kebumen sedang berpergian naik pesawat ke Jakarta. Disampingnya duduk seorang ibu yang sudah berumur. 

Si Pemuda menyapa, dan tak lama mereka terlarut dalam obrolan ringan. 

" Ibu, ada acara apa pergi ke Jakarta ?" tanya si Pemuda.

"Oh.. . Saya mau ke Jakarta terus "connecting flight" ke Singapore nengokin anak saya yang ke dua" jawab ibu itu. " 

Wouw..... hebat sekali putra ibu", pemuda itu menyahut dan terdiam sejenak, pemuda itu merenung. 

Dengan keberanian yang didasari rasa ingin tahu pemuda itu melanjutkan pertanyaannya. 

" Kalau saya tidak salah, anak yang di Singapore tadi, putra yang kedua ya Bu?? Bagaimana dengan adik-adiknya? " 

"Oh ya tentu", si Ibu bercerita :"Anak saya yang ketiga seorang Dokter di Malang, yang keempat Kerja di Perkebunan di Lampung, yang kelima menjadi Arsitek di Jakarta, yang keenam menjadi Kepala Cabang Bank di Purwokerto, yang ke tujuh menjadi Dosen di Semarang." 


Pemuda tadi diam, hebat ibu ini, bisa mendidik anak anaknya dengan sangat baik, dari anak kedua sampai ke tujuh. 


"Terus bagaimana dengan anak pertama ibu ??" 


Sambil menghela napas panjang, ibu itu menjawab, " anak saya yang pertama menjadi Petani di Godean Jogja nak.. Dia menggarap sawahnya sendiri yang tidak terlalu lebar." 


Pemuda itu segera menyahut, "Maaf ya Bu..... kalau ibu agak kecewa dengan anak pertama ibu, adik-adiknya berpendidikan tinggi dan sukses di pekerjaannya, sedang dia menjadi petani?" 


Dengan tersenyum ibu itu menjawab," Ooo ...tidak tidak begitu nak....Justru saya sangat bangga dengan anak pertama saya, karena dialah yang membiayai sekolah semua adik-adiknya dari hasil dia bertani".

***
Makna apa yang dapat kalian tangkap dari kisah tersebut?

Mungkin kita pernah berkorban untuk orang lain, baik itu orang terdekat atau orang yang tidak kita kenal sekalipun. Mungkin kita pernah mengorbankan harapan-harapan yang telah kita rencanakan untuk cita-cita kehidupan demi sesuatu keputusan yang berat. Bahkan keputusan yang itu cenderung akan "menghancurkan" diri kita demi kebahagiaan orang lain.

Ada banyak contoh dalam hal itu, saya yakin pembaca sekalian bisa menyebutkan satu-persatu. Bahkan mungkin diantara rekan-rekan sekalian ada yang mengalami kejadian serupa dengan tokoh anak pertama dalam kisah inspirasi diatas.

Lebih jauh saya melihat, dalam kisah inspirasi itu melalui sudut pandang kebaikan diri untuk membaikan sesama maka, menurut saya yang memiliki arti kesuksesan terbesar atau tertinggi itu bukan anak ke 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 tetapi anak pertama. Saat anak-anak lain hanya meraih sebuah kesuksesan, anak pertama telah berhasil mengelola perasaan dan hidupnya untuk berkorban bagi keberhasilan adik-adiknya. Dialah yang pantas menyandang gelar sebagai peraih kesuksesan tertinggi, kesuksesan yang hakiki.


Kemudian jika kita analogikan kisah tersebut pada diri kita para blogger, termasuk para blogger pecinta kontes SEO, para blogger pereview, para blogger pencari dollar/rupiah dari adsense, dan lain sebagainya, maka dapat saya katakan bahwa; Arti keberhasilan atau kesuksesan seorang blogger yang paling besar bukanlah memenangkan kontes SEO (misal : berhasil menang kontes seo "Bisnis Online Daftar Gratis Bonus jutaan rupiah" dan "Pulauweb Web Hosting Murah Indonesia'), bukan pula berhasil mendapat banyak review dengan bayaran tinggi, atau keberhasilan mendulang banyak dollar/rupiah dari adsense, akan tetapi lebih jauh dari itu keberhasilan blogger yang terbesar dan tertinggi adalah saat dia berani mengorbankan kepentingan dirinya untuk membantu orang lain.

Para blogger yang saya maksud tersebut mungkin bisa kita temui pada tokoh-tokoh blogger yang rela berjuang demi usahanya membantu sesama, menulis untuk kemanusiaan, nge-blog untuk menjaring dukungan atas apa yang sedang diperjuangkan orang banyak, yang mana apa yang dia perjuangkan itu untuk mengangkat nilai kemanusiaan, membantu mereka yang kesusahan, membantu mereka yang terpinggirkan. 

Pada skala lebih kecil, mungkin juga bisa kita masukkan para blogger yang tulus ikhlas membantu orang lain yang mana mereka yang tidak tahu tentang sesuatu untuk dijadikannya tahu dan paham akan suatu ilmu/pengetahuan secara umum. Dia yang mengajarkan banyak ilmu meski nantinya akan kalah bersaing dengan orang yang belajar darinya maka dia tetaplah seorang guru, dialah master yang sebenarnya.

Jadi, mungkin benar apa kata orang, jangan terlalu perhitungan dalam dunia blogging, lebih baik lakukan sebanyak-banyaknya hal untuk kebaikan sesama, bantu orang lain yang memang butuh bantuan, sedikit kerugian bagi kita jika diimbangi dengan keuntungan dalam membantu orang lain maka menurut saya itu bukanlah suatu kerugian, malahan hal itu adalah sebuah keberhasilan tertinggi bagi kita manusia yang memang wajib untuk saling membantu sesama.


Salam





***
Baca juga : Info kontes "Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia" dan "Ban Terbaik di Indonesia GT Radial", serta  TEAK 123 best teak garden furniture manufacturer wholesale in Indonesia dan VIAR Motor Indonesia






Ada 5 komentar untuk artikel Inilah Keberhasilan Terbesar Seorang Blogger

suhermanto on Sabtu, 12 November 2011 16.49.00 WIB mengatakan...

sip kang, wah pengalaman pribadi nih kayaknya. hahahahahaha
pokoknya sip kang, maju terus pantang lelah.

zippien on Senin, 14 November 2011 16.02.00 WIB mengatakan...

nice info

JT on Rabu, 16 November 2011 14.07.00 WIB mengatakan...

aye jg setuju pisan...
walau kgk dpt $, tp moga z yg sy berikan ada manfaatnya, walau dikit.

cb z di cek di my diry zone. cuman itu yg bs i berikan :)

thx 4 ur coming

Kampung Perawan on Minggu, 27 November 2011 21.35.00 WIB mengatakan...

Sebuah kisah yang hebat!

Dasril Iteza on Senin, 23 Januari 2012 12.39.00 WIB mengatakan...

saya sependapat...


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang