header wahyu winoto blog

Penyebab Munculnya Terorisme

Penyebab Munculnya Terorisme
Penyebab Munculnya Terorisme
Dari beberapa makalah dan beberapa artikel dengan tema terorisme, saya sampai pada suatu kesimpulan bahwa terorisme berawal dari masalah dalam diri seseorang alias masalah internal. 
Selanjutnya masalah tersebut bertemu dengan faktor luar sebagai pemicu, maka jadilah tindakan-tindakan yang tidak baik. 


Faktor pemicunya biasanya:
- Pendidikan yang rendah, atau pengajaran yang keliru tentang agama/ideologi
Pendidikan ibarat kunci, dia akan membuka banyak ketidaktahuan, membuka kekeliruan, menuntun menuju pengetahuan yang baik dan benar. Minimnya pendidikan jelas suatu kabar buruk, menjadikan manusia mudah termakan isu negatif atau bahkan provokasi.
Termasuk juga pendidikan tinggi yang keliru tafsir, dibumbui reward surgawi, sangat mungkin memunculkan pikiran-pikiran radikalisme. Tidak dapat dipungkiri bahwa ada segolongan orang yang sengaja menyebarkan ajaran-ajaran radikalisme.

- Kesejahteraan yang rendah
Termasuk didalamnya adalah pendapatan ekonomi yang minim, ketidakpuasan hidup, putus asa dan ingin kebahagiaan instan, serta masalah finansial pribadi lainnya. Kita semua paham bahwa kemiskinan lebih dekat kepada kekufuran atau ketidakbaikan.

- Kekurangtanggapan pemerintah dan jajarannya untuk mencegah teorisme
Pemerintah atau negara juga memiliki peran disini, misalnya kelengahan mengantisipasi situasi global, dimana banyak kejadian pelaku teror adalah simpatisan atau bahkan mantan kombatan gerakan teror global.
Selain itu dari sisi ekonomi, ketidakmerataan pembangunan dan ketidakadilan sosial dapat juga menyebabkan munculnya bibit-bibit ketidakpuasan terhadap pemerintah hingga pemberontakan. Faktor regulasi dan aparat hukum yang kurang tajam juga dapat memperparah keadaan.

Hal-hal diatas bukan berarti berlaku "saklek", bukanpula bermaksud menjadi klasifikasi, namun pelaku teror dapat memiliki lebih dari satu macam sebab dan juga motif Munculnya Terorisme.



Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP