header wahyu winoto blog

Cara Membuat Lagu Karaoke


3 Program Pilihan untuk Membuat Lagu Karaoke

Rekan-rekan semua pasti udah kenal yang namanya Karaoke kan?

Menurut Wikipedia; Karaoke adalah sebuah bentuk hiburan di mana seseorang menyanyi diiringi dengan musik dan teks lirik yang ditunjukkan pada sebuah layar televisi. Di Asia, karaoke sangat popular.

Secara etimologis kata karaoke merupakan kata majemuk: "kara" yang berarti “kosong” dan "oke" yang merupakan bentuk pendek dari 'orkestra'.

Kita yang menyukai karaoke biasanya menggunakan jasa tempat karaoke untuk berkumpul bersama teman-teman sambil berkaraoke ria. Menyenangkan memang, namun dengan alasan biaya yang mahal maka tidak jarang kita jadi pikir-pikir jika ingin sering-sering ke tempat karaoke. 

Lantas bisakah kita membuat sendiri lagu-lagu karaoke sehingga kita tidak perlu tiap akhir pekan mengunjungi tempat karaoke yang cukup mahal biayanya itu?

Bisa, caranya kita bikin dulu lagu-lagu karaoke dengan software untuk membuat lagu karaoke, nanti kalau sudah jadi baru bisa kita pakai untuk berkaraoke sendiri dirumah atau bersama teman-teman.

Bagaimana cara menggunakan program untuk membuat lagu karaoke itu?

Caranya sebenarnya sangat mudah, karena rata-rata software atau program pembuat lagu karaoke itu didesain semudah mungkin untuk digunakan. Bahkan bagi pemulapun saya yakin tidak akan mengalami kesulitan.


Ada banyak sofware, namun menurut saya silahkan gunakan software-software berikut yang paling mudah untuk digunakan:

1. Adobe Audition



(Bisa kamu download di : http://www.indowebster.com/download/files/adobe_audition_15__1)

2. DART Karaoke



(Download DART Karaoke 1.4.9p)


3. Karaoke Anything



(Programnya dapat kamu unduh disini.


Sengaja saya berikan 3 software rekomendasi saja, karena menurut saya sofware-software itulah yang termudah digunakan untuk membuat lagu karaoke.

Cara kerja sofware-software tersebut adalah dengan teknik menghilangkan vokal saluran kiri (left track) dengan kebalikannya dari musik yang berada pada sebelah kanan (right track), kemudian menempatkan hasil pengolahan tadi ke kedua saluran Kiri dan kanan secara bersamaan, proses ini disebut dengan "Efek Karaoke".

Kebanyakan lagu-lagu dewasa ini musiknya digabung dengan vokal yang hampir sama keras baik di saluran kiri dan kanan. Hal ini dilakukan agar memberikan efek seolah-olah seorang vokalis berada di tengah sebuah panggung yang sedang diiringi band ketika anda memainkannya pada CD player.

Ketika efek karaoke diterapkan untuk jenis rekaman ini, suara vokal akan hilang atau mendekati menghilang, efek karaoke tidak bekerja pada rekaman mono atau pada rekaman stereo yang vokalnya dicampur/di-mix dari pusat.

Itulah cara membuat musik lagu karaoke dengan beberapa program pilihan saya. Semoga bisa bermanfaat dan tidak membuat bingung


***

Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP