• Whatsapp Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto


header wahyu winoto blog

Jalan-Jalan Ke Sukabumi Naik Kereta Api


      Sudah menjadi kebiasaan saya dan keluarga untuk menggunakan kereta api ketika hendak bepergian yang cukup jauh. Termasuk baru-baru ini kami juga memilih kereta api untuk jalan-jalan ke Sukabumi. Sekedar untuk diketahui Kabupaten Sukabumi terletak di Provinsi Jawa Barat, saya beserta istri dan seorang anak tinggal di Kota Bogor, sehingga untuk ke Kabupaten Sukabumi cukup jauh, berajarak sekitar 50-60 kilometer. 

Bagi kami moda transportasi ke Sukabumi sebenarnya cukup banyak pilihan, seperti misalnya bisa menggunakan sepeda motor, ini pernah saya lakukan juga, memakan waktu sekitar 3 jam. Selain itu bisa juga menggunakan angkutan umum atau bis, melalui jalan raya Bogor-Sukabumi yang terkenal macet karena jalanan penuh kendaraan yang hendak menuju Puncak, biasanya dari Bogor ke Sukabumi jika menggunakan angkutan umum atau bis bisa memakan waktu 5 hingga 6 jam. luar biasa lelahnya :-)

Kemudian alternatif lain adalah dengan menggunakan mobil pribadi, melalui jalan tol Bocimi, meskipun saat ini baru sampai daerah Cigombong namun cukup berarti dalam memangkas waktu, karena daerah itu telah melewati area kemacetan parah simpang Ciawi. Menurut kabar jalan tol itu kelak akan tersambung dari jalan tol Jagorawi hingga ke Sukabumi.

Mengapa kami memilih kereta api?

   Dari berbagai moda transportasi untuk menuju Sukabumi, menurut perhitungan saya paling cepat tentu dengan sepeda motor, namun jika bepergian bersama keluarga apalagi bersama anak kecil tentu akan jauh lebih aman dan nyaman menggunakan kereta api.

Untuk naik kereta api dari bogor ke sukabumi juga cukup mudah, naik dari stasiun Paledang, Bogor dengan sebelumnya membeli Tiket Kereta Api di stasiun terdekat, namun saya sendiri sering membeli secara online, bisa lewat aplikasi resmi kereta api atau bisa juga beli tiket kereta api menggunakan aplikasi pihak lain seperti Pegipegi.Com misalnya.

Selain karena kemudahan dan kepraktisan, naik kereta api sekarang ini juga lebih nyaman, interior kereta api Pangrango yang melayani rute Bogor-Sukabumi didesain mewah, tampak bersih. Tempat duduknya cukup nyaman, empuk, dan pemilihan warnanya juga enak dilihat. Saya sempat mendokumentasikan interior kereta Pangrango itu ketika dalam perjalanan. 


KA Pangrango, Tempat duduk yang representatif
Tempat duduk yang representatif - KA Pangrango

Selain itu KA Pangrango juga dilengkapi alat pendingin udara (AC). AC-nya agak terlalu dingin, saran saya sih sebaiknya kalau mau naik kereta jangan lupa bawa syal atau jaket, hehe...


KA Pangrango dilengkapi pendingin udara (AC)
KA Pangrango dilengkapi alat pendingin udara (AC)

Beberapa hal menarik naik kereta api Bogor-Sukabumi

     Sekedar info bagi anda yang belum tahu, kereta api dari Bogor ke Sukabumi, dan sebaliknya, dilayani oleh kereta api Pangrango (biasa disebut KA Pangrango) yang berangkat dari stasiun Paledang. 


Stasiun Paledang dekat sekali dengan stasiun besar Bogor, hanya sekitar 500 meter. Jadi bagi anda yang mau ke Sukabumi dari Jakarta misalnya, maka dari Jakarta naik KRL Commuterline, turun di stasiun besar Bogor, lalu keluar stasiun dan jalan kaki ke arah Paledang.


Berpose di stasiun Paledang, Bogor
Berpose di stasiun Paledang, Bogor
Rute saya naik kereta api KA Pangrango dari Bogor, tepatnya dari stasiun Paledang, dan turun di stasiun Cisaat. Daerah Cisaat ini sudah dekat dengan pusat kota Sukabumi, dan menurut saya daripada turun di stasiun Sukabumi saya lebih memilih turun di Cisaat, karena dari sana akan lebih mudah untuk kemana-mana, misalnya bagi yang hendak berwisata.

Stasiun Cisaat, Sukabumi
Stasiun Cisaat, Sukabumi

Stasiun Cisaat, Sukabumi
Stasiun Cisaat, Sukabumi

Untuk jalur keretanya, jalur Paledang, Bogor hingga Sukabumi itu melalui jalur kereta api lama yang telah difungsikan kembali. Menurut cerita, sejak jaman penjajahan dulu sebenarnya telah ada kereta api dari Bogor ke Sukabumi, namun entah mengapa jalur itu sempat tidak aktif, dan baru diaktifkan kembali beberapa tahun yang lalu. Bahkan karena animo masyarakat yang cukup tinggi dalam menggunakan kereta api dari dan ke Sukabumi maka denger-denger jalur kereta ini akan ditambah menjadi 2 jalur. Semoga saja segera terlaksana.

Jalur kereta api ke Sukabumi menurut saya lumayan enak, tidak banyak goncangan selama perjalanan. Selain itu sepanjang jalan kita akan disajikan pemandangan alam pedesaan dan juga persawahan yang asri.

Persawahan, dijalur kereta api Sukabumi-Bogor
Persawahan, di jalur kereta api Sukabumi-Bogor

Persawahan, dijalur kereta api Sukabumi-Bogor
Persawahan, di jalur kereta api Sukabumi-Bogor

Pemandangan hijau dijalur kereta api Sukabumi-Bogor
Pemandangan hijau di jalur kereta api Sukabumi-Bogor

Ohya, KA Pangrango ini termasuk kategori kereta api lokal, untuk membeli tiketnya bisa langsung ke stasiun atau melalui layanan travel online, dan jangan lupa karena ini kereta api lokal maka tiket baru bisa dipesan mulai 1 bulan sebelum keberangkatan hingga beberapa saat sebelum kereta berangkat. Agak berbeda dengan kereta api jarak jauh yang tiket bisa mulai dipesan 3 bulan sebelumnya.

Selamat mencoba ke Sukabumi dengan Kereta Api ya :-)


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wahyu-winoto.com wahyu-winoto.com



© 2010 - 2019 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP