• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto


header wahyu winoto blog

Agar Untung Besar, Dokter dan Klinik Sebaiknya Terima Pasien BPJS


Dua orang sahabat saya berprofesi sebagai dokter, Si A bekerja di klinik kesehatan, sedangkan Si B membuka praktek sendiri dirumah. Pada intinya mereka berdua mengelola faskes tingkat 1.


Suatu hari mereka ngobrol santai terkait anjuran pemerintah agar semua dokter dan klinik mau menerima pasien BPJS.

"Klinikmu mau ikut BPJS gak?" Tanya B.

"Ikut BPJS untung apa rugi?" Jawab A.

"Ya tergantung, tapi yang pasti tahun 2021 kita nggak punya pilihan. Gabung atau Buntung."

"Kok bisa?"

"Coba aku tanya, klinikmu sudah jalan berapa tahun?" Si B berusaha mengorek informasi.

"Bulan depan masuk 2 tahun."

"Pasiennya nyampai 10 nggak sehari?"

"1-3 sih" Jawab Si A kurang semangat.

"Katakan 1 pasien kamu tarif 100 ribu aja, berarti max 1 hari kamu dapat 300 ribu. Kalau kamu nggak pernah libur, 30 hari kamu dapat 9 juta. Betul nggak? Ya mending BPJS." Kata Si B.

"Emang bisa BPJS dapat 9 juta/bulan."

"Ya bisa aja. Aku ada kenalan nih. Pemilik klinik. Baru setahun buka. Peserta BPJS-nya 2500. Padahal BPJS ngasih kapitasi 10 ribu/orang. Artinya 1 bulan kliniknya aman 25 juta.". Si B berusaha menjelaskan.

"Gedhe juga ya."

"Itu baru dari kapitasi. Padahal kamu masih bisa sediakan banyak profit optimizer buat nambah-nambah revenue."

"Emang gak rugi di obat apa ikut BPJS."

"Tak kasih tau ya. Statistiknya, angka kesakitan itu 20% populasi. Jadi sebulan, kalau peserta BPJS 2500, artinya yang sakit paling sekitar 500 orang/bulan. Katakan obatnya kamu kasih yang bagusan 20 ribu/orang. Biaya obat cuma habis 10 juta. Tapi kayaknya rata-rata TS ngasih obat nggak lebih dari 10 ribu deh. Jadi biaya obat cuma 5 juta. Masih untung banyak lah."

"Masih ada lebih 15 juta dong. Ini sudah ada 3 kali surat dari BPJS nawari gabung sih. Eh, tapi jangan-jangan nanti uangnya nggak turun-turun."

"Kata temenku lancar kok. Tiap tgl 15 apa ya turunnya. Soalnya kalau telat mereka kena denda. Yang sering lama turunnya itu duit non-kapitasi kayak RS. Verifikasinya ribet."

"Hmmm... oke deh. Makasih banyak ya."

"Sama-sama".


logo bpjs
Ada banyak keuntungan ikut BPJS
NB.
Bagi dokter atau faskes yang mau ikut BPJS, mesti siap-siap akreditasi. 

Tanggal 01 Januari 2021 semua klinik pratama wajib Akreditasi.


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wahyu-winoto.com




© 2010 - 2018 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP