• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Tumblr Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto



Cara Menyenangkan tapi Tetap Berkualitas


Akhirnya hari ini saya bisa membuka blog lagi, setelah 2 hari disibukkan berbagai aktifitas sampai lupa sama buku harian di dunia maya ini ;-)

Kali ini saya tidak akan menulis tentang teknik blogging atau kontes SEO (seperti "Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah" dan "Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia") ataupun hal-hal tentang dunia politik ekonomi, dan berita-berita yang macem-macem itu, namun khusus artikel kali ini saya persembahkan buat adik-adik pelajar yang konon katanya mereka kadang susah mendapat inspirasi atau susah mendapat cara belajar yang efektif. hal itu saya ketahui dari hasil ngobrol-ngobrol saya dengan beberapa siswa di salah satu Sekolah Menengah di Semarang.

Dari obrolan tersebut, saya akhirnya sedikit demi sedikit menceritakan pengalaman pribadi saya dulu saat masih sekolah, yaitu tentang cara saya belajar. Memang ini bukan cara belajar terbaik, namun dengan cara ini menurut saya paling tidak kita bisa lebih baik, lebih enjoy, dan lebih menikmati proses belajar. Oya, belajar disini bukan semata-mata belajar mata pelajaran sekolah, tapi lebih luas lagi maknanya sampai pada belajar tentang menjalani hidup, persiapan menjadi dewasa, memenangkan persaingan secara pengetahuan, wawasan, kualitas secara umum, dan sebagainya.

Cerita ini kita mulai saja dari saat masih kanak-kanak. Saat masih kanak-kanan keinginan bermain sangatlah besar. Berlari-larian. Berkejar-kejaran. Main petak umpet. Main kelereng. Mencari belut di sawah. Hujan-hujanan. Sampai lupa makan pun tak jadi soal. 

Kemudian beranjak masa remaja yang mulai tertarik dengan lawan jenis. Berani main mata. Menaik turunkan alis. Mencari mana yang menarik. Enak diajak jalan. Serasi jika difoto, dan sebagainya. 

Beranjak masa dewasa yang mulai berpikir tentang kelangsungan hidup. Bagaimana Anda bisa melanjutkan dinasti keturunan. Menikah. Bekerja. Punya anak. Mencari uang. Sambil kursus ini itu. Kuliah S2 dan S3. Investasi. Beli rumah. Beli mobil. Jalan-jalan. Semua mulai Anda pikirkan. Sampai pada masa tua. Ada pasangan yang bisa berbagi suka dan duka. Anak. Menikahkah anak. Menggendong cucu. Pensiun. Dan, tinggal menunggu waktu (mati).

Sampai kata "menunggu waktu (mati)" ini kayaknya sudah ya perjalanan kita di dunia. Namun, ada hal yang penting sebelum mencapai itu. Apakah itu? yaitu mengisi kehidupan dengan sesuatu yang bermanfaat, menjadi manusia unggul, pintar, dan semuanya yang baik-baik.

Nah, bagi kamu yang masih dalam usia belajar/pelajar (bahkan buat semua usia sebenarnya), marilah kita biasakan diri untuk terus belajar, dalam hal apapun, karena belajar itu tidak terbatas ruang, waktu, ataupun usia. Ibarat kata belajarlah dari ayunan sampai liang lahat.

Trus, bagaimana cara belajar yang menyenangkan itu? Kalau belajar cara standard dari sekolah itu sih membosankan menurut saya. Namun, jika kamu mau mencoba cara belajar saya ini maka saya jamin kamu tidak akan merasa sedang belajar, kamu akan enjoy, happy, namun sebenarnya ada banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa kamu peroleh. 



Berikut contoh cara belajar yang menyenangkan namun tetap berkualitas:

1. Belajar dari Peristiwa, setiap saat dan dimanapun kita pasti tak bisa lepas dari peristiwa yang terjadi disekeliling kita. Nah coba kita pilah-pilah, mana yang kira-kira menarik dan bisa jadi bahan kita belajar tentang kehidupan, kita juga bisa mengaitkan pelajaran sekolah dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi disekitar kita. 

2. Belajar dari Teman, kalau kita mau jujur, sebenarnya teman bisa dijadikan sumber inspirasi yang menarik. Coba perhatikan dari sekian banyak teman kita, pastinya ada beberapa yange memiliki karakter yang unik, memiliki pengetahuan yang tinggi dalam bidang tertentu, dll. Ini bisa kita gali lebih dalam. Apalagi jika ada acara kumpul bareng, nah ini yang paling saya suka. Istilah gaulnya “nongkrong”. Kita cukup jadi perdengar yang baik. Biarkan teman-teman kita berbicara satu sama lain, simak dan dengarkan dengan santai. Kita akan belajar dari sana.

3. Belajar dari Blog, Satu kata ini memang tidak ada habis habisnya menjadi sumber inspirasi. Caranya mudah saja, kita tinggal Blogwalking (browsing banyak blog) ke Blog - Blog yang bagus dari segi ide atau gagasan. Dan ini berlaku buat saya, benar-benar menginspirasi untuk belajar.

4. Belajar dari Majalah, Banyak sekali tema yang menarik bila kita suka membaca majalah. Justru terkadang kita banyak mengambil pelajaran yang bagus saat membaca majalah. Ulasan suatu topik yang dikemas dengan bahasa jurnalisme yang baik, terkadang membuat kita lebih mudah memahami sesuatu daripada jika kita membaca buku teks pelajaran yang kesannya membosankan itu. 

5. Belajar dari Film, nah ini termasuk cara yang paling asyik. Dari film kita banyak mendapat  pelajaran, kadang dialog dalam film atau alur cerita film itu bisa memberi wawasan pada kita, ditambah lagi film juga bisa menjadi inspirasi dalam pikiran kita. Misal kita bisa terinspirasi dari karakter tokohnya atau situasi dan kondisi yang bisa kita ambil hikmah atau pelajarannya.

6. Dan masih banyak sumber belajar yang lain...

Semoga beberapa inspirasi dan cara belajar yang menyenangkan ini dapat bermanfaat dan bisa membantu teman-teman yang ingin belajar dengan enjoy namun tetap berkualitas.

Jika kamu tertarik kunjungi juga Amikom.us Tempat Belanja Hosting Murah 


Silahkan share artikel

kepada saudara maupun sahabat yang membutuhkan.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


wahyu-winoto.com www.wahyu-winoto.com gambar hiasan wahyu-winoto.com




Wahyu W - Bloger Indonesia


© 2010 - 2017 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP