header wahyu winoto blog

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk beradaptasi serta menggunakannya dalam aktivitas kehidupannya. Salah satu sisi yang populer dalam dunia teknologi informasi adalah kehadiran internet dengan segala isinya seperti email, situs web, blog dan lain sebagainya.

a. Seperti Apa Dunia Blogging di Indonesia?

Khusus menyoroti tentang blog atau dunia blogging di Indonesia, saya yang notabene adalah salah satu Blogger Indonesia memiliki kebanggan tersendiri jika diajak membicarakan tentang dunia blog di Indonesia, lebih-lebih jika membahas tentang Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia. Karena seperti kita semua ketahui saat ini perkembangan dunia blogging di Indonesia telah berkembang sedemikian rupa mengikuti perkembangan jaman, perkembangan ilmu, serta perkembangan kebutuhan manusia pelakunya.
Blogging, salah satu pemanfaatan teknologi informasi
Salah satu hal yang paling mudah kita lihat dari makin berkembangnya dunia blogging di Indonesia adalah dengan makin banyaknya jumlah blog di Indonesia, saya yakin di Indonesia saat ini sudah ada jutaan blog yang tercipta dengan berbagai keunikannya sendiri. Kemudian lebih jauh lagi, para blogger Indonesia tersebut juga mulai merintis dan memunculkan berbagai komunitas blogger baik yang berbasis wilayah, berbasis institusi, lembaga, maupun sekedar berbasis hobi atau kegemaran bersama.

Keaneka ragaman dunia blogging di Indonesia juga tidak lepas dari pemanfaatan blog untuk tujuan pemenuh kebutuhan manusia, dari mulai kebutuhan akan informasi, kebutuhan menyampaikan informasi, kebutuhan mencari tambahan penghasilan dari dunia blog, dan lain sebagainya. Khusus untuk poin terakhir, dimana saat ini memang sedang menjadi trend dari para blogger untuk berusaha mendapatkan penghasilan dari dunia internet/blog maka akhir-akhir ini muncul istilah blogpreneur yang secara umum bisa dibilang sebagai entepreneur yang berbasis blog/internet.

b. Bagaimana menjadi Blogpreneur, dan Apa Saja Manfaatnya?
Seperti sudah saya singgung diatas, bahwa blogpreneur adalah orang-orang (blogger) yang berusaha menggunakan blog untuk mendapatkan penghasilan atau secara umum bisa dibilang sebagai entepreneur yang berbasis blog/internet. Sebagaimana sering kita dengar di Indonesia mulai muncul tokoh-tokoh bisnis yang memanfaatkan internet dan blog sebagai ladang uangnya (Blogpreneur Indonesia). Orang-orang yang telah berhasil tersebut kemudian menjadi inspirasi bagi blogger lain yang ingin menekuni bidang yang sama.

Kemudian, tentang bagaimana menjadi blogpreneur, yang telah umum kita amati disekitar kita adalah para blogger yang ingin menjadi pebisnis online mereka akan berusaha dan belajar dari tokoh-tokoh yang telah lebih dahulu dianggap berhasil dalam usaha melalui dunia blog. Saya yakin anda sudah bisa menyebutkan beberapa orang yang dibilang cukup berhasil dalam dunia bisnis online itu.

Selain belajar dari para pelaku bisnis di dunia internet yang telah lebih dulu berhasil, para blogger yang ingin menjadi blogpreneur juga harus memiliki wawasan yang cukup terkait dengan teknik blogging, wawasan yang cukup tentang dunia usaha, memiliki semangat tinggi, memiliki kesabaran dalam mengelola blog dan bisnisnya, kreatif dan inovatif dalam membangun bisnis online, memiliki kemampuan membangun jaringan yang bagus (agar bisnisnya makin berkembang), serta dia harus mau untuk terus belajar menyesuaikan perkembangan zaman, karena tiap hari dunia online bergerak dengan cepat dan kita harus ikut bergerak mempelajarinya agar tidak tertinggal dari orang lain.

Lalu, dari sisi manfaatnya, menjadi blogpreneur jelas adalah sebuah pilihan dan sekaligus peluang bisnis online yang jika diseriusi akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pelakunya. Manfaat yang didapat selain berupa uang tentunya, juga ada manfaat lain seperti terbangunnya jaringan bisnis yang bisa dikembangkan kearah bisnis offline, kemudian ada juga manfaat semangat kebersamaan dan kekeluargaan diantara para blogger pecinta bisnis online tersebut. Saya sering melihat berbagai komentar sesama blogger yang belum pernah bertemu langsung namun mereka sangat akrab seolah sudah kenal lama, akibatnya diantara mereka terbangun ikatan emosional yang kuat yang bisa diarahkan untuk tujuan lain yang jauh lebih besar manfaat/keuntungannya.

c. Apa itu Blogger Nusantara ?

Blogger Nusantara adalah kumpulan atau komunitas Blogger Indonesia yang mewadahi para blogger dari seluruh Indonesia untuk berkarya serta arahnya nanti adalah kearah Blogpreneur. Konon katanya, terbentuknya Blogger Nusantara diawali dari ide beberapa blogger dari Surabaya. Kemudian ide itu difasilitasi oleh idblogNetwork yang sudah terkenal sebagai jaringan blogpreneur dengan berbagai program bisnisnya seperti periklanan berbasis blog/situs para anggotanya.
BLOGGER NUSANTARA
Blogger Nusantara selain mengembangkan sayapnya melalui dunia blog juga melakukan semacam promosi agar diketahui khalayak dengan membuka Facebook Page dan juga halaman Twitter. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi http://bloggernusantara.com.

d. Harapan dan Opini

Harapan saya sebagai salah satu blogger di Indonesia, munculnya Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia sebisa mungkin dijadikan sebagai penyemangat sekaligus langkah baru dalam pengoptimalan blog untuk tujuan mencari penghasilan dari dunia online. Memang selama ini usaha-usaha untuk berwirausaha melalui dunia blog telah berkembang baik di masyarakat kita, namun munculnya Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia saya yakin akan berdampak bagus bagi iklim entepreneur berbasis blog/online di Indonesia.

Kemudian, menurut opini saya, Blogger Nusantara yang notabene masih baru dalam dunia blogpreneur, sudah seyogyanya melakukan langkah-langkah kreatif inovatif agar apa yang dicita-citakan tidak kandas atau kalah bersaing dengan apa yang selama ini sudah ada.

Perkembangan Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia juga harus dibangun berdasarkan jaringan antar blogger, Blogger Nusantara tidak akan berkembang tanpa para blogger itu poin pentingnya. Lalu, untuk mendapatkan dukungan penuh dari para blogger Indonesia sudah seyogyanya jika Blogger Nusantara juga memberikan imbal balik yang baik dan bermanfaat besar bagi para blogger sebagai basis kekuatannya.

Saya secara pribadi juga menyambut gembira akan hadirnya Blogger Nusantara, karena dengan munculnya komunitas profesional dalam dunia blogging di Indonesia sedikit banyak akan dapat menambah nilai positif tentang dunia bisnis berbasis online di Indonesia, tidak hanya itu dengan koordinasi yang baik maka bukan tidak mungkin nantinya para blogger akan menjadi agen informasi yang memegang peranan penting bagi bangsa dan negara.

Kemudian, tadi saya juga membaca bahwa katanya dalam waktu dekat Blogger Nusantara akan mengadakan event dimana para blogger Indonesia akan diajak berkumpul dalam satu tempat yaitu Kopdar 1000 Blogger Nusantara yang akan dilaksanakan di kota Sidoarjo, Jawa Timur pada tanggal 28 Oktober mendatang. Dengan ini saya menyatakan dukungan penuh sekaligus mendoakan semoga acara Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia tersebut akan sukses terselenggara dan memberikan dampak positif bagi kita semua.

***


Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP