Malware textsrv.com / text-enhance.com di Blogspot




Malware textsrv.com / text-enhance.com di Blogspot


Pernahkan anda mengalami serangan virus atau malware di komputer?
Saya yakin hampir semua pengguna komputer pernah mengalaminya.

Nah, baru-baru ini saya terkena serangan malware, bahkan lebih jahatnya lagi malware yang masuk ke komputer saya tersebut akhirnya merembet masuk ke Akun Blog / Dashboard blog saya.

Malware yang merupakan singkatan dari malicious software konon katanya paling sering menyebar melalui Cookies yang tanpa sengaja tersimpan di komputer kita saat browsing di internet.

Menurut versi dari stopbadware.org malware bisa juga dikatakan sebagai badware, dengan definisi yang kurang lebih :

Badware is malicious software that tracks your moves online and feeds that information back to shady marketing groups so that they can ambush you with targeted ads. If your every move online is checked by a pop-up ad, it’s highly likely that you, like 59 million Americans, have spyware or other malicious badware on your computer.(Stopbadware.org)

Untuk lebih jelas melihat contoh malware didalam blogspot, berikut saya cuplikkan Screenshot tampilan dashboard blog saya yang terindikasi telah menjadi korban serangan Malware.
Malware di Posting Blog
Dari gambar diatas terlihat bahwa salah satu posting blog saya secara tiba-tiba tanpa saya tau kapan mulainya telah berubah menjadi sebuah link, dan link tersebut saat saya sorot dengan pointer mouse ternyata memunculkan Pop Up (seperti iklan textlink).

Dan, jika saya lihat arah dari link tersebut mengarah ke URL textsrv.com dan text-enhance.com
Pop Up yang tidak wajar didalam Dashboard blog
Jujur saja saya kawatir dan bertanya-tanya, mengapa sampai ada link didalam dashboard/daftar posting blog saya, padahal itu berada dalam Akun blog yang dimiliki blogspot yang sudah terkenal ampuh dalam urusan keamanan itu.

Daripada khawatir terjadi sesuatu yang tidak saya inginkan, akhirnya semua Label dan Posting yang mengandung malware di blog saya itu akhirnya saya hapus.
Hapus Label di Blogspot
Setelah saya hapus semua Label dan Posting yang dicurigai mengandung Malware, saya juga segera bersihkan komputer dari virus dan malware (menggunakan antivirus dan anti-malware terbaru), saya juga bersihkan Chache Memori di semua browser internet yang saya gunakan, karena saya yakin Malware tersebut masuk melalui cookie browser internet yang saya gunakan.

Itulah sedikit langkah yang bisa saya sarankan sebagai solusi jika anda mengalami serangan malware di komputer dan blog anda.

Apa yang saya sampaikan ini sekedar sharing saja. Sebagian cara untuk menghilangkan malware/badware sudah saya posting di artikel saya "Mencegah dan Menghilangkan Malware dan Badware di Situs/Blog", namun untuk kesempurnaan hasil dalam pembersihan malware saya juga mohon share info jika diantara pembaca sekalian ada yang pernah mengalami kejadian seperti saya dan sudah bisa mengatasinya, saya yakin bagi-bagi ilmu anda nanti akan sangat membatu sesama bloggger yang blognya mengalami serangan virus atau malware.


*** 







Ada 0 komentar untuk artikel Malware textsrv.com / text-enhance.com di Blogspot


Poskan Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang