Penyebab Kenapa Situs Tidak Bisa Dibuka/Tidak Tampil




Penyebab Kenapa Situs Tidak Bisa Dibuka/Tidak Tampil


Kemarin salah seorang teman saya membuat sebuah situs web (dengan konsep mirip seperti "Mari Berkomunitas Di Faceblog"), namun dia bingung dan bertanya pada saya "Kenapa situs tidak bisa dibuka, padahal sudah upload file situsnya tapi website tidak juga tampil ?".

Tampilan situs eror

Pertanyaan ini konon katanya juga menduduki peringkat atas daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan salah satu penyedia hosting yang cukup terkenal di Indonesia yaitu idwebhost.com, dan berikut saya cuplikkan bagaimana solusinya.

Kenapa situs tidak tampil?
  1. File tidak terupload ke direktori public_html
    Semua file website dan folder harus berada dibawah direktori public_html (atau lengkapnya/home/username/public_html). Di luar direktori tersebut file website tidak akan dapat ditampilkan. Pastikan Anda telah masuk ke direktori public_html dahulu baru mengupload file.
    Jika menggunakan FTP, pertama kali setelah software FTP Anda terkoneksi dengan server web hosting, direktorinya adalah /home/username/. Anda perlu mengklik folder public_html dahulu agar bisa masuk ke /home/username/public_html.
  2. Tidak ada file index
    Nama file yang pertama kali akan ditampilkan sebagai halaman depan haruslah index.* (index.htm, index.html, atau index.php). Tanpa file index, halaman depan website Anda tidak akan muncul.
  3. Penulisan nama file index salah
    Masih berkaitan dengan point 2 di atas, bisa jadi Anda telah mempiliki file index. Akan tetapi penamaannya salah (mengandung huruf kapital). Nama file index harus dalam huruf kecil. Contoh nama file yang benar :index.html / index.htm bukan Index.html / index.HTM
  4. Software yang digunakan untuk mendesain web tidak memenuhi syarat
    Meskipun tidak selalu terjadi, kadang – kadang apabila Anda membuat website dengan Microsoft Publisher, hasil output file html dari software tersebut tidak standard. Ukurannya cenderung membengkak, atau menggunakan tag (kode) html yang tidak standard. Hal ini menyebabkan website Anda tidak dapat tampil.
    Gunakan software yang memang diperuntukkan pembuatan website seperti Macromedia / Adobe Dreamweaver dan Microsoft Frontpage.

Semoga artikel Mengatasi/Memperbaiki Situs yang Tidak Bisa Dibuka/Tidak Tampil ini dapat membantu rekan saya yang membutuhkan pada khususnya, dan bagi rekan semua pada umumnya.
Silahkan baca juga "Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah".







Ada 7 komentar untuk artikel Penyebab Kenapa Situs Tidak Bisa Dibuka/Tidak Tampil

HR Giger on Selasa, 28 Juni 2011 08.39.00 WIB mengatakan...

Terima aksih atas artikel yang sangat membantu ini, saya pribadi sering mengalami permasalahan seperti ini dengan adanya artikel ini membantu saya untuk mencari solusinya

www.wahyu-winoto.com on Senin, 04 Juli 2011 00.12.00 WIB mengatakan...

@ HR Giger : ok, smoga bisa membantu mas...

Antena Modem on Jumat, 29 Juli 2011 07.30.00 WIB mengatakan...

mas mau nannya dong. Website sy ini kadang2 tdk bisa diakses dr komputer lain. Tulisanya "not found" seperti tdk ada websitenya. Kadang2 bisa.. Kira2 masalah apa ya ?
Thanks jawabanya :)

wahyu firmansyach on Senin, 06 Februari 2012 19.05.00 WIB mengatakan...

maaf om...saya mau tanya niy...saya sudah upload file web saya ke tmpt hosting...tetapi tidak muncul index nya....malah muncul tulisan

Forbidden

You don't have permission to access /cgi-bin/ on this server.

Additionally, a 404 Not Found error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

wahyu firmansyach on Senin, 06 Februari 2012 19.11.00 WIB mengatakan...

maaf om...saya mau tanya niy...saya sudah upload file web saya ke tmpt hosting...tetapi tidak muncul index nya....malah muncul tulisan

Forbidden

You don't have permission to access /cgi-bin/ on this server.

Additionally, a 404 Not Found error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

wahyu winoto on Kamis, 16 Februari 2012 23.40.00 WIB mengatakan...

@ Antena modem : Bisa jadi karena respon DNS servermu jelek gan, atau bisa juga krna IP komputer/intrnetmu keblokir jd gak bs buka web tertentu.

@ Wahyu firmansyah : itu kmungkinan karena km salah menempatkan file indexnya. pastikan file index/file utama homepage-nya itu berada di folder public_html

pulsamurah on Minggu, 08 April 2012 18.49.00 WIB mengatakan...

thx infonya mas,..


Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 


garis hitam panjang
garis hitam panjang