• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto


header wahyu winoto blog

WEBHOSTING UNTUK MULAI BERBISNIS ONLINE DENGAN MODAL MINIM


Beberapa kawan ada yang bertanya tentang bisa gak sih kita berbisnis atau berjualan online dengan modal kecil.

Saya jawab, tentu bisa.


cara memilai bisnis online sederhana
Berbisnis online - Gambar via Maxmanroe.com
Caranya;
Buat saja toko online, lalu berjualan produk orang lain (dikenal juga dengan sistem dropship), atau bisa juga anda menjual produk anda sendiri, tidak harus produk besar-besar, barang-barang semacam hasil kreatifitas sendiri, atau hasil karya seni, atau masakan rumahan anda sendiri, semua bisa kok dijual secara online.

Lalu, caranya bagaimana?

Menurut yang pernah saya jalankan (ini serius, saya punya barang buatan tetangga lalu saya jual secara online), pertama yang dibutuhkan hanya sedikit modal untuk membuat toko online, lalu anda posting barang dagangan yang anda peroleh dari produsen atau dari distributor besar, atau barang buatan anda sendiri. Kemudian mulailah mempromosikan website toko online anda itu ke teman-teman di Facebook, Twitter, atau Instagram. Yakin deh akan ada yang beli.

Bikin toko online-nya bagaimana mas?

Untuk membuat toko online sangat mudah kok, tinggal beli nama domain untuk toko online kita dan beli web hosting untuk membangun tokonya. Setelah beli domain dan hosting nanti kan kita dapat akses ke kontrol panel hosting, darisana kita mulai install sendiri platform websitenya (misalkan memakai Wordpress) lalu lanjutkan dengan install Theme Wordpress khusus toko online. Ada banyak, gratis, cari saja ke Google.

Setelah install theme toko online tadi maka website kita tampilannya akan menjadi toko online, nah kita tinggal upload foto-foto barang yang akan kita jual. 

Beli web hostingnya dimana?

Ada banyak penyedia layanan web hosting, namun sesuai judul artikel ini web hosting yang murah namun bagus untuk memulai berbisnis online saya sarankan pakai Web Hosting Hostinger saja.

Hostinger itu apa?

Hostinger adalah perusahaan penyedia layanan web hosting. Mereka menyediakan layanan untuk kita beli nama domain, web hosting, dan sebagainya. Jadi kita bisa beli nama domain dan hosting di Hostinger lalu kita gunakan untuk membuat toko online. Lagian jika Anda membeli salah satu paket dengan durasi 12 bulan atau lebih, maka Anda akan mendapatkan nama domain gratis, jadi cukup bayar biaya web hosting saja.

Mengapa saya rekomendasikan Hostinger untuk mulai merintis toko online, karena disini sangat murah. Kualitasnya juga lumayan bagus. Saya screenshoot-kan paket web hosting mereka ya:
paket web hosting hostinger
Paket web hosting di hostinger

Keunggulan-keunggulan lain Hostinger sudah banyak dibahas bloger/penulis lain, saya tuliskan sedikit saja misalnya:
  1. Uptime server dan monitoring, dijamin bagus, karena hosting ini menawarkan bantuan dedicated 24 jam sehari / 7 hari seminggu. Jadi kita Fokus saja pada pengembangan website!
  2. Speed dan power; dengan control panel yang mudah digunakan. Anda pun tak harus menguasai bahasa pemrograman. Dengan speed yang baik maka pengalaman mengunjungi situs anda akan baik sehingga pengunjung akan betah berlama-lama dan jika untuk web bisnis maka kemungkinan terjadinya konversi ke penjualan juga makin besar.
  3. Untuk anda yang bisnisnya makin berkembang besar maka website Anda seyogyanya juga semakin diperbesar, hal itu dapat diatasi dengan mudah di Hostinger, website bisnis anda bisa diupgrade paketnya dan akan berkembang dengan Web Hosting Bisnis.
  4. Jika menginginkan webhosting yang lebih kekinian, mereka ada juga layanan Cloud Hosting. Hosting di Cloud ini terkenal lebih andal dan lebih cepat, sebagian besar toko online memakai tipe cloud untuk hosting toko mereka.
Cloud Hosting di Hostinger

Jika Anda sudah memiliki dan mengaktifkan paket shared web hosting di Hostinger, maka Anda bisa mengupgradenya dengan mudah ke cloud hosting. Anda hanya perlu memesan opsi upgrade melalui control panel, dan semuanya akan dipindahkan secara otomatis!
Oya, kalau ada kendala dalam menggunakan Cloud Hosting maka tinggal kontak saja CS mereka. Di hostinger cloud hosting sepenuhnya dikelola atau managed, maka Anda akan mendapatkan time support yang dedicated untuk membantu Anda.

Trus kalau mau pesan domain dan hosting cara belinya bagaimana?

- Pertama, kunjungi website mereka, lalu klik halaman Web Hosting Terbaik, nanti anda akan diarahkan ke halaman https://www.hostinger.co.id/web-hosting 
Jika menginginkan kapasitas hosting yang lebih oke, misal bisnis anda sudah cukup besar bisa langsung pesan paket khusus bisnis. 
Link-nya disini https://www.hostinger.co.id/web-hosting-bisnis

- Lalu pilih paket hosting yang mereka sediakan. 
Tinggal klak-klik saja, isi data diri, lalu bayar. 
Bayarnya juga mudah, bisa lewat bank BCA, BNI, Mandiri, atau BRI.

- Kalau mau beli sistem keamanan web semacam  SSL bisa gak? 
Buat jaga-jaga, kan katanya ada toko online yang kena serangan “Hacker”

Bisa banget, mereka punya layanan itu, beli SSL murah di Hostinger juga ada, selain itu gak ribet juga caranya, lihat disini https://www.hostinger.co.id/beli-ssl

Memang benar kok kalau toko online kita sudah besar, ramai, maka sangat perlu untuk memakai sistem keamanan alias SSL, karena didunia online ada saja orang iseng yang punya kegemaran meng-hack website orang lain, nah dengan SSL maka hal itu bisa kita antisipasi.

Sebentar, ada penawaran menarik juga dari mereka, kita bisa pakai untuk uji coba dulu layanan mereka nih, kalau bagus ya lanjut, kalau jelek ya kita komplain. Mereka kan berani menggaransi layanan mereka, ada jaminan uang kembali dalam 30 hari kan?
Nah, jika merasa kecewa dengan layanan Hostinger dan ingin membatalkan layanan web hosting dalam kurun waktu 30 hari dari sejak tanggal pembelian, maka pihak Hostinger akan mengembalikan uang Anda secara utuh. Tanpa syarat apapun. Sangat layak dicoba.


Jangan lupa juga untuk follow akun medsos mereka, disana bisa tanya-tanya, kadang ada promo juga. 


Oke, setelah beres urusan memilih hosting untuk toko online, selanjutnya jangan lupa untuk fokus ke toko yang akan kita bangun.

Tips dari saya, ketika merintis toko online maka fokus saja pada satu atau dua produk dulu. Jangan terlalu banyak jual berbagai macam produk, agar pengunjung mudah ingat toko kita. Istilah kerennya brand awareness bisnis Anda di mata pelanggan itu lebih maksimal. 

Misal kita jualan cinderamata dari kayu, maka ketika orang cari barang-barag seperti itu maka mereka akan langsung kepikiran untuk ke toko kita, karena kita spesialis menjual cinderamata dari kayu.

Selain faktor spesialisasi produk itu, dari sisi kompetitor juga ada pengaruhnya. Begini, dengan makin banyak jenis produk yang Anda jual, maka akan ketemu lebih banyak kompetitor juga. Karena semua orang kan sukanya bikin toko online “toserba”, itu tidak efektif. Pesaing sangat banyak. Lebih baik fokus pada sedikit jenis produk. 
Kalau mau jualan jenis barang lain ya bikin lagi toko online baru lagi khusus untuk menjual barang tersebut.

Masih cukup banyak tips-tips untuk membangun toko online sendiri, akan tetapi intinya mulai saja dulu langkah-langkah diatas, nanti dalam perjalanan bisnis anda akan ketemu masalah dan anda akan menjadi kreatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika ada pertanyaan, konsultasi ke saya juga boleh, nanti saya bantu.
(y)


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wahyu-winoto.com




© 2010 - 2018 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP