header wahyu winoto blog

Definisi, Komponen, Cara Kerja, dan Contoh Prosesor CPU

Definisi Pengertian CPU

CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit, yaitu perangkat keras komputer (harware) yang bertugas melaksanakan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak. Sering disebut sebagai prosesor, atau otaknya komputer. CPU itu sendiri adalah komponen internal komputer. CPU bentuknya kecil dan persegi, berisi beberapa konektor logam pada bagian bawahnya untuk dimasukkan secara langsung ke soket CPU pada motherboard. 

Setiap motherboard hanya mendukung jenis tertentu dari CPU sehingga anda harus memeriksa spesifikasi motherboard sebelum mencoba untuk mengganti atau meng-upgrade CPU. Berbarengan dengan CPU umumnya juga dilekatkan heat sink dan kipas kecil yang terpasang langsung di atas CPU untuk membantu menjaga agar tidak terlalu panas. 

Komponen CPU

CPU terdiri atas tiga komponen, yaitu: 

Processor
Processor
- Control Unit, atau Unit Kontrol, bertugas sebagai pusat dari pengendalian komputer yaitu mengambil berbagai data dan instruksi dari memori untuk diproses, menyeleksi instruksi yang berhubungan dengan fungsi logika dan aritmetika dan mengirimkannya ke bagian ALU untuk diproses, mengawasi kerja ALU, mengatur alat-alat input output, dan membawa kembali hasil (output) pemrosesan ke memori utama.

- ALU (Arithmetic and Logical Unit), berfungsi melakukan proses perhitungan aritmatika dan logika sesuai dengan instruksi program.

- Register, berfungsi sebagai memori tempat penyimpanan data atau instruksi yang akan diproses. Data dari memori utama (RAM) diambil kemudian ditempatkan di register, selanjutnya data dari registerlah yang diproses. 

Metode Kerja 

Cara Kerja
Cara Kerja
Saat sebuah program akan dieksekusi, maka isi program tersebut yang berada di dalam harddisk diambil dan di masukkan ke RAM. Control Unit membedakan instruksi dan data, instruksi ditempatkan ke Program-Storage sedangkan data ditempatkan di Working-Storage. Selanjutnya instruksi dan data tersebut di ambil oleh Control Unit di simpan di Register. Bila instruksi merupakan perhitungan logika atau aritmatika, maka ia dibawa ke ALU untuk diproses. Hasilnya akan ditampung di Accumulator. Control Unit akan mengambilnya dan membawanya kembali ke RAM yang kemudian di tampilkan hasilnya ke alat output.


Daftar MicroPrcessor Yang Umum Dikenal :

AMD : Athlon, Athlon 64, Athlon XP, Duron, Opteron, Sempron, Turion.

ARM : ARM.

Digital Equipment Corporation: V-11, MicroVAX 78032, CVAX, Rigel, Mariah, NVAX, Alpha, StrongARM.

Elbrus : Elbrus-3.

Fairchild Semiconductor : Clipper.

Hewlett-Packard :Capricorn, FOCUS, PA-7000 ~ PA-8900, Saturn.

IBM : IBM 801, Cell Processor, Broadway Processor.

POWER : POWER 1 ~ 6, RISCSingleChip, P2SC.

PowerPC-AS : A10, A25, A30, RS64.

Intel : Itanium, Xeon, Core i5, Core i7, Core 2, Core, Pentium ( Pro, MMX, II, III, 4, D, M, Dual-Core), Celeron, Atom.

MIPS Technologies : R2000, R3000, R3000A, R4000, R4400, R6000, R8000, R10000, R12000, R14000, R16000.

National Semiconductor : NS320xx.

NEC : V20/V25/V40 dan V30/V33/V50.

SPARC : SPARC.

Texas Instruments : TMS1000, TMS1100, TMS7000, TMS9900.

VIA : VIA, VIA C3, VIA C7, VIA Eden.

Western Electric : WE-32000.

Zilog : Zilog, Z80, Zilog Z8000.

***


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP