header wahyu winoto blog

Ciri Negara Maju; Prestasi Olah Raganya-pun Maju

Ada sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa; Salah satu ciri negara maju adalah prestasi olah raganya di-event internasional juga bagus.

Saya belum menemukan hasil riset khusus yang valid tantang "Keterkaitan antara kemajuan suatu bangsa dengan prestasi olah raga", namun sejauh yang saya amati bahwa memang tingkat prestasi atlet olah raga suatu negara dipengaruhi oleh kondisi negara tersebut. Semakin maju suatu negara, maka semakin baik pula prestasinya dalam dunia olahraga. Begitu juga sebaliknya.

Coba anda pikirkan, negara-negara yang bagus dalam kejuaraan olah raga rata-rata adalah negara maju bukan?

Hal itu seolah memunculkan kesimpulan bahwa; 
Salahsatu ciri negara maju adalah mereka unggul dalam bidang Olah Raga.

Peringkat 1,2,3 Asian Games ke-18 di Jakarta & Palembang adalah Cina, Jepang, Korea. Ketiga negara itu sekaligus adalah negara makmur, negara maju, dan pemimpin teknologi di Asia. 

Pelajaran yang bisa kita petik dari hal tersebut adalah:

1. Ekonomi, teknologi, dan olah raga, itu punya korelasi.
2. Usaha untuk memajukan ekonomi dan teknologi mirip dengan usaha untuk jadi juara di arena olah raga, yaitu dengan kerja keras dan kecerdikan.

ciri negara maju, prestasi olahraga juga maju
Asian Games ke-18 (Jakarta-Palembang)
Negara kita tidak boleh puas hanya dengan meraih peringkat 5 besar dalam Asian Games, secara ekonomi dan teknologi kita juga harus bangkit jadi lebih maju lagi. 

Selain itu, dalam gelaran Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang tahun 2018 ini yang harus dihargai bukan cuma peraih medali, penyelenggara Asian Games (INASGOC dan Kemenpora) patut diacungi 2 jempol. Menyelenggarakan acara yang melibatkan ribuan atlet, ratusan acara, itu bukan hal mudah. Kalau manajemennya tidak bagus, akan segera terlihat kekacauannya. Ini juga menjadi ciri bahwa tuan rumah dengan prestasi baik, artinya negara tersebut sangat siap baik sarana maupun prasarana, dan lagi-lagi kelengkapan semua itu hanya dimiliki oleh negara yang cukup maju. Indonesia telah dan sedang menuju kesana, menjadi negara maju.



Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP