• RSS Feed Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto



Beberapa Tips SEO (Rekomendasi Para Master SEO)

Beberapa Tips SEO (Rekomendasi Para Master SEO)

Posting kali ini saya hanya sekedar memenuhi permintaan adik saya yang katanya baru bikin blog, namun dia masih kesulitan untuk memaksimalkan blog-nya agar memiliki posisi yang tinggi dalam mesin pencari (terutama untuk kontes SEO yang dia ikuti yaitu "Peluang Bisnis Online BlakBlakan" dan "Peluang bisnis online tanpa ribet").

Berikut ini saya cuplikkan beberapa trik SEO yang sudah dipraktekkan oleh para master SEO dan berdampak besar terhadap pertumbuhan ranking blognya. Tips berikut dibedakan kedalam 2 sub, yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO.

a. On-Page SEO

1. Buat Meta Tags

Buat judul yang baik, deskripsi, dan kata kunci yang tepat. Saya pribadi tidak menganggap kata kunci-tag meta hampir sama pentingnya dengan orang lain di sini tidak, tetapi itu memberi saya suatu cara untuk mengatur daftar kata kunci saya bagi saya untuk referensi. Ketika Kita mulai memiliki website yang banyak dan berbeda, ada baiknya untuk memasukkan catatan untuk diri sendiri apapun yang kita dapat. Bila kita datang kembali bekerja pada sebuah situs yang lebih tua, kita mungkin tidak ingat segala sesuatu yang sudah kita pikirkan sebelumnya. Meta Tag membantu kita mengingat info situs kita yang banyak itu dan membantu SE mencari tahu.

Aturan praktis yang baik adalah bahwa apa pun yang tidak akan merugikan kita untuk SEO dan mungkin membantu, kita harus menggunakan dan gunakan dengan benar. Menggunakan meta-tag judul, mencoba untuk memasukkan kata kunci dalam judul haruslah jelas. Menggunakan meta-tag deskripsi, google biasanya akan menggunakan ini untuk menampilkan ringkasan itu dalam daftar juga harus jelas. Hal ini tidak digunakan untuk mengindeks. Inilah yang membuat orang-orang untuk mengklik link kita ketika mereka melihatnya di SERP. Jangan menggunakan meta tag yang sama untuk setiap halaman di situs kita. Luangkan waktu untuk membuatnya secara spesifik untuk setiap halaman.

2. Optimalkan Title Page

Standar judul halaman post Blogger pada title bar biasanya menampilkan Judul Blog diikuti dengan Judul Post. Tapi tidakkah anda berpikir bahwa Judul Post sedikit lebih penting pada halaman post? Hal tersebut dikarenakan search engine seperti Google dan Yahoo menggunakan judul post untuk menampilkan hasil pencariannya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika judul post yang berkaitan dengan isi konten post tersebut didahulukan pada title bar halaman post.
Let's go to the steps:
  1. Login ke account Blogger anda, klik Tata Letak > Edit HTML
  2. Temukan kode berikut ini
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
  3. Ganti kode diatas dengan kode berikut
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title>keyword1, keyword2, keyword3 | <data:blog.pageTitle/></title></b:if>

    *Ganti keyword1, keyword2, keyword3 dengan keyword blog anda
  4. Klik Simpan Template

Sekarang lihat perbedaannya. Saat anda berada pada halaman homepage, maka judul blog anda akan terlihat pada title bar seperti ini:
keyword1, keyword2, keyword3 | Judul Blog Anda
Sedangkan jika anda membuka salah satu halaman post anda, maka judul blog anda akan terlihat pada title bar seperti ini:
Judul Post Anda | Judul Blog Anda
Mudah bukan? Silahkan anda coba dengan membuat sebuah post dan periksa judul post anda pada search engine (Google) sekitar 30 menit setelah memposting. 


Tips SEO untuk Kita

3. Buat konten yang bagus 

Pastikan Anda memiliki beberapa konten yang layak. Jika kita memiliki konten yang unik dan kualitas, maka semua backlinking akan dating ke kita seperti bola menggelilnding J. Memberikan apa yang mereka inginkan, menunjukkan kepada mereka di mana tempatnya, dan mereka akan mulai datang. Jika itu cukup baik maka pada akhirnya akan mulai membangun sendiri secara otomatis dan alami karena orang-orang yang mencari artikel tsb akan gampang menemukannya. Jadi bila memungkinkan gunakan desain terbaik dan konten yang sebaik mungkin. Hindari duplikat konten antara halaman berbeda pada situs anda, SE kemungkinan besar akan menghukum situs Anda untuk itu.
Ingat, konten anda tidak hanya sesuatu untuk mendapatkan google menyukai situs Anda, itu adalah titik seluruh situs Anda. Isi dan bagaimana Anda membuat struktur itu adalah apa yang akan membuat pengunjung melakukan apa yang Anda inginkan ketika mereka sampai di sana. Jika omong kosong, mereka hanya akan pergi, mereka hanya akan menutup jendela atau gunakan tombol “Back”. (Ya, tentu saja jika Anda melakukan hal-hal blackhat Anda dapat membuat browser pergi ke mana Anda ingin, tapi itu untuk pembahasan yang berbeda.)

4. Masukkan Kata Kunci yang bagus

Struktur konten sudah benar, membuat beberapa judul header di konten yang menyertakan kata kunci (tags header gunakan h1, h2, dll), cobalah untuk memiliki kepadatan kata kunci sekitar 2% pada konten Anda, dan mungkin 4% untuk seluruh halaman termasuk yang metatag, tag alt, anchor, dll
File .htaccess sudah difungsikan dengan benar. Pertama, Tentukan dulu apakah Anda ingin url Anda menjadi dan tetap dengan itu. Maksudnya, jika kita memutuskan untuk menggunakan www maka gunakan selalu seperti itu di link kita, jangan gunakan keduanya. Saya biasanya menyiapkan 301 untuk semua permintaan www untuk mengarahkan ulang ke url non-www. Jika kita tidak menetapkannya segera maka setiap halaman di situs kita dapat muncul ke google memiliki setidaknya satu duplikat. Jika itu satu-satunya hal yang salah di situs kita tidak akan membunuh kita, tetapi begitu mudah untuk memperbaikinya. Jika kita tidak tahu cara mengatur redirect dalam kita, Htaccess akan melakukannya. Banyak cara atau scripts yang bias kita gunakan untuk file htaccess ini. Cek di Google. Juga, Htaccess hanya bias digunakan jika server kita mempunyai system operasi  unix. Untuk server Windows server Apache melakukannya sedikit berbeda, jika yang berlaku bagi Anda kemudian hanya pencarian google untuk mengetahui bagaimana melakukannya. Kita harus menentukan, apakah kita menggunakan www atau tanpa www.

5. Sudahkah Anda membuat file Robots.txt? 

Pastikan untuk mengkonfigurasi robots.txt dengan benar. Membuat halaman 404. Jika situs kita memiliki lebih dari  beberapa halaman, ide yang sangat bagus kita membuat file sitemap.xml. Ini bukan ide buruk untuk hanya membuat sebuah sitemap, ini memungkinkan kita menentukan struktur dari situs Anda ke crawler. Cari infonya di google jika Anda tidak tahu bagaimana melakukan semua itu, sangat mendasar dan kita dapat menemukan petunjuk yang tepat dalam satu menit ketika kitamelakukan pencarian.


b. Off-Page SEO
Selain untuk body website kita, SEO tidak hanya sampai disini. Kita mengenal dengan istilah Off-Page SEO yang harus juga kita lakukan agar peringkat website kita menjadi lebih baik.

1. Backlink dan promosi

Sosial bookmarks, Directory Submissions, Profil Link, dan Komentar Blog benar-benar tempat yang termudah untuk mulai mendapatkan link balik (backlink). Mudah untuk membuatnya, tapi melakukannya dengan benar haruslah mereka benar-benar harus dibuat dari account yang berbeda dan ip addresses yang berbeda pula. Bagaimana dengan membeli Backlink? Boleh juga jika Anda punya anggarannya. Kita ingin mendapatkan banyak link, tapi tidak ingin melakukannya lebih gigih. Tentulah hal ini akan menjadi sia-sia. Linkwheels (lingkaran link) dan struktur link lainnya dapat sangat kuat, tetapi juga dapat merugikan situs Anda jika tidak dilakukan dengan benar.

2. Keywords Anchor

Jangan selalu menggunakan anchor yang sama, gunakan3 atau 4 kata kunci yang berbeda dan bias juga dengan membuat anchor yang tidak berupa kata kunci website kita. Anchor ini gunanya untuk menarik perhatian orang untuk mengklik dan masuk ke halaman kita. Kalau makin banyak anchor, tentunya link populatitas kita akan bertambah. Jika Anda dapat melakukannya dengan sukses maka SE akan memberikan rangking yang baik pada daftar, dan kemudian mudah-mudahan apa yang Anda simulasi dapat menjadi kenyataan. Inti dari semua itu adalah untuk mendapatkan traffics.

3. Ganti Anchor Text 

Ide backlinking adalah untuk mensimulasikan bahwa orang menjadi tertarik pada situs kita. Dalam artikel-artikel di Internet, Saya telah melihat beberapa statistik dibuat pada apa yang terbaik, tapi saya pikir untuk aturan praktis yang baik adalah kata kunci utama mungkin sekitar 45%, 35% kata kunci sekunder, dan sekitar 15% tidak berhubungan acak seperti Klik Disini, dan kemudian sekitar 5% saja url. Persentase yang tepat tidak dramatis penting, ia hanya perlu tampak seperti menghubungkan secara alami.

4. Buat Artikel yang relevan 

Buat artikel yang menarik dan masukkan ke website-website penyedia layanan directory. Kemudian membuat profil dan akun kita yang berisi data-data tentang website kita serta kata kunci / anchor text yang mengarah pada situs kita di blog, situs jaringan sosial, forum dll. Sertakan link ke website Anda setiap kali Anda melakukan itu dan ini bias menjadi backlink juga.

5. Teruslah membuat Backlink

Ingat Anda sedang berusaha membuat penampilan artifisial ke SE bahwa situs Anda populer. Ketika itu terjadi secara alami, orang selalu menambahkan link baru ke situs Anda. Karena Anda mencoba untuk melihat alami Anda harus melakukan hal yang sama. Linkbuilding tidak pernah berhenti sama sekali.


Silahkan kamu coba terapkan, misal untuk ikutan kontes SEO "iPaymu.com Pembayaran Online Indonesia" dan "Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia".
Semoga bermanfaat !!!


*****

Ref:
- sekitarkita.info
- bspot-info
Silahkan share artikel

kepada saudara maupun sahabat yang membutuhkan.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


wahyu-winoto.com www.wahyu-winoto.com gambar hiasan wahyu-winoto.com




Wahyu W - Bloger Indonesia


© 2010 - 2017 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP