header wahyu winoto blog

Tips Mengatasi Penipuan Melalui SMS atau Telpon

PENIPUAN melalui telepon/sms yang mengatasnamakan operator selular di Indonesia makin hari makin banyak saja kasusnya. Menurut pengalaman saya sendiri, dari 3 kali berganti kartu perdana (sim card), maka selalu saja ada sms yang mengaku dari undian tertentu yang mengatakan bahwa saya mendapatkan hadiah tertentu, sebut saja misalkan yang baru-baru ini adalah sms dari Telkomsel Poin, dimana mereka mengatakan nomer saya mendapat undian berhadiah uang (dalam jumlah besar). Bagi kita-kita yang sudah terbiasa mungkin gak akan ambil pusing/tidak merespon sms tersebut, namun bagi mereka-mereka yang masih awam sama dunia tipu-menipu melalui sms seperti itu sudah barang tentu akan mudah sekali kena tipu, dan seperti kita tahu di media masa sering diberitakan adanya korban penipuan melalui sms/telpon (sungguh menyedihkan sekali ;-))

Nah, kali ini saya punya tips nih agar kita tidak tertipu sama penipu dengan modus melalui sms/telpon ke nomer HP kita.

1. Surat


Menurut General Manager Corporate Communications Telkomsel (Ricardo Indra), pengumuman pemenang Telkomsel Poin biasanya disampaikan melalui surat, bukan telepon atau SMS. Seandainya ada SMS atau telepon yang menginformasikan Anda menjadi pemenang, itu pasti penipuan.

2. Cek


Untuk memastikan bahwa Anda memang benar terpilih menjadi pemenang, coba hubungi customer service dari ponsel. Nomor customer service kartu Halo adalah 111. Sedangkan Simpati, 116.

3. Konsentrasi


Supaya tidak mudah tertipu, jaga konsentrasi Anda selama menerima telepon. Apalagi, saat ini banyak penipu yang menggunakan hipnotis untuk membujuk korban.
 

Setelah itu apakah kita hanya akan diam saja ???
Tentu jangan donk... Jika kamu mendapatkan sms/telpon penipuan dengan mengatas namakan pihak Telkomsel, silahkan di Adukan saja. 

Caranya, setelah mengetahui kalau penelepon adalah penipu, pelanggan Telkomsel dapat mengirim SMS ke nomor 1166. Itu adalah nomor khusus yang disediakan untuk menampung pengaduan para korban penipuan. Kirim nomor telepon penipu ke nomor tersebut agar dapat ditindaklanjuti.

Semoga bermanfaat.

*****


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP