• blog wahyu winoto
  • G+ wahyu winoto
  • Instagram wahyu winoto
  • pinterest wahyu winoto
  • fb wahyu winoto
  • twitter wahyu winoto

Sitelinks dan Analisanya (studi kasus pada blog wahyu winoto)




Sitelinks dan Analisanya (studi kasus pada blog wahyu winoto)



Sitelinks adalah kumpulan link di web/blog tertentu yang muncul dalam hasil pencarian di Google dengan kata kunci tertentu. Link-link tersebut dapat menuju suatu halaman dalam intern situs/blog tersebut ataupun bisa juga menuju subdomain dari situs/blog tersebut.


a. Sitelinks Pada Blog

Perhatikan ilustrasi gambar berikut dimana suatu web/blog mendapatkan kumpulan sitelinks dari pencarian google dengan menggunakan keyword tertentu untuk pencariannya.

Sitelinks blog wahyu winoto

Gambar diatas adalah tampilan Sitelinks dalam halaman hasil pencarian Google dengan kata kunci pencarian "blog wahyu winoto".





b. Sitelinks Juga Bisa Berubah-Ubah


Coba perhatikan gambar berikut : 


Perubahan Sitelinks
Perubahan Sitelinks


Gambar tersebut adalah tampilan sitelinks terbaru blog saya, coba bandingkan dengan gambar pertama diatas, disana terdapat perbedaan yaitu pada link-link yang ditampilkan.



Terlihat pada gambar sitelinks blog wahyu winoto yang pertama disana disajikan beberapa link yang terkait dengan blog saya, link-link tersebut masing-masing adalah : 

Blogger Indonesia
(Ini adalah link untuk alamat blog utama saya www.wahyu-winoto.com)

E-Lifestyle Indonesia yang mengarah ke URL http://blog.wahyu-winoto.com/
(Ini adalah Subdomain dari blog utama saya)

Mobil Keluarga Terbaik Di Inggris yang mengarah ke URL http://blog.wahyu-winoto.com/2011/08/mobil-keluarga-terbaik-di-inggris.html
(Artikel ini berada pada Subdomain blog saya)

Beberapa Hasil Kontes Blog yang mengarah ke URL http://www.wahyu-winoto.com/2011/05/beberapa-hasil-kontes-blog-yang-wahyu.html
(Salah satu artikel dalam blog utama saya)

Peluang bisnis online tanpa ribet yang mengarah ke URL http://www.wahyu-winoto.com/2011/07/peluang-bisnis-online-tanpa-ribet.html
(Ini juga salah satu artikel dalam blog utama saya)

Arti Mimpi ML yang mengarah ke URL http://blog.wahyu-winoto.com/2011/08/arti-mimpi-ml-berhubungan-sex.html
(Sedangkan ini artikel pada subdomain blog saya)

Peluang Bisnis Online BlakBlakan yang mengarah ke URL http://www.wahyu-winoto.com/2011/08/peluang-bisnis-online-blakblakan.html
(Terakhir ini aalah satu artikel dalam blog utama saya)




Sedangkan pada sitelinks terbaru terjadi perubahan, yaitu: 


- Susunan link-nya berubah
- Hilangnya link untuk artikel Peluang Bisnis Online BlakBlakan
- Muncul link baru yaitu link Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia
 yang mengarah ke URL http://www.wahyu-winoto.com/2011/09/blogger-nusantara-blogpreneur-indonesia.html




Sampai saat ini saya tidak tahu bagaimana cara Google menentukan suatu situs/blog dinyatakan layak mendapatkan Sitelinks, karena saya lihat ada beberapa blog yang cukup besar namun tidak memiliki sitelinks sementara beberapa blog yang tidak begitu besar malah sudah memiliki Sitelinks. 



Namun, sedikit pencerahan yang saya dapatkan dari Google Webmaster menyebutkan tentang Sitelinks sebagai berikut: 



Sitelinks dimaksudkan untuk memudahkan pengguna dengan memberikan navigasi alternatif link yang ada di hasil pencarian, sistem mereka menganalisis struktur link web dan menampilkanya di pencarian google secara otomatis dengan menggunkan algoritma penghitungan.



c. Syarat Mendapatkan Sitelinks

Ada banyak syarat suatu situs/blog untuk dapat memiliki sitelinks. Asumsi sederhana saya adalah; Google memberikan Sitelink untuk situs/blog yang populer, traffic cukup tinggi, dan memiliki keunikan dalam nama domain, keyword, maupun judul situsnya. Dimana jika suatu blog memiliki keunikan (sedikit pesaingnya), maka blog tersebut akan lebih mudah mendapatkan Sitelinks dibanding jika blog itu memiliki keyword, domain, atau judul yang memiliki banyak pesaing (yang mana) masing-masing blog yang serupa tersebut sama-sama kuat dalam mendominasi kata kunci tersebut untuk blognya.

Contoh kata kunci yang memiliki banyak pesaing: 

Saya mencoba mengecek sitelink blog saya dengan kata kunci blogger indonesia dan wahyu winoto, dan berikut hasilnya:


keyword "wahyu winoto" (tidak muncul sitelinks)


Kenapa jika blog saya di cari dengan kata kunci wahyu winoto malah tidak memiliki Sitelinks padahal jika dicari dengan kata kunci blog wahyu winoto maka muncul Sitelinks-nya?

Seperti kecurigaan saya diatas, bahwa kata wahyu winoto itu ditemukan di banyak situs sehingga blog saya tidak diberi kepercayaan untuk memiliki/menaungi Sitelink dengan keyword tersebut. Faktanya, saya memang menemukan banyak kata wahyu winoto pada situs-situs besar seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn, untuk itulah target keyword wahyu winoto tidak memunculkan Sitelink pada blog saya.



Buat rekan-rekan yang memiliki pengalaman tentang Sitelinks, mohon sharing informasinya disini agar bisa menjadi bahan pelajaran kita bersama.


***







Ada 1 komentar untuk artikel Sitelinks dan Analisanya (studi kasus pada blog wahyu winoto)

Kraeng Francisco on Minggu, 28 Oktober 2012 22.18.00 WIB mengatakan...

Sangat jelas penjelasan diatas sobat sitelink blog saya hilang dan sekarang belum menemukan kata kunci yang tepat sehingga tidak menampilkan di SERP ketika memakai nama Kraeng Francisco. kira2 bagaima sulusi mencari kata kunci yang tepat. Mohon bantuannya sahabat karna terus terang saya belum tahu tentang hal tersebut


Posting Komentar


 

garis hijau panjang