header wahyu winoto blog

Pengaruh Seminar Motivasi Terhadap Prestasi dan Kinerja (Pelajaran dari Seminar James Gwee)

Selama lebih dari puluhan tahun misteri motivasi dan kinerja/prestasi diungkap oleh para pakar psikologi untuk mencari akar masalah terjadinya motivasi dan demotivasi di lingkungan kerja. Beberapa ahli psikologi bahkan ada yang melakukan riset dan eksperimen untuk mengkaji terjadinya motivasi dalam pekerjaan dan menentukan faktor-faktor yang dapat meningkatkan motivasi atau menurunkan motivasi individu di tempat kerja.

Seminar dan Motivasi

Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti "tanah tempat menanam benih". Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan. (ref: wikipedia.org).

Kemudian motivasi, motivasi berasal dari bahasa latin yaitu movere yang berarti bergerak atau menggerakkan. Motivasi diartikan juga sebagai suatu kekuatan sumber daya yang menggerakkan dan mengendalikan perilaku manusia. Motivasi sebagai upaya yang dapat memberikan dorongan kepada seseorang untuk mengambil suatu tindakan yang dikehendaki, sedangkan motif sebagai daya gerak seseorang untuk berbuat. Karena perilaku seseorang cenderung berorientasi pada tujuan dan didorong oleh keinginan untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam konteks pekerjaan, motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam mendorong seorang karyawan untuk bekerja. Motivasi adalah kesediaan individu untuk mengeluarkan upaya yang tinggi untuk mencapai tujuan organisasi (Stephen P. Robbins, 2001). 

Ada tiga elemen kunci dalam motivasi yaitu upaya, tujuan organisasi dan kebutuhan. Upaya merupakan ukuran intensitas. Bila seseorang termotivasi maka ia akan berupaya sekuat tenaga untuk mencapai tujuan, namun belum tentu upaya yang tinggi akan menghasilkan kinerja yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan intensitas dan kualitas dari upaya tersebut serta difokuskan pada tujuan organisasi. Kebutuhan adalah kondisi internal yang menimbulkan dorongan, dimana kebutuhan yang tidak terpuaskan akan menimbulkan tegangan yang merangsang dorongan dari dalam diri individu. Dorongan ini menimbulkan perilaku pencarian untuk menemukan tujuan, tertentu. 

Apabila ternyata terjadi pemenuhan kebutuhan, maka akan terjadi pengurangan tegangan. Pada dasarnya, karyawan yang termotivasi berada dalam kondisi tegang dan berupaya mengurangi ketegangan dengan mengeluarkan upaya.


Lebih lanjut tentang motivasi dan seminar, kali ini saya tertarik dengan salah satu motivator Indonesia yang sudah cukup di kenal dikalangan pecinta seminar motivasi yaitu James Gwee

Dari situs resminya saya melihat bahwa beliau memang luar biasa dalam hal seminar dan memberi motivasi bagi kita. Terlebih bagi anda yang memiliki perusahaan dan ingin meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan maka pilihan untuk mengadakan seminar motivasi adalah salah satu alternatif yang ampuh dan berefek luar biasa bagi peningkatan perusahaan. 

Beberapa cerita tentang seminar James Gwee juga sangat menginspirasi, beliau menyampaikan materi seminar dengan sesekali diselingi humor yang membuat suasa segar dan tidak menjemukan. Materi yang disampaikan sangat berbobot dan membuka pemikiran baru mengenai terobosan dalam dunia sales. Tidak perlu trik atau tips yang baru atau konsepsial, tinggal membuka kembali pemikiran lama dan memodifikasinya sehingga menjadi terobosan sales yang kreatif.

Lebih jauh tentang seminar dari James Gwee bisa anda simak di http://jamesgwee.net/seminar.php

Oya, sebagai perkenalan mungkin anda belum tahu lebih jauh tentang James Gwee berikut saya cuplikkan beberapa biodata James Gwee yang mungkin ingin anda ketahui:

Biodata James Gwee

James Gwee, MBA, adalah Direktur Pendidikan Academia & Pelatihan dan konsultasi perusahaan yang berbasis di Singapura. Keahliannya terletak di bidang Penjualan, Motivasi, Service Excellence, Leadership, Manajerial Keterampilan, Team Building, dan Pengembangan Pribadi.

Meskipun berasal dari Singapura, James memiliki pengalaman yang luas melakukan pelatihan untuk Indonesia, beliau telah melakukan lebih dari 1.200 In-House Training di lebih dari 800 organisasi di Indonesia. Hingga saat ini, lebih dari 200.000 orang telah menghadiri seminar publiknya. 

Kliennya mencakup spektrum dunia bisnis, termasuk bank, tur asuransi, & travel, real estate, pengembang, manufaktur, transportasi, rumah sakit, Telekomunikasi dan bahkan utilitas umum.

Pendekatan James yang dinamis, ramah dan informal, dikombinasikan dengan kombinasi unik dari bahasa Indonesia dan Inggris sangat penuh spontanitas dan humor bahwa pelatihan dan seminar adalah pengalaman belajar yang benar-benar menyenangkan. Hal ini membuatnya menjadi Trainer Top Sales dan Pembicara di Indonesia saat ini. James telah diundang untuk berbicara di acara bergengsi di seluruh Indonesia serta dalam Konferensi Internasional di Singapura, Malaysia, Afrika Selatan, India, Moskow dan bahkan Ukraina.

James Gwee juga dikenal sebagai Penulis buku "Positive Business Ideas". Buku ini menjadi Best Seller Nasional dalam 3 bulan peluncurannya bahkan sekarang di cetak keempat kalinya, dan masih ada buku-buku best seller lainnya.

Kesehariannya aktif sebagai:
Direktur Academia Education & Training
Host Seri Seminar Smart, Radio Smart FM
Dewan Juri Penghargaan Penjualan Indonesia 2004, 2005

Demikian sedikit hal yang saya cuplik dari situs resmi James Gwee, jika anda tertarik mempelajari lebih lanjut tentang seminar dari James Gwee silahkan kunjungi jamesgwee.net atau langsung saja KLIK DISINI untuk mengunjungi situs resminya.

SALAM SUKSES !


***

UPDATE !

James Gwee juga memiliki Program Partnership atau Affiliasi, silahkan baca di artikel saya "Program Partnership/Affiliasi dari James Gwee" untuk lebih jelasnya.


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP