header wahyu winoto blog

Keris sebagai Simbol Doa untuk Bangsa


SUMELANG, dalam bahasa Jawa bermakna kekhawatiran atau kecemasan terhadap sesuatu. 
GANDRING memiliki arti cinta, setia, atau kesetiaan yang juga bermakna pengabdian. 

Dengan demikian, Sumelang Gandring memiliki makna sebagai bentuk permohonan kepada Sang Pencipta agar kita dijauhkan dari kecemasan atas ketidaksetiaan/tidak lagi dicintai. Maksudnya tentu agar terus dicintai.

Keris Jalak Sumelang Gandring merupakan pusaka Kerajaan Majapahit untuk meredam kecemasan rakyat atas pemimpinnya. Sehingga negara menjadi stabil karena kepercayaan rakyat makin kuat. Keris Empu Gandring pesanan Ken Arok pada jaman Kerajaan Singhasari konon kabarnya berdhapur (berbentuk) seperti ini.

Mengapa saya mengeluarkan keris ini dari kamar pusaka?

Keris Jalak Sumelang Gandring
Keris Jalak Sumelang Gandring
Akhir-akhir ini sebagian masyarakat Indonesia dilanda kecemasan, sebagian cemas karena bencana, sebagian lagi cemas dengan kondisi ekonomi, dan sebagian lagi cemas ditahun politik ini banyak isu negatif serta bibit perpecahan. Selain itu dari sisi Si Pemimpin juga sedang cemas, apakah dia dicintai rakyat ataukah banyak yang benci.

Saya sebagai warga negara jujur saja merasa prihatin, maka saya mulai mengirim doa juga mantra untuk bangsa.

Kondisi Indonesia hari ini agak mencemaskan, ada sebagian orang yang begitu mudah cemas, bahkan ada yang malah menebar kecemasan dan pesimisme, seolah masa depan begitu suram. 

Padahal kita diperintahkan oleh agama untuk berfikir positif atau khusnudzan. Selama kita optimis, kerja keras, jujur dan pantang menyerah saya yakin Tuhan akan mengantarkan kejayaan pada bangsa kita.

Mari sama-sama kita berdoa untuk negara kita, jaga NKRI dari segala perpecahan. Jaga agar tetap optimis, jauhkan rasa "sumelang", yakin saja bahwa para pemimpin kita sudah melakukan langkah-langkah terbaik, mari kita bantu dan dukung dengan doa serta berkarya sesuai bidang kita masing-masing.

Salam.


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP