header wahyu winoto blog

Mencegah dan Menghilangkan Malware dan Badware di Situs/Blog

Mencegah dan Menghilangkan Malware dan Badware di Situs/Blog

Salah seorang rekan bercerita, katanya situsnya dikenali mengandung Malware atau Badware saat dibuka melalui browser, diapun bingung kira-kira dimana Malware tersebut bersarang di situs buatannya itu?

Nah, untuk membatu kamu yang juga mengalami masalah yang sama, saya punya tips untuk mencegah dan mengatasi Malware/Badware di situs atau blog kamu.
Malware/Badware di Website atau Blog
Menurut pengalaman saya, untuk mendeteksi dan menghilangkan Malware/Badware dari website tidaklah terlalu susah, cukup lakukan 4 langkah berikut:

1. Pasang Anti Malware di Laptop/Komputer kita

Perlindungan pertama saya sarankan dimulai dari perangkat kita dulu, karena perangkat online kita tersebut adalah jembatan kita untuk terhubung ke server tempat kita menyimpan file website, jadi pastikan laptop atau komputer kita bebas virus, bebas malware, badware, trojan, dll.

(Kalau saya memasang Norton antivirus dan norton internet security untuk mengamankan komputer saya, kamu boleh pakai program lain).

2. Pantau melalui Google Webmaster Tool

Langkah ke-2, untuk memastikan keberadaan malware di website/blog coba kamu daftarkan website atau blog kamu ke Google Webmaster Tool. Cara mendaftar disana juga sangat mudah, browsing saja caranya.

Setelah situs kamu tercrawling sempurna di Google Webmaster Tool lanjutkan dengan buka Google Webmaster, lalu pilih website atau blog kamu, pilih “diagnostics”, lalu klik “Malware”. 

Jika benar ada malware maka akan muncul info tentang darimana asal Malware yang ada di website kamu, berbekal itu maka kamu bisa buang malware yang ada.

3. Cari dan Buang Malware di kode HTML Situs Kamu

Catat dulu link atau script yang terdeteksi sebagai malware, lalu kamu masuk ke editor kode HTML dan hapus link atau script malware tersebut. 

- Untuk web berbasis PHP bisa langsung ke CPanel Hosting dan cari saja di file-file yang dicurigai mengandung malware, buka dengan Code Editor, cari link atau script malwarenya dan hapus.
- Untuk Wordpress bisa lewat CPanel atau lewat Menu Appearance - Editor.
- Sedangkan bagi yang menggunakan Blogspot bisa melalui menu Edit HTML).

Kadang sript atau link malware menyebar di beberapa file, jadi cari sampai ketemu semua dan hapus semua script atau link tersebut.

4. Terakhir, laporkan Malware atau Badware

Agar tuntas maintenance website kita, setelah kita remove semua malware/badware dari website kita lalu laporkan ke situs Stopbadware (http://stopbadware.org/home/reportsearch). 

Caranya mudah, masukkan saja identitas situs yang kena Malware dan biarkan mereka mendeteksinya.

Semoga bermanfaat !!!


***
Baca juga: Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia dan Bisnis Online Daftar Gratis Bonus jutaan rupiah
Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP