• blog wahyu winoto
  • G+ wahyu winoto
  • Instagram wahyu winoto
  • pinterest wahyu winoto
  • fb wahyu winoto
  • twitter wahyu winoto

Blogger adalah Orang Cerdas dan Beberapa Cara Menjaga Kecerdasan




Blogger adalah Orang Cerdas dan Beberapa Cara Menjaga Kecerdasan


Seorang blogger menurut saya bukanlah orang sembarangan, paling tidak mereka memiliki kemampuan setingkat lebih tinggi dibanding dengan orang-orang disekitarnya. Dan menurut penelusuran yang saya lakukan ternyata para Blogger Indonesia itu didominasi oleh orang-orang berpendidikan tinggi, seperti mahasiswa atau tamatan perguruan tinggi, dengan begitu makin yakinlah saya bahwa mereka para blogger Indonesia sudah barang tentu adalah orang-orang yang pandai dan cerdas.

Kemudian terkait dengan aktivitas nge-blog yang dilakukan para blogger saya lihat mereka menyajikan informasi-informasi yang syarat dengan pengetahuan, hal itu tentu tidak dapat disajikan oleh orang biasa dengan kemampuan ala kadarnya. Selain itu di dalam dunia blogging juga ada yang namanya SEO, dan sekali lagi menurut penelusuran saya ternyata para blogger yang ahli SEO termasuk orang yang luar biasa, bagaimana caranya mereka menulis artikel kemudian mengoptimasinya hingga menduduki posisi bagus di hasil pencarian Google atau Yahoo (seperti pada kontes SEO "Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood" dan "Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World") jelas hal itu butuh ilmu dan ketrampilan yang tidak biasa dan tidak dimiliki oleh orang kebanyakan,. Dengan melihat itu maka makin kuatlah asumsi saya bahwa para blogger Indonesia adalah orang-orang yang cerdas.

Berbicara tentang kecerdasan, ternyata kecerdasan sebagai anugerah dari Tuhan yang maha kuasa itu harus selalu diajaga, karena jika tidak maka kemampuan otak tersebut dapat menurun.

Banyak faktor yang mempengaruhi fungsi kognitif otak dan kecerdasan, kemampuan belajar dan memori pada para blogger harus dijaga dan diantisipasi agar tidak melemah. Cukup berolahraga, tidur, dan istirahat itu sangat penting untuk menjaga otak sehat dan berkinerja baik dalam kehidupan sehari-hari (baca : Pentingnya Istirahat Bagi Para Blogger).

Selain hal-hal tersebut diatas ternyata nutrisi (makanan) juga merupakan faktor penting dalam mempertahankan fungsi kognitif dan kemampuan kita agar selalu optimal. Makanan tertentu dapat bertindak sebagai makanan otak untuk kita agar memungkinkannya unggul di bidang kemampuan otak.
Berikut beberapa nutrisi yang bisa jadi makanan otak untuk kita, (Dicuplik dari Livestrong, Kamis 7/4/2011) :

1. Protein

Protein adalah rantai asam amino yang berfungsi sebagai blok pembangun untuk otak dan sistem saraf. Protein membantu dalam pemeliharaan dan perbaikan sel-sel otak dan pasokan energi untuk kewaspadaan.
Protein juga membantu dalam produksi bahan kimia neurotransmiter yang memungkinkan komunikasi antar sel-sel otak, membantu sintesis informasi dan daya ingat.
Makanan yang menjadi sumber protein misalnya tahu, kacang, daging ayam putih dan produk susu rendah lemak. Hindari lemak daging, seperti daging babi dan daging sapi, makanan ini mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan kelelahan mental.

2. Makanan kaya vitamin B

Kelompok vitamin B kompleks terdiri dari delapan vitamin yang berbeda, yang membantu fungsi otak dengan baik. Vitamin ini membantu tubuh mengkonversi kolin, yaitu asam amino yang ditemukan dalam sumber makanan menjadi asetilkolin, yaitu neurotransmiter kimia yang membantu dalam memori dan proses belajar.
Kelompok vitamin B kompleks, seperti vitamin B-5 dan B-6, juga dapat menawarkan manfaat anti-stres untuk mengurangi stres dan kecemasan saat ujian.
Contoh makanan yang kaya vitamin B adalah telur, bayam, kangkung, ikan, kedelai, walnut, kentang dan tomat.

3. Gandum utuh

Gantum utuh, roti gandum, tortilla dan muffin mengandung karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber energi utama untuk tubuh dan otak. Tubuh mengubah karbohidrat kompleks dalam makanan menjadi glukosa, kemudian tubuh akan menggunakannya sebagai bahan bakar untuk meningkatkan kewaspadaan dan fungsi memori.
Hindari roti putih, pasta dan produk tepung putih. Meskipun tubuh juga mengubah karbohidrat dalam makanan tersebut menjadi glukosa, tapi tubuh melakukannya di tingkat yang lebih cepat. Hal ini menghasilkan energi ‘meledak’ dalam waktu singkat serta diikuti dengan kelelahan mental dan fisik, yang biasanya menyebabkan siswa mudah mengantuk di kelas.

4. Asam lemak esensial

Asam lemak esensial adalah lemak yang tidak bisa dihasilkan tubuh, sehingga Anda harus mendapatkannya dari sumber makanan dan suplemen. Lemak ini diperlukan untuk pengaturan impuls saraf yang mempengaruhi memori dan proses belajar.
Asam lemak esensial juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak dengan membersihkan deposit lemak yang menumpuk sepanjang dinding sistem sirkulasi. Hal ini akan meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi otak, yang diperlukan untuk fungsi yang optimal.
Asam lemak esensial ditemukan pada ikan laut, seperti salmon, tuna dan ikan herring. Anda juga dapat memperoleh asam lemak esensial dari kenari, biji rami dan minyak zaitun.


Setelah membaca ini maka kalian para blogger Indonesia tentu akan mulai berpikir bahwa kemampuan kalian dalam nge-blog sudah saatnya dilengkapi dengan mengkonsumsi makanan sehat bukan?
Hal itu penting mengingat apapun aktifitas kalian pasti melibatkan kinerja otak, dan jika kalian ingin tetap cerdas dan sukses dalam blogging sudah barang tentu kemampuan otak harus selalu dijaga dengan memberikan nutrisi yang baik pada otak kalian.

Salam sukses dan jaga terus kesehatan anda !!!

***







Ada 2 komentar untuk artikel Blogger adalah Orang Cerdas dan Beberapa Cara Menjaga Kecerdasan

Azri 3d Tutorial on Minggu, 24 April 2011 08.20.00 WIB mengatakan...

Ini artikel tentang blogger itu orang cerdas atau cara mencerdaskan seorang blogger ya? Rada campur baur.

wahyu winoto on Minggu, 01 Mei 2011 18.53.00 WIB mengatakan...

@ Azri : ini lebih pada mengungkapkan bahwa blogger adlh orang cerdas, trus dilengkapi dg cara menjaga kecerdasan agar makin menarik formatnya.


Posting Komentar


 

garis hijau panjang