header wahyu winoto blog

Pengertian dan Kegunaan Software Aplikasi


Software atau perangkat lunak adalah semua program yang digunakan untuk menjalankan komputer atau perangkat lainnya.

Secara umum, ada dua jenis software :

Software aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan sebagainya.

Software sistem adalah software yang menjadi tempat semua software aplikasi berjalan . Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.Nah, disini aku mau menceritakan khusus untuk software aplikasi yang aku pernah coba saja.

1. Software Aplikasi Pemrograman

Pertama kali aku mengenal komputer yaitu pada saat SD. Pada saat itu aku sudah mengenal yang namanya Software aplikasi pemrograman yaitu BASIC. Pada aplikasi ini kita dapat membuat suatu program-program kecil dengan mudah. setelah BASIC muncul bahasa pemrograman-pemrograman yang lain seperti GWBASIC, BASICA, QBASIC, TURBO BASIC dan muncul aplikasi pemrogramman yang lebih canggih lagi yaitu TURBO PASCAL.

Setelah periode Software sistem DOS sudah expired karena kehadiran Software sistem WINDOWS yang menggunakan GUI (Graphical User Interface). Maka terjadi perkembangan signifikan di software aplikasi pemrograman menjadi lebih visual interaktif, seperti : Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, Visual C++.

Karena perkembangan Internet terus meningkat, maka dari sisi software aplikasi pemrogrammanpun terus mengupdate sehingga muncul bahasa pemrograman baru seperti : Java, Visual Basic .NET, Visual C#, ASP.NET, ColdFusion.

Hingga saat ini kondisi software aplikasi bahasa pemrograman belum mengalami banyak perubahan.

2. Software Aplikasi Graphic

Pertama kali aku mengenal software aplikasi Grafik yaitu paintbrush. Aplikasi ini merupakan bawaan dari aplikasi sistem Windows. Seingatku pas SMP akupun sudah mengenal aplikasi Harvard graphics, aplikasi graphic ini berbasis vektor sangat mudah digunakan. Setelah itu muncul aplikasi graphic yang lebih canggih yaitu Corel Draw, aplikasi ini disertai banyak paket ada paket gambar, vektor dan animasi. Akupun sudah membuat animasi pertamaku pada aplikasi ini. Setelah itu mulai bermunculan aplikasi graphic yang lebih canggih seperti Adobe Photoshop dan Fractal Design Painter. Karena perkembangan hardware semakin cepat, maka software aplikasi graphic mulai mengarah ke 3D seperti Autocad, 3DMAX. dll

3. Software Aplikasi Antivirus

Pertama kali aplikasi Antivirus yang ku kenal adalah antivirus Untouchable, antivirus ini bisa mendeteksi virus C-Brain, Denzuko, dll. Setelah itu muncul antivirus yang lebih canggih yang bisa mengenal lebih banyak virus seperti McAfee for DOS. Setelah muncul aplikasi sistem Windows maka antivirus pun mengalami perubahan agar bisa beroperasi di lingkungan Windows, seperti : Norton Antivirus dan McAfee for Windows.
Namun karena semakin banyaknya virus lokal yang beredar yang tidak dapat dibasmi dengan Antivirus luar negri, maka muncullah Antivirus lokal yang dapat membasmi virus-virus lokal (seperti virus Brontok) yaitu MAV, PCAV, AnSAV, dll

4. Software Aplikasi WordProcessor (Menulis)

Pertama kali aplikasi yang bisa buat menulis adalah aplikasi WS (WordStar), aplikasi ini dulu sangat terkenal mungkin satu-satunya software yang ada buat nulis. :). Dulu aku tidak begitu menyukai aplikasi ini karena terlalu banyak perintah yang harus digunakan untuk melakukan modifikasi huruf-huruf dalam penulisan. Seingatku contohnya seperti : untuk memblok, diawal kata yang mau diblok harus menggunakan perintah Ctrl+K+K dan diakhir kata yang mau diblok harus menggunakan perintah Ctrl+K+B, itu baru cara memblok, belum cara-cara lain seperti membuat hurup menjadi tebal atau italic. Setelah ada aplikasi sistem Windows maka muulai bermunculan aplikasi WordProcessor yang lebih user friendly seperti Word Perfect, Microsoft Word, WordPro. dll

5. Software Aplikasi WorkSheet

Pertama kali aplikasi worksheet yang aku tahu adalah aplikasi Lotus 123, aplikasi ini juga sangat terkenal karena kemudahaannya. Setelah ada aplikasi sistem Windows mulai bermunculan aplikasi model seperti ini seperti Microsoft Excel. 

Pengertian dan Kegunaan Software Aplikasi
Pengertian dan Kegunaan Software Aplikasi
Sebagai tambahan, kali ini saya mau share beberapa jenis dan manfaat atau kegunaan software aplikasi yang banyak beredar di sekitar kita. Apa aja sih yg saya maksudkan. Simak nama software aplikasi dan kegunaannya berikut ini:

1. Irfan View.
Image viewer dengan fitur edit foto.

2. FileZilla
Untuk Upload file, CMS blog, dan sebagainya.

3. Mozilla Firefox
Browser andalan dengan banyak addon.

5. Last Pass Extension (for Firefox)
Addon buat ngumpulin password akun-akkun kita yg bejibun jadi 1.

6. Skype
Chatingan sama rekan-rekan.

7. Digsby
Sejak YM saya 'mbuh' error melulu, saya pilih third party software ini.

8. Kaspersky Internet Security 2013 (not free)
Yang ini juga jelas fungsinya. Mengamankan PC kita.

9. VLC Media Player
Media Player Classic Killer. :D

10. WinAmp
Muter musik sambil ngeblog

11. Format Factory
Yang bingung mau convert dari 1 format ke format lain, silakan coba ini. The best after Any Video Converter.

12. Foxit Reader
Buat ngebuka file format .pdf

13. IZarc
WinZip, WinRar, atau format compress sejenis, bisa ditangani yang satu ini.

14. Notepad++
Notepad yang ada plus-plusnya. :D

15. StickyNote
Buat nyatet yg penting dengan segera

16. Advance System Care
Buat maintenance lappie.

17. CCleaner
Buat bersih-bersih cookies.

18. Cool Timer
Aplikasi bantuan biar Pomodoro jalan disiplin. :D

19. Revo Uninstaller
Uninstaller Windows kurang mumpuni kalau buat ngebuang software. Pilihan saya ini.

20. Unlocker
Pernah kalau mau nyabut flashdisk, keluar notifikasi "gak bisa dicabut", ini solusinya.

21. HJJoin & Split
Penyatu dan pembagi file jadi banyak.

Ada juga aplikasi-aplikasi untuk mengoptimalkan komputer seperti Auslogic defragment, Revo uninstaller, registry first aid, wise disk cleaner, dan masih banyak software aplikasi lain yang bisa anda dapatkan baik berbayar maupun gratis di internet.

Demikian sedikit manfaat atau kegunaan software aplikasi yang banyak tersedia disekitar kita.

Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP