• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Tumblr Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto



Membuat Email Dengan Nama Kamu/Domain Kamu Sendiri (Dengan Windows Live)


Apakah kamu kepengen punya email dengan domain sendiri? (Seperti punya saya "admin@wahyu-winoto.com"). 

Caranya gampang banget, jadi dengan cara ini nanti kamu akan bisa punya email dengan nama domain kamu sendiri (misal: budi@budi.com), dan sebagainya. Dan yang jelas layanan itu gratis dari Windows Live.

Yang perlu kamu sediakan adalah domain yang bisa diedit DNS-nya. Jika pengen domain gratisan pakai aja daftar aja di www.co.cc atau www.uni.cc. Setelah itu, kamu tinggal mendaftar Windows Live ID.

Setelah bahan sudah disiapkan, ini dia step-stepnya:

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki sebuah nama domain di Internet. Ada banyak website tempat "membeli" sebuah nama domain (.com, .net, .org, dan lainnya), misal di  http://IDwebhost.com atau http://www.javahostindo.com

Setelah itu, cari penyedia jasa hosting domain yang juga menyediakan fasilitas yang memungkinkan penggunanya mengedit data DNS(Domain Name Server)-nya sendiri. Sebagai contoh, gunakan jasa lokal dari www.indoglobal.com. Ambil saja paket sewa yang termurah. Karena setelah konfigurasi selesai dilakukan, mailbox yang kita buat akan disimpan di server Windows Live di Internet dan gratis!
2. Jika selama ini Anda telah memiliki account di Hotmail atau MSN, bisa dipastikan alamat e-mail Anda di Hotmail atau MSN tersebut adalah identitas diri Anda pada website-website yang berbasis Windows Live, yang selanjutnya disebut Windows Live ID (dulu dikenal dengan nama Passport). Jika tidak, Anda bisa mendaftarkan alamat e-mail Anda. Anda bisa menggunakan alamat e-mail selain Hotmail (ID kita pada Windows Live ID bisa dipakai juga untuk login ke Windows Live Messenger yang dulu disebut MSN Messenger). Langkah awal untuk mendaftar adalah membuka website http://domains.live.com, pilih "New to Admin Center? Get Started". 


Pada halaman berikutnya, daftarkan nama domain (atau subdomain) yang implementasi mailbox-nya ingin kita delegasikan ke Windows Live.




Selanjutnya, Anda akan diminta untuk login menggunakan Windows Live ID. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa menggunakan Windows Live ID jika Anda sudah memilikinya atau membuat yang baru. Identitas ini akan selalu dipakai untuk meng-administrasi domain kita di Windows Live.

Proses registrasi diakhiri dengan konfigurasi DNS di sisi tempat hosting domain kita. Atau gunakan saja fasilitas layanan setting DNS Gratis seperti sudah saya contohkan diatas yaitu dengan setting DNS gratisan dari www.dnspark.net atau dengan layanan gratis setting DNS dari freedns.afraid.com.

Dalam pengaturan DNS ini kita perlu menambahkan beberapa entri pada DNS, di antaranya MX record (untuk menerima e-mail pada nama domain dimaksud), SPF record (untuk mengirim e-mail dari domain yang diinginkan), dan (optional) kita bisa menambahkan record untuk federasi instant messenger.



Windows Live akan memberikan data, baris apa yang harus kita tambahkan di DNS. Setelah mengisi data DNS di sisi server tempat kita meng-hosting domain, biasanya diperlukan waktu propagasi di Internet. Tunggu beberapa saat (bisa jadi satu sampai dua jam,  atau bahkan sehari) .

Langkah selanjutnya adalah anda membuat akun untuk email anda. Caranya Clik pada Edit mail settings yang nanti akan ada pesan warning bahwa email yang sudah anda gunakan dengan domain anda akan hilang. Tidak masalah jika anda menggunakan domain baru.




3. Setelah pendaftaran sukses dilakukan dan konfigurasi DNS telah di-update (pengaturan DNS berhasil aktif), selanjutnya anda bisa login ke website http://domains.live.com. Masuk ke menu "Members Account" yang terdapat di sisi kiri. Selanjutnya, Anda bisa membuat puluhan, bahkan ratusan alamat e-mail di domain yang telah didaftarkan.



Sebagai layanan hosting e-mail gratisan, Windows Live Domains saat ini hanya memberikan maksimum 500 buah alamat e-mail per domain/subdomain yang kita daftarkan.

Semua account e-mail yang telah dibuat bisa segera dipakai melalui website http://mail.live.com. Kemudian, login menggunakan alamat e-mail yang telah dibuat dan password sesuai dengan yang telah dibuat. Alamat-alamat e-mail yang telah dibuat menggunakan Windows Live Domains ini juga langsung aktif sebagai Windows Live ID

untuk pemiliknya. Selain dapat mengakses e-mail, alamat tersebut juga bisa dipakai untuk chatting menggunakan Windows Live Messenger ataupun login di berbagai services Windows Live lainnya.

4. Windows Live Domains mendukung open membership

Maksudnya, jika pada konfigurasi diatas penulis mencontohkan proses pembuatan e-mail secara manual (dilakukan oleh administrator domain), sebenarnya Anda bisa saja mengubah status implementasi e-mail di domain yang sudah didaftarkan menjadi "terbuka". (Sehingga semua orang bisa ikut membuat email dengan akhiran @domainanda.com). Untuk mengubah status, setiap saat bisa dilakukan dengan cara masuk kembali ke website administrasi di http://domains.live.com. Setelah login, Anda akan melihat menu "Sign-up Module" yang berisi sintaks HTML yang bisa kita tambahkan pada halaman web yang kita inginkan. Modul ini juga bisa ditambahkan pada e-mail sebagai undangan.

5. Tampilan Hotmail berdomain khusus milik Anda masih bisa dipercantik dengan mengaktifkan feature co-branding. Dengan feature ini, pemilik domain bisa meng-upload foto atau logo yang di¬tampilkan sebagai header pada webmail Hotmail yang diakses oleh user. Dengan menambahkan logo, tentunya tampilan webmail menjadi terlihat lebih profesional dan pribadi. Bahkan anda dapat merubah URL (alamat) untuk mengakses email tersebut yang standarnya dapat diakses melalui http://mail.live.com dapat dimodifikasi menjadi http://mail.DOMAINANDA.com (ex: http://mail.wahyu-winoto.com).

6. Feature-feature standar yang dimiliki oleh Windows Live Hotmail bisa dinikmati juga oleh user yang kita definisikan pada Windows Live Domains ini. Di antaranya adalah: Kapasitas mailbox yang besar, mencapai 5 GB per user. Proteksi terhadap e-mail sampah (junk e-mail) menggunakan teknologi Microsoft SmartScreen. Antivirus pada server e-mail. Integrasi dengan Windows Live Messenger serta semua aplikasi dan services yang menggunakan autentikasi berbasis Windows Live ID. Akses berbasis webmail seperti halnya Hotmail atau Yahoo Mail yang sudah populer.

7. Jika Anda atau user Anda menggunakan aplikasi Microsoft Outlook di komputernya, Anda bisa men-download dan meng-install aplikasi Outlook Connector pada alamat http://office.microsoft.com/en-us/outlook/HA102225181033.aspx. Outlook Connector ini digunakan untuk mengakses mailbox yang ada di Windows Live Domains menggunakan Microsoft Outlook.

Dengan software ini, user tidak perlu selalu terhubung dengan Internet. add-on Pemilik domain dapat membuat banner yang bisa ditampilkan pada halaman website atau email. Kode HTML untuk ditambahkan pada halaman web juga disediakan. custom logo Admin bisa meng-upload file logo untuk memberikan branding image di website webmail.

Semoga panduan Membuat Email Dengan Nama Kamu/Domain Kamu Sendiri  ini dapat bermanfaat.
(Ref: Majalah CHIP April 2008 dan blog.komputerbutut.com)

*****


Silahkan share artikel

kepada saudara maupun sahabat yang membutuhkan.
Terima kasih.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.

wahyu-winoto.com www.wahyu-winoto.com gambar hiasan wahyu-winoto.com




Wahyu W - Bloger Indonesia


© 2010 - 2017 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP