header wahyu winoto blog

Cara Restore Web/Blog Hasil Backup WordPress


Melanjutkan artikel tentang Backup Website/Blog Wordpress Melalui Cpanel setelah sukses melakukan backup data website dan ingin memindahkan ke website baru maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah merestore data konten serta database web lama ke web baru. Berikut ini langkah-langkahnya:


Pertama : Upload wp-content hasil backup di Cpanel. Caranya:

1. Masuk ke cpanel hosting baru shobat. (Kalau belum install wordpress silahkan install dulu)

2. Lalu masuk ke file manager pilih public_html. 

3. Selanjutnya klik upload , masukan file wp-content.zip yang ada di komputer hasil backup. 

Tunggu beberapa saat hingga proses upload file selesai atau complete. Biasanya proses upload akan memakan waktu cukup lama, karena ukuran filenya cukup besar. 

Saat upload selesai maka akan muncul file wp-content.zip berwarna kuning. Kalau belum muncul silahkan refresh dengan cara tekan F5. 

Setelah muncul, silahkan klik kanan pilih ‘extract’. Proses ini akan otomatis mengganti file wp-content yang baru kita instal dengan file wp-content hasil backup yang tadi kita upload.

Kedua : Restore Database (Upload Database hasil Backup di Cpanel). Caranya:

1. Pada halaman utama Cpanel Hosting silahkan pilih dan klik menu phpMyAdmin. 

2. Di kolom sebelah kiri akan tertera nama database web yang baru.

Jika di dalam hosting shobat hanya ada satu domain, maka databasenya hanya ada satu. Namun jika ada beberapa nama domain, maka di kolom sebelah kiri tersebut akan tertera daftar nama database. Biasanya database yang baru diinstall berada di deretan paling bawah. 

3. Silahkan klik pada databases yang baru kita instal kemudian centang semua database tersebut, kemudian pilih drop atau hapus databasenya (karena akan kita ganti dengan database yang lama hasil backup tadi).


Cara Restore Hasil Backup WordPress
Cara Restore Hasil Backup WordPress
4. Setelah proses drop atau hapus database selesai langkah selanjutnya adalah proses upload database hasil backup melalui menu Import databases mysql. 

Silahkan import file mysql databases hasil backup anda yang ada di komputer sampai selesai. 

Setelah semuanya selesai sekarang coba buka web/blog baru anda. Jika belum tampil mungkin sedang proses pengenalan database baru, tunggu beberapa lama dan nanti silahkan cek kembali.


Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP