header wahyu winoto blog

Mengapa Indonesia Harus Berubah


Kondisi tiap bangsa memang berbeda, baik manusianya maupun lingkungan serta kompleks wilayahnya. Namun, ada satu kesamaan yang berusaha diraih yaitu kemakmuran dan kesejahteraan yang tercermin dari kekuatan ekonomi.

Sebagai contoh, saya cuplikkan beberapa data pembangunan ekonomi. 
Menurut prediksi IMF pertumbuhan ekonomi dunia, rata-rata 3,6%. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Asia, rata-rata 5,6%.
Sedangkan untuk beberapa negara kuat di Asian disebutkan:
- India, diprediksi akan berada pada angka 6,7%.
- Tiongkok, rata-rata diprediksi 6,3% hingga beberapa tahun kedepan.
- Indonesia, diprediksi akan berada pada angka 5,2%.
- Korea Selatan, diprediksi akan berada pada angka 3%.
- Japan, diprediksi akan berada pada angka 1,5%.

Prediksi-prediksi tersebut adalah buah dari pembangunan yang sudah berlangsung, sedang, dan akan dilakukan. 

Mengapa setiap bangsa butuh pembangunan?

Kembali kepada paragraf pertama diatas, bahwa tujuan setiap bangsa tentu ingin makmur sejahtera. Sedangkan kemakmuran dan kesejahteraan bukan suatu pemberian, mereka adalah hasil usaha manusia bangsa-bangsa di dunia, maka setiap bangsa selalu melakukan pembangunan, berusaha merubah kondisi agar lebih baik.

Apa yang pemerintah harus lakukan untuk pembangunan?

Indonesia Harus Cepat Berubah
Indonesia Harus Cepat Berubah
Jawabannya kompleks, namun secara sederhana dapat dikatakan pemerintah harus terus melakukan perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah berusaha merubah kondisi dari sebelumnya yang belum baik kearah yang baik, atau perubahan dari yang baik kearah yang jauh lebih baik. Dalam aplikasinya perubahan ini diwujudkan dengan pembangunan.

Bagaimana Strateginya?

Menyuplik sebuah pesan dari Jack Welch, CEO General Electric di USA tahun 80-an, beliau mengatakan "Change before you have to", yang dimaknai: Perubahan yang dilakukan ketika sudah waktunya berubah, itu artinya sudah terlambat. 

Kecepatan perubahan/pembangunan makin hari makin "ngebut", seolah menggilas negara manapun yang lambat. Indonesia harus sudah memahami ini. Maka dari itu Indonesia harus melakukan inovasi, dan dalam waktu yang sama harus juga berakselerasi. 

Kita sebagai anak bangsa mari ikut andil membangun negara ini, jadilah manusia cerdas, karena seperti dikatakan oleh Stephen Hawking (fisikawan jenius asal Inggris) bahwa "Intelligence is the ability to adopt to change". Kecerdasan adalah kemampuan untuk beradaptasi pada perubahan. 

Salam Membangun !!!



Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP