header wahyu winoto blog

Bibit Tanaman Produktif Gratis dari Pemerintah

Sekitar 10 tahun yang lalu saya menulis di blog ini tentang Program Reforest Indonesia dari Bank Panin Peduli, dimana waktu itu ada program CSR dari Bank Panin untuk membagi-bagikan bibit tanaman secara gratis. Lihat tulisannya disini Bibit Pohon Gratis dari CSR Bank Panin Peduli (Reforest Indonesia) (wahyu-winoto.com)

Waktu itu saya ikut mendaftar program Bank panin tersebut dan mendapatkan bibit gratis, lalu semua bibitnya saya sumbangkan kepada rekan-rekan petani di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Kali ini saya punya cerita lagi tentang bibit tanamaman, gratisan juga, namun bukan dari Bank Panin, kali ini saya mendapat bibit tanaman gratis dari pemerintah.


Bibit Tanaman Produktif Gratis dari Pemerintah

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan bantuan bibit tanaman secara gratis dari Dinas Pertanian Propinsi Lampung. Hal itu berawal dari adanya sosialisasi bahwa Dinas Pertanian punya program pembagian bibit tanaman produktif, dibagikan gratis pada para petani. 

Nah kebetulan saya ada kebun beberapa hektar di Lampung Selatan, untuk itu saya mengajukan bantuan bibit gratis tersebut. 

Tidak pakai lama, prosesnya cuma sehari dan bibit tanaman dapat langsung saya ambil.


Foto atas, lokasi persemaian tanaman milik Dinas Pertanian lampung.


Foto bawah, mobil pick-up yang saya sewa dari penduduk lokal untuk mengambil bibit tanaman yang saya dapatkan secara gratis dari Pemerintah/Dinas Pertanian Lampung.


Waktu itu saya mendapat 4000 batang bibit pohon Gaharu. Tinggi tanamannya baru sekitar 30cm. 

Oya, sebenarnya saya ditawari bibit alpukat, sirsak, sawit, sengon, dll. Semua gratis. Namun karena saat itu saya sedang "jatuh cinta" pada Gaharu maka saya tolak tawaran bibit tanaman lainnya.

Bibit tersebut saya tanam di
 kebun sendiri, sebagain lagi saya bagikan gratis kepada petani lain.

Terima kasih pak !



Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wahyu-winoto.com wahyu-winoto.com



© 2010 - 2019 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP