header wahyu winoto blog

Merubah wordpress.com menjadi nama domain sendiri


Mengubah nama blog wordpress.com menjadi nama domain sendiri

WordPress.org dan WordPress.com sama-sama wordpress, fitur yang ditawarkanpun hampir sama. Sistem administrasinyapun hampir sama. Kalau pada wordpress.org atau biasa disebut wordpress self hosting, anda dapat menggunakan berbagai fitur wordpress secara bebas sedangkan jika membuat blog di wordpress.com terdapat banyak batasan maupun TOS yang harus dipatuhi. 
wordpress.com logo
Bagi teman-teman yang sudah terbiasa dengan wordpress.com atau terlanjur memiliki banyak artikel disana terkadang sayang kalau harus berganti blog dengan yang baru yang lebih personal dari sisi nama domainnya misalkan namakamu.com, namun sebenarnya meski memakai wordpress.com tetap ada solusi untuk hal itu, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas domain mapping dari wordpress.com atau dengan kata lain adalah merubah wordpress.com menjadi nama domain sendiri

Ada banyak panduan cara untuk melakukan domain mapping, misalkan saja gunakan pencarian di google dengan kata kunci domain mapping wordpress atau merubah wordpress.com menjadi nama domain sendiri. Akan kamu dapatkan banyak jawaban disana, namun kalau jawaban tersebut kurang memuaskan silahkan ikuti panduan dari saya yang begitu gamblang dan mudah diikuti, berikut selengkapnya:

Yang harus kamu lakukan adalah kamu harus mengarahkan name server (NS) domain Anda ke name servernya wordpress, yaitu:

ns1.wordpress.com
ns2.wordpress.com
ns3.wordpress.com

Kalau diminta memasukkan IP address maka masukan saja : 

72.233.69.14
76.74.159.137
64.34.177.159

Kemudian lakukan pembayaran kepada Wordpress (Lihat panduan pembayaran ke WordPress Disini)
Setelah aktif lalu tambahkan domain Anda pada halaman Dashboard >> Setting >> Domains
Selesai!

Dengan begitu nantinya alamat blog kamu tidak lagi (namakamu.wordpress.com) melainkan sesuai keinginan misalkan namakamu.com. 

Dan menurut saya kelebihan menggunakan domain sendiri adalah lebih memperpendek alamat serta mempermudah pengunjung mengingatnya. 

Selain itu meskipun kamu telah me-mapping blog wordpress.com kamu namun alamat blog kamu di WordPress.com masih tetap bisa dukunjungi dan akan diarahkan ke nama barunya (domain kamu). Kemudian, jangan kawatir untuk masalah memanajemen blog kamu karena Dashboard tetap sama yaitu tetap menggunakan alamat WordPress.com kamu dulu.

Semoga bermanfaat !!


***


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP