Manfaat Blog pada Bisnis Pribadi maupun Bagi Perusahaan




Manfaat Blog pada Bisnis Pribadi maupun Bagi Perusahaan

Memiliki blog bisnis dapat memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis kecil dengan anggaran pemasaran yang ketat. Jika Anda tidak memiliki web merancang tahu-bagaimana, blog merupakan alternatif yang menawarkan setup gratis dan mudah perawatan.
Manfaat Blog
Anda dapat menawarkan petunjuk membantu dan mempromosikan produk Anda sendiri, meng-upload video instruksional atau demonstrasi pada blog Anda. Anda dapat membangun basis pelanggan menggunakan blog Anda, dan menghasilkan lead dengan memberitahukan pengikut Anda bila Anda memiliki hingga konten baru. Google Blogger memungkinkan untuk Google AdWords untuk posting iklan pada produk atau jasa terkait dalam ruang blog Anda, memberikan anda pilihan penghasilan pasif melalui pemasaran afiliasi.


Tercantum di sini adalah 7 manfaat penting blogging untuk bisnis pemasaran:

1. rendah biaya internet alat pemasaran: Membuka rekening blogging di Blogger atau Wordpress adalah gratis dan Anda memiliki perangkat lunak yang diperlukan untuk mengatur semua dalam beberapa jam. Namun, penting untuk host blog Anda sendiri bahkan jika Anda menggunakan perangkat lunak blogging gratis. Mendaftarkan nama domain Anda sendiri dan memiliki blog Anda pada ruang server Anda sendiri memberikan visibilitas yang lebih baik dalam peringkat mesin pencari.

2. drive lalu lintas web ke situs bisnis Anda: Bila Anda memiliki sebuah blog dan berikut biasa itu adalah seperti memiliki situs web lain, tetapi dengan fungsionalitas yang lebih rendah. Blog Anda akan bergantung pada artikel SEO, gambar, atau video. Pengikut Anda dapat diarahkan ke website bisnis Anda jika Anda memiliki satu, dengan tujuan mengubah bunga atau mengarah ke penjualan.

Buatlah daftar kata kunci untuk SEO ceruk pasar Anda dan basis artikel Anda dan video pada kata kunci tersebut. Hal ini akan mendorong kedua pencarian alami dan dibayar ke blog Anda. Sertakan URL blog Anda di profil sosial Anda situs jejaring mendorong teman-teman atau penggemar untuk mengikuti blog bisnis Anda. Ini akan mengarahkan lalu lintas jika Anda memiliki reputasi untuk informasi yang besar atau keahlian dalam niche yang Anda pilih.

3. Membangun produk atau brand image: Anda bisa membangun merek Anda imageusing blog Anda. Orang membaca blog Anda mungkin tertarik untuk mengetahui apa yang Anda lakukan - tambahkan widget bisnis Anda atau tombol untuk blog Anda. Menulis deskripsi produk atau posting infomercial.

4. Menjaga dialog pelanggan: Blog adalah interaktif, yang berarti bahwa pembaca Anda dapat berinteraksi dengan Anda melalui komentar dan pertanyaan diposting di blog (yang dapat dimoderasi). Ini adalah kesempatan Anda untuk menimbang pendapat pelanggan, saran, dan komentar.

5. Keuntungan pelanggan baru: Beberapa pengikut dapat merekomendasikan blog Anda kepada orang lain membawa Anda prospek bisnis baru.

6. Jaringan dengan bisnis serupa lainnya: Semua bisnis berjalan di jaringan internal dan eksternal. Menjaga dengan blog yang sama dan artikel mereka dapat memberikan Anda kesempatan untuk mengomentari artikel mereka sambil menambahkan nilai kepada mereka menyajikan pengetahuan Anda pada subjek. Seorang pembaca yang tertarik di blog mereka bisa mengklik-melalui dengan Anda untuk membaca lebih lanjut! Jenis klik-through bebas dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke blog Anda.

7. public relations stopkontak Besar: Dalam kasus ini, bisnis Anda berjalan ke beberapa pers buruk blog Anda bisa menjadi kesempatan Anda untuk menunjukkan bersih. Anda dapat membuat berdiri Anda jelas atau tantangan opini publik. Sebagai pembaca reguler menyadari siapa Anda dan tahu Anda dari interaksi online biasa, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menggalang dukungan melalui cara virus.

Kemudian, selain manfaat bagi kalangan pribadi, ternyata banyak juga manfaat blog bagi Perusahaan, baik PT besar, Sedang, Kecil, maupun UKM.

Simak selengkapnya berikut ini:

Blog bagi perusahaan sebenarnya bukanlah sebuah solusi akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Namun demikian, penggunaan blog bagi perusahaan saat ini mungkin menjadi sesuatu yang wajib. Kita tahu banyak perusahaan besar seperti Microsoft, Google, dan CNN semuanya memiliki blog.

Lalu apa manfaat blog bagi perusahaan? Salah satu fungsi blog bagi perusahaan adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan serta sebagai media menjaring inputan dari pelanggan. Banyak pengguna suatu produk akan menuliskan pendapat, perasaan, kepuasan, kekecewaan dan perasaan lainnya mengenai produk tersebut, melalui blog. Dengan memiliki blog, perusahaan akan dapat turut serta dalam komunitas pelanggan sehingga dapat segera mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Kita dapat mengambil pelajaran dari apa yang dialami oleh perusahaan Kryptonite yang rugi jutaan dollar hanya karena kurang mendengarkan suara pelanggannya.

Berikut ini beberapa penggunaan blog dalam kaitannya dengan dunia bisnis (perusahaan).

Komunikasi dengan Pelanggan
Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan.

Salah satu contoh perusahaan yang sukses menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan pelanggan adalah Google. Melalui blog resminya, http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250 ribu orang terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.

Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.

Sebagai contoh kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup banyak membuat artikel dan tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP dan MySQL di blog saya, http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara gratis dalam bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya mendapatkan tawaran project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan membuat posting tentang suatu topik di blog, pengunjung akan percaya bahwa penulisnya tentu memiliki keahlian di topik tersebut.

Menarik Perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun opini publik sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film yang akan dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menonton film saat dirilis.

Meningkatkan Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat dan menjual suatu software yang memungkinkan kita untuk membuat shortcut ke berbagai file, folder atau aplikasi di komputer kita. Target penggunanya adalah orang yang ingin bekerja secara cepat dan efisien. Buzz mengatakan bahwa lebih dari 50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari blog seseorang yang mereview software ActiveWords.  Bahkan sebuah review di USA Today dapat menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari.

Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah satu produknya ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal, http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan perbaikan.

Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi internal
Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.


***
Baca juga: Sewa Ruang Kantor Jakarta Murah dan Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik serta Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik dan Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda\






Ada 0 komentar untuk artikel Manfaat Blog pada Bisnis Pribadi maupun Bagi Perusahaan


Poskan Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang