header wahyu winoto blog

Membuat Social Bookmark dengan Wordpress


Setelah beberapa bulan yang lalu saya memposting artikel tentang Cara Membuat Situs Social Bookmark dengan Pligg , lalu dikemudian hari banyak pertanyaan yang muncul, diantaranya adalah bisakah membuat situs social bookmark dengan wordpress?


Saya jawab, bisa saja, yaitu dengan menggunakan wordpress dikombinasikan dengan template/theme yang sesuai.

Nah, untuk lebih mudahnya pemahaman, kali ini saya contohkan sebuah situs social bookmark yang dibangun menggunakan wordpress yaitu Link Development yang berlamat di http://link.development.web.id

Tampilan social bookmark berbasis Wordpress

Coba kamu amati, bukankah wordpress-pun bisa disulap menjadi situs social bookmark yang bagus bukan ?

Untuk merubah wordpress menjadi situs social bookmarking tidak sesulit yang anda bayangkan, bahkan sangat mudah bagi anda yang sudah terbiasa bermain-main dengan wordpress.

Bagaimana membuat situs social bookmark dengan wordpress, ikuti panduan beriku selengkapnya:

1. Buat sebuah situs/blog dengan wordpress di cpanel hosting kamu sendiri.

2. Lalu, gantikan theme wordpress standard kamu dengan theme wordpress untuk social bookmark.

Download tema wordpress untuk social bookmark disini http://www.4shared.com/zip/i3QJzG42/classipress.html


3. Setelah kamu download template social bookmark tersebut, lalu pasang/upload tema tersebut untuk mengganti tema standard wordpress kamu, kemudian Aktifkan dan edit-edit sendiri pada Menu ClassiPress > Configure.
Setting Theme Wordpress untuk Social Bookmark
4. Selesai

Selamat, sekarang kamu sudah memiliki situs social bookmark dari wordpress.

Perhatian !!

Dari pengalaman saya dulu, situs social bookmark yang berbasis wordpress ini sangat ampuh dari sisi SEO, mudah digunakan dan sangat cepat terindex oleh mesin pencari.

Namun, selain keunggulannya tersebut social bookmark berbasis wordpress ini juga masih memiliki kelemahan, salah satu kelemahan membuat situs social bookmarking menggunakan wordpress adalah deskripsi artikel nya panjang seperti ketika membuat posting blog wordpress, hal ini bisa mengakibatkan mudahnya situs social bookmarking ini di SPAM oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab.

Untuk makin memaksimalkan SEO situs social bookmark kamu tersebut saya sarankan lengkapi dengan Plugins SEO Platinum. Plugins itu bisa kamu gunakan untuk penetrasi keyword dengan kuat, selain itu ada juga pilihan untuk setting Nofollow pada link keluar di situs kamu, hal itu penting dilakukan karena jika terlalu banyak link keluar (outbound link) maka bisa jadi situs social bookmark kamu akan lemah SEO-nya dan susah untuk menaikkan page rank.

Selamat mencoba !!!


***



Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP