header wahyu winoto blog

5 O Untuk Kesempurnaan Pria

Para bijak bestari Nusantara tempo dulu memiliki banyak filosofi adiluhung untuk menuntun jalan hidup kita. Salahsatunya yang pernah saya baca adalah tentang kesempurnaan diri. 

Seorang pria dikatakan paripurna adalah jika memiliki 5 hal berakhiran "O" berikut ini: 

1. Wanito (Wanita/Istri) 
Ini artinya, seorang pria hampir dikatakan wajib untuk memiliki wanita sebagai pasangannya. 

2. Griyo (Griya/Tempat Tinggal) 
Menjadi sebuah syarat bagi pria untuk memiliki tempat tinggal, ini juga terkait dengan poin pertama diatas yang membutuhkan tempat tinggal untuk membina keluarga. 

3. Turonggo (Kuda/Kendaraan) 
Kuda pada jaman dahulu digunakan sebagai kendaraan, maka menyesuaikan kondisi jaman sekarang ini kendaraan telah berganti, namun filosofinya tetap yaitu seorang pria juga dituntut untuk memiliki dan mampu mengendarai kendaraan sesuai jamannya. 

4. Curigo (Keris) 
Lagi-lagi ini butuh ditafsirkan, bahwa jaman dahulu Keris dianggap sebagai senjata untuk berperang sekaligus penanda strata sosial. Saat ini ketika jaman berubah maka Keris dapat dianalogikan dengan "skill" untuk mempertahankan hidup diri dan orang lain, dan juga menempati posisi strata sosial yang baik. 

5. Kukilo (Burung) 
Burung adalah binatang peliharaan, artinya seorang pria harus menyayangi makhluk hidup lain. Selain itu memelihara "Kukilo" bisa disebut juga merupakan hobi. Maka seorang pria akan lebih sempurna jika dia tidak merusak alam, penyayang binatang, terlebih jika memiliki binatang peliharaan (tidak harus Burung, bisa juga Kodok atau Kuda, atau lainnya) atau juga hobi lain yang positif. 

Kesempurnaan Hidup
Kesempurnaan Hidup
Dan perlu diketahui, seorang pria sebelum menjadi Pemimpin maka akan dilihat banyak hal tentang dirinya, salahsatunya adalah faktor diatas yang telah saya tulis. Semakin lengkap maka semakin baik.


Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP