header wahyu winoto blog

Cara Membuat Blog yang Bagus dan Berkualitas

Cara Membuat Blog yang Bagus dan Berkualitas

Banyak faktor yang membuat bagus tidaknya suatu blog. Kamulah sendirilah sebagai Blogger yang menentukan bagaimana membuat blog yang bagus.

Artikel ini adalah bagian ke-2 dari seri artikel TRIK KONTES SEO. Bagi yang belum membaca Seri 1 silahkan kunjungi Trik Kontes SEO Bagian 1.

Oke, langsung saja, catatan berikut ini saya cuplikkan beberapa tips dari Bang Doel agar kamu dapat memiliki Blog yang Bagus dan Berkualitas

Cara Membuat Blog Yang Bagus

1. Blog tidak kebanyakan aksesoris

Terkadang saya menemukan blog yang sangat "cantik dan manis". Blog dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti banner animasi dan flash, pemasangan kalender, jam, ip addres checker, aplikasi pemutar musik dan video, iklan bertebaran dimana-mana, kebanyakan photo serta aksesoris lain yang ga berhubungan dengan tema blog. Saya cuma mau bilang selain membuat blog menjadi berat, blog akan kelihatan seperti pasar tradisional. Terlalu rame dan ribet. Ga semua pengunjung blog yang punya akses internet cepat. Cobalah berpikir tentang ini. Saya sendiri punya akses internet yang terbilang lambat dan lemot. Saya juga ga mau merasa seperti dimata-matai dengan aksesoris status IP pengunjug (ip addres checker). Emang saya maling ya? Jam dan kalender sudah ada koq di taskbar windows komputer. Mau dengar lagu dari winamp juga sudah ada di komputer saya. Ingatlah, widget pemutar musik dan video akan sangat memberatkanloading blog. Kalau saya menemukan blog yang loading halamannya berat dan kebanyakan iklan serta aksesoris berlebihan yang tidak sesuai dengan tema blog, biasanya langsung saya tutup dan say good bye. He..he Namun jika aksesoris tersebut dapat memuaskan dirimu, silahkan saja dipasang, toh itu juga blog kamu dan tidak ada yang melarang. Sebagai bahan pembanding saya berikan satu kisah. Coba perhatikan beberapa blog yang sudah terkenal di Indonesia. Mereka memberikan tutorial tentang cara pasang aksesoris pada blog. Tapi mereka sendiri tidak memasang aksesoris tersebut pada blognya. Mengapa ya? Jawabannya agar tidak keberatan dan blog bisa tampil prima. Blog yang terkenal ini lebih mengutamakan isi yang berkualitas. Bahasa kerennya, content is the king dan aksesoris bisa disesuaikan belakangan.

2. Isi blog bermanfaat bagi pemilik dan pengunjung blog

Pada dasarnya blog adalah live journal. Namun saat ini, sudah banyak orang yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan tambahan bagi dirinya. Blog yang bermanfaat adalah blog yang mampu memberikan jawaban atas pertanyaan dari pengunjung. Maksud pertanyaan di sini adalah, pengunjung bertanya pada mesin cari seperti google dan yahoo yang mengantarkannya ke blog kamu. Pengunjung tentunya mencari sesuatu yang bermanfaat baginya. Jika dia tidak menemukan jawaban atas pertanyaannya pada blog tersebut, maka dia akan mencari jawaban ke blog lainnya atau situs web lain. Bukan berarti blog kamu tidak bagus, namun pasti ada pengunjung lain yang datang dengan pertanyaan yang berbeda dan menemukan jawabannya pada blog kamu. Bisa jadi saya mengatakan blog kamu bagus karena saya menemukan jawaban atas pertanyaan saya dan orang lain mengatakan blog kamu tidak bagus karena dia tidak menemukan jawaban atas pertanyaannya. Orang yang sudah terkenal, katakan saja seorang selebritis yang memiliki blog akan tetap ramai dikunjungi. Bisa jadi karena isinya berkualitaas dan bermanfaat bagi pembacanya. Saya menilai, bagus tidaknya isi blog selebritis bukanlah faktor utama yang menjadikannya banyak dikunjungi. Namun tidak lebih dari keinginan para fans yang selalu ingin tahu aktivitas dan apa saja yang terjadi pada selebritis tersebut. Blog seorang politikus dan publik figur akan ramai dikunjungi karena setiap tulisannya bisa jadi adalah berupa kebijakan yang menentukan nasib bangsa. So, semuanya tergantung kebutuhan si pengunjung blog. saya butuh informasi dari kamu maka saya datang berkunjung. Saya tidak memerlukan informasi darimu maka saya saya merasa tidak perlu membaca artikel kamu. Inilah fakta tentang bermanfaat atau tidaknya isi blog bagi pengunjung.

3. Tata bahasa dan penggunaan gambar
Gunakan tata bahasa dengan tanda baca dan penulisan yang baku, dapat dimengerti oleh pengunjung yang beragam. Tapi ini hanya saran saja. Banyak koq blog yang menggunakan bahasa sesuka hati menurut selera pemilik blog. Jika itu merupakan kepuasan tersendiri bagi pemilik blog, maka tidak bisa disalahkan juga. Seperti saya bilang tadi, blog tersebut adalah miliknya. Namun bagaimana dengan nasib saya sebagai pengunjung? Tentu saya akan merasa kebingungan dengan gaya bahasa tersebut. Barangkali blog tersebut tidak cocok untuk kamu, tinggalkan saja. Jangan terbebani dengan memaksakan diri untuk mengikuti gaya bahasa penulis blog. Mungkin beberapa suka dan ada juga yang ga suka. Up to you ajalah. Penggunaan gambar yang berlebihan berakibat fatal pada loading halaman yang semakin lambat. Boleh menggunakan gambar pada posting, karena gambar akan mempercantik dan menarik pandangan pengunjung yang membaca isi artikel posting. Namun patut dipikirkan kecepatan akses internet semua orang tidaklah sama. Ada yang cepat dan ada yang lambat seperti akses internet yang saya pakai saat ini sangat lambat.

4. Irit memakai kode script
Oke, blog ini sudah bagus menurut saya dan menurut pengunjung blog saya berdasarkan survey yang telah saya lakukan. Juri lainnya yang menilai apakah blog saya bagus atau tidak adalah search engine. Jangan sepelekan variabel ini. Sebisa mungkin blog kamu juga harus disukai mesin cari seperti google. Nah, blog yang bagus di mata search engine harus bagaimana? Jangan gunakan widget dengan script dan java script yang tidak disenangi mesin cari seperti google. Kamu boleh saja menggunakannya, tapi sebisa mungkin diirit dan dihemat.

5. Jangan Menipu Search Engine

Tidak sedikit saya menemukan blog yang berusaha menipu search engine. Dalam beberapa kasus saya melihat ada blog yang menggunakan script meta refresh tag yang salah kaprah. Waktu refresh disetting terlalu cepat. Kejadian ini saya temui ketika mengunjungi alamat url tertentu tiba-tiba secara otomatis saya dipindahkan ke url lain. Malas deh.. Google tidak suka penggunaan meta refresh tag pada blog. Penipuan lainnya adalah membuat warna teks yang mirip dengan warna latar belakang teks. Berusaha menjadikan semua teks seperti keyword, inilah harapan dari si pemilik blog. Justru mesin cari sekarang semakin pintar mengetahui dan menghadapi ulah blog yang demikian. Dan usaha penipuan search engine ini akan dibalas oleh google dengan tidak mengindex isi blog pada mesin cari.

6. Jangan gunakan popup otomatis

Pernah ga ketika kamu mengunjungi blog dan mengklik satu link, tiba-tiba saja tampil satu atau bahkan sampai tiga jendela baru yang berisi iklan-iklan tertentu. Bagi saya, ini sangat mengganggu kenyamanan dan menjengkelkan. Ada pemilik blog tertentu yang sengaja membuat setting pop up otomatis untuk meningkatkan click popularity dan klik iklan otomatis. Kalau yang ini, saya ga bisa terima. Langsung tutup saja dan never comeback.

7. Utamakan content blog yang original
Menulis di blog memerlukan ide dan sumber inspirasi. Seorang ahli (expert) akan sangat mudah menuiskan apa saja di blognya karena karya tulisan tersebut asli dari buah pikiran penulis dengan pengalaman yang sudah segudang. Bagaimana jika saya tidak memiliki keduanya? Jika kamu ingin menulis namun sedang kehabisan ide, kamu bisa copas artikel blog lain atau dari sumber bacaan lain. Jika terpaksa harus copy paste, maka saran saya tuliskanlah itu dengan gaya bahasamu sendiri. Usahakan paragraf pertama dan paragraf akhir dibuat berbeda. Sertakan link sumber artikel. Menyertakan link sumber artikel tidak akan menurunkan pamor kamu sebagai penulis blog. Justru saya suka dan salut dengan pemilik blog yang berani mencantumkan link asal sumber artikel. Namun kurangi porsi copy paste, jangan terlalu sering copy paste isi blog orang lain. Keseringan copas juga berakibat fatal bagi pembacamu. Pengunjung akan berpikir untuk membaca artikel ke sumber aslinya dan perlahan namun pasti akan meninggalkan blogmu.

8. Navigasi blog yang user friendly
Navigasi adalah petunjuk dan arah jalan yang ada pada blog. Navigasi yang baik akan membantu pengunjung untuk mengeksplore semua isi blog. Tampilkan menu daftar isi, kategori topik bahasan blog atau disebut label posting, tampilkan kotak pencarian. Jika kamu terbiasa untuk menuliskan artikel yang sangat panjang seperti saya (tergantung mood juga denk), maka menambahkan link read more sangat penting untuk blog agar isi blog tidak terlalu panjang pada halaman utama. Jika tertarik, kamu bisa baca cara membuat read more. Google translate juga penting ditambahkan untuk sewaktu-waktu jika ada pengunjung yang tidak mengerti bahasa Indonesia, namun tertarik membaca blogmu. Fasilitas lainnya yang melibatkan hubungan pemilik blog dan pengunjung adalah seperti kotak komentar dan tagboard atau shoutbox tempat meninggalkan pesan singkat. Jangan lupa untuk menyertakan satu halaman khusus tentang saya dan blog saya, bahasa kerennya profil dan about me serta halaman hubungi saya atau contact. Buat juga halaman khusus untuk buku tamu. Hal ini untuk menjaga kredibilitas pemilik blog di mata pengunjung dan menjaga kepercayaan yang diberikan pengunjung kepada kamu. Pengunjung akan mudah meninggalkan pesan dan tahu ke mana harus menghubungi kamu. Tapi ini juga tergantung pemilik blog. Ambil bagian mana saja yang kamu rasa cocok dengan style blogmu.



Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP