header wahyu winoto blog

Apa Itu Virus, Trojan, dan Worm


Melanjutkan artikel tentang Membersihkan Virus di komputer, kali ini kita coba telaah lebih jauh tentang jenis-jenis virus komputer dan keluarga atau kerabatnya, agar kita dapat memahami persamaan dan perbedaan diantara mereka.

Saya rasa teman-teman sudah sering mendengar istilah virus, Trojan, maupun Worm . Akan tetapi masih banyak yang beranggapan kalo computer sering error atau rusak pasti disebabkan oleh Virus. Padahal belum tentu itu Virus, Karena bisa juga disebabkan oleh Trojan maupun Worm yang sedang berjalan di computer kita. Karena Virus,Trojan maupun Worm sama-sama bisa mengacaukan system computer kita.


Apa Itu Virus, Trojan, dan Worm
Apa Itu Virus, Trojan, dan Worm
a. VIRUS KOMPUTER

Virus merupakan sebuah kode jahat yang mampu reproduksi dengan caramenginfeksi program lain. biasanya dalam bentuk file executable (.exe), yakni sebuah file aplikasi yang harus dijalankan. Virus biasanya dapat memperlambat performance computer, menyebabkan kerusakan atau menampilkan gambar atau pop-up iklan yang tidak diinginkan.

b. TROJAN
Apa Itu Virus, Trojan, dan Worm
Trojan Komputer
Trojan merupakan sebuah program yang tidak berbahaya apabila tidak diinstal pada computer kita.

Trojan biasanya dikemas atau dibuat dengan bentuk sebuah program yang menarik dan gratis (freeware) jadi hati-hati jika teman-teman sukadownload program gratisan, pastikan di scan dulu dengan Anti Trojan maupun Anti virus sebelum melakukan instalasi.

Karena dengan malakukan instalasi sama dengan mejalankan program trojan tersebut, dan menjalankan rutin-rutin perusak yang dapat mendatangkan malapetaka pada komputer. Karena pembuat Trojan bisa mengakses system computer yang terinfeksi dari jarak jauh. Itu sama saja dengan memberikan kunci rumah kita pada orang lain dan itu berarti orang lain bisa berbuat seenaknya pada rumah kita.

c. WORM

Apa Itu Virus, Trojan, dan Worm
Worm Komputer
Worm tidak menginfeksi program lain, karena Worm berdiri sendiri dan tidak membutuhkan interaksi terhadap dirinya, seperti di file executable.Umumnya worm tidak merusak, tetapi tetap saja menjengkelkan karena Worm mampu menduplikasi dirinya sendiri di dalam komputer dalam jumlah yang sangat banyak.

Banyak worm yang didesain untuk menyadap alamat email yang tersimpan dan mengirimkannya sendiri ke siapa saja yang tersimpan di daftar contact email.

Bagi teman-teman selalu waspada apabila download maupun ketika akan melakukan instalasi software apapun ke dalam computer karena bisa jadi software atau program tersebut telah terinfeksi Virus, Trojan, maupun worm. Dan Selalu update antivirus teman-teman yang digunakan dalam computer.

Oiya tidak semua trojan terdeteksi antivirus lho, solusinya instal juga Antitrojan di computer teman-teman untuk melindungi computer dari serangan-serangan program jahat.

Lihat juga :
- Download Avira Antivirus 2013
- Download Smadav Antivirus Terbaru



Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP