header wahyu winoto blog

Keburukan Iklan Adsense untuk Blog



Sebagai pembuka tulisan saya tentang iklan atau adsense kali ini saya ingin mengucap syukur alkhamdulillah karena hari ini iklan gratis saya tentang jasa pembuatan website dan blog dengan harga murah sudah mucul di situs taukah.com, saya mendapatkan iklan itu secara cuma-cuma, so terima kasih banyak buat admin situs taukah.com.

Ngomong-ngomong tentang iklan atau dalam bahasa asingnya lebih dikenal dengan ads atau adsense, saya memiliki beberapa pengalaman buruk dengan adsense. Terlepas dari jumlah penghasilan (baca; uang) yang masuk ke rekening saya ternyata adsense juga memperburuk kualitas SEO blog, paling tidak itu yang saya rasakan. 

Hal senada juga dialami rekan saya (http://strawberry-dessert-recipe.blogspot.com) yang pernah bercerita bahwa konon katanya blognya menurun secara drastis di SERP Google setelah memasang adsense.

1. Kira-kira apa saja keburukan atau kejelekan adsense untuk blog?

Banyak iklan maka SEO turun, dan sebaliknya
Sebenarnya saya belum konfirmasikan hal ini dengan para blogger ahli adsense maupun ahli SEO, namun paling tidak beberapa point yang bisa saya tangkap dari fenomena Adsense vs SEO disini:

- Eksternal link yang berlebihan

Seperti kita ketahui bahwa link keluar/eksternal link dalam suatu blog seharusnya jangan terlalu banyak, hal itu sudah menjadi rahasia umum yang katanya mesin-mesin pencari lebih menyukai blog dengan inbound link banyak daripada sebaliknya.

Oleh karena iklan/adsense banyak memuat link keluar maka secara otomatis menambah outbound link blog anda dan itu buruk untuk SEO.

- Banner yang menambah beban loading halaman

Fenomena iklan/adsense di blog menjamur dikalangan semua blogger, hampir setiap blogger pernah memimpikan blognya bisa dipasang iklan yang diharapkan memberi keuntungan (uang) untuk pemasukannya, namun banyak yang tidak menyadari bahwa ambisi memasang iklan berlebih apalagi yang berbentuk banner gambar atau banner flash animasi justru memperburuk blognya. 

Keburukan adsense berbentuk banner pertama terlihat dari berkurangnya kecepatan loading blog, dimana dengan me-loading banner dari situs penyedia iklan maka beban blog jadi bertambah. Bukankah semua sudah tau bahwa mesin pencari lebih menyukai blog dengan loading ringan dibanding yang loadingnya lama/berat???

- Script iklan yang kurang SEO Friendly

Untuk yang satu ini pernah saya alami sendiri ketika memasang script iklan pada salah satu blog saya, bukan hanya efek berkurangnya SEO blog tersebut namun lebih parah lagi terdapat beberapa script iklan yang dicurigai mengandung Malware/Badware, sehingga saya mendapat notofikasi di Google Webmaster Tool.

Dengan adanya badware dan malware tersebut ranking blog menjadi turun, bahkan tidak muncul lagi di SERP google sampe akhirnya saya copot iklan yang terdeteksi mengandung malware tersebut.

Jadi bagi anda yang memiliki masalah terinfeksi Malware atau Badware di blognya segeralah hilangkan Malware dan Badware di blog anda.

2. Saran

Saran saya bagi blog yang masih tergolong baru dan belum berpagerank tinggi sebaiknya tahan dulu keinginan untuk memasang iklan/adsense, karena percuma saja meskipun iklan adsense anda pasang banyak namun jika blog anda tidak ada yang mengunjungi apalagi meng-klik iklan maka sama saja anda tidak mendapat apa-apa, bahkan kualitas SEO blog anda yang menjadi korban. Namun jika anda bersikeras memasang iklan/adsense silahkan dipilah-pilah dulu dibanding-bandingkan dulu adsense jenis apa yang terbaik untuk blog anda.

Bagaimana menurut anda tentang keburukan atau kejelekan adsense, pesan kesan silahkan diskusikan di kolom komentar.

Salam.


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP