header wahyu winoto blog

Apa Arti Kesuksesan yang Sebenarnya


Tadi siang saya jalan-jalan ke blog para master yang sering memenangkan kontes blog. Pada kolom komentar mereka banyak tertulis pesan kesan dari para sahabat (termasuk dari saya) yang mengucapkan selamat atas prestasi mereka, rata-rata mereka menuliskan :
"Selamat Gan udah menang kontes, SUKSES terus Gan..." atau ada juga yang memberi komentar begini "Selamat Mas, blognya bagus, semoga makin SUKSES".

Tulisan kata SUKSES disini sengaja saya buat besar dengan huruf kapital, karena pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang arti dan makna SUKSES atau Kesuksesan.
Sebetulnya apa definisi sukses itu? 
Kaya? Terkenal? Hebat? Networking banyak? Selalu jadi Pemenang? Atau apa....?

Saya tidak bermaksud membuat definisi sendiri disini, namun jika itu semua adalah definisi sukses, maka saya yakin semua orang tidak akan ada yang bisa mendapat predikat sebagai orang Sukses, bahkan mungkin lebih suka tidak menjadi sukses. 

Coba kita nalar sama-sama, terlalu menyedihkan rasanya apabila semua usaha yang ada itu diberi label menjadi sebuah status (status sukses). Kesuksesan sejati menurut saya adalah sebuah proses yang berkesinambungan, sementara Status justru menghentikan proses tersebut.


Sukses adalah saat kita berhasil secara konsisten mempertahankan performa. Saat kita secara konsisten terus berkembang dan menjadi lebih baik. Dan Kesuksesan yang paling besar  menurut saya adalah saat kita secara konsisten mampu mengalahkan diri sendiri dari sifat dan karakter yang tidak mengantarkan pada kesuksesan.

Sukses bukan tentang status atau memenangkan persaingan.
Bukan juga koneksi, usaha, semangat, apalagi takdir.
Bagiku, sukses adalah masalah pilihan pribadi, kapan harus memulai, mengusahakan secara maksimal, mencapai hasil, untuk kemudian berusaha konsisten pada pencapaian itu sambil mengintervensi diri agar tidak terjatuh lagi.

Jadi, mari kita terus berusaha meraih Kesuksesan yang Sebenarnya dan berusaha meningkatkan performa diri setiap hari. Kesuksesan yang satu jangan lantas membuat kita mengendurkan semangat, karena kesuksesan tanpa kemampuan untuk menjaga kesuksesan itu sendiri maka akan berakhir dengan kegagalan.

Salam Sukses !!!


Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP