header wahyu winoto blog

Cara Backup Website/Blog Wordpress Melalui Cpanel


Keamanan data dalam website dan blog adalah sangat penting bagi kita para pemilik atau para admin website/blog. Karenanya, file-file tersebut harus dijaga dan disalin ke dalam komputer, agar ketika ada permasalahan dengan hosting atau domain kita dapat mengembalikannya seperti sedia kala. Backup data wordpress juga dilakukan ketika kita akan pindah hosting atau ganti domain. Ibarat saat kita pindah rumah, maka barang-barang yang kita miliki juga harus kita pindahkan ke rumah yang baru.

Ada banyak situs yang menulis tentang cara backup dan restore data wordpress melalui Cpanel. Namun beberapa diantaranya saat saya praktekan ternyata ada yang belum sempurna bahkan ada yang tidak berjalan. Tutorial ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya saat melakukan backup dan restore data wordpress melalui Cpanel Hosting. Beberapa kali cara ini saya lakukan ketika saya pindah dari satu hosting ke hosting yang lain.

Berikut ini tutorial Cara Backup Website/Blog Wordpress Melalui Cpanel lengkapnya :

Pertama : Backup wp-content di Cpanel

1. Masuk ke Cpanel Hosting shobat. 
2. Klik‘file manager’, kemudian pilih ‘public_html‘. 
3. Klik kanan pada folder ‘wp-content‘ kemudian pilih ‘compress’. 

Backup Blog Wordpress Melalui Cpanel
Compress folder wp-content
Lakukan comprees hingga muncul folder wp-content (zip). Kalau folder wp-content belum muncul silahkan direfresh dengan cara klik F5. 

4. Setelah folder wp-content .zip muncul, silahkan klik kanan folder tersebut dan pilih‘download’. 
Backup Blog Wordpress Melalui Cpanel
Download file wp-content.zip
Tunggu hingga proses download selesai, biasanya cukup lama karena ukuran folder yang kita download cukup besar, tergantung jumlah posting, komentar, media, plugin dan theme yang ada pada web kita. Jika proses download telah selesai, simpan file tersebut di komputer shobat.


1. Masuk ke Cpanel hosting
2. Pilih menu ‘wizard backup‘

Klik menu tersebut, lalu klik tanda ‘bakup –>‘ di kolom kiri bawah. DI kolom sebelah kanan ada pilihan ‘Home Directory–>’ -’MySL Databases–>’ dan Email Forwarders & Filters →. Silahkan pilih dan klik MySL Databases–>. 
Backup database wordpress
Backup database wordpress
Jika di hosting anda hanya ada 1 domain web, maka pada daftar database akan tertulis hanya satu database. Namun jika di hosting shobat ada banyak domain web atau sub domain, maka pada daftar database akan muncul banyak daftar database. 

Untuk mengetahui database mana yang harus shobat pilih untuk dibackup, maka silahkan kembali ke file manager dengan cara lihat file di public_html/domain shobat, kemudian cari file wp-config.php klik kanan kemudian view maka akan terlihat nama file databases kita.

Setelah tahu nama file database yang akan shobat backup silahkan kembali ke backup wizard tadi dan langsung saja klik nama database tersebut otomatis akan didownload. Hasil download silahkan shobat simpan juga di komputer. Sekarang shobat sudah mempunyai dua file hasil backup yaitu file wp-content dan file MysQL databases.

Data yang sudah anda download tadi dapat anda pindahkan ke web baru anda. Langkah-langkahnya akan saya postingkan pada artikel selanjutnya.


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP