header wahyu winoto blog

Melacak Penipu Online & Temukan Situs Terpercaya


Anda pernah bertransaksi online?

Apakah anda pernah mengalami penipuan dalam transaksi online anda ?



Jika begitu keadaannya, coba simak tips dari saya agar nanti anda tidak tertipu lagi dengan penipuan online.



Secara teknis jika kita menjadi korban penipuan kita bisa melacak IP yang digunakan oleh penipu. Tetapi jika penipu sudah profesional tentunya ia sudah mengetahui hal ini dan sudah melakukan pencegahan untuk mengaburkan jejaknya.

Secara teknis, identitas seseorang dapat ditemukan dari IP yang digunakan untuk berinternet ditambah dengan informasi waktu (kapan dia menggunakan IP tersebut).

Pemilik IP (biasanya Internet Service Provider/ISP) memiliki catatan IP tersebut diberikan kepada pelanggan yang mana dan juga memiliki log/data akses IP tersebut. Namun untuk mendapatkan data tersebut Anda harus mendapatkan izin polisi dan ISP tidak akan mau memberikan data tanpa surat keterangan polisi, karena hal ini menyangkut kerahasiaan/privasi pelanggannya. 

Nah, jika anda ribet melakukan itu semua, maka saran saya hati-hati saja sebelum melakukan transaksi online.

Orang bilang lebih baik "sedia payung sebelum hujan". Hal itu berlaku pula dalam transaksi jual beli online.

Melacak Penipu dalam Transaksi Online

Tips yang saya berikan adalah dengan menggunakan jasa pihak ke-3 yaitu situs polisi online, situs tersebut mengkhususkan diri sebagai situs yang mengumpulkan daftar nama pebisnis online, nama toko online yang valid dan bukan penipu.

Untuk keamanan anda sebelum melakukan transaksi online seperti melakukan pembayaran barang yang akan anda beli di internet, saya sarankan lacak dulu kevalidan data penjualnya.


Cara Melacak Penipu dalam Bisnis Online & Mendeteksi Kevalidan Toko Online

1. Coba anda buka dulu situs http://www.polisionline.com/

2. Lalu, klik pada kolom pencarian, ketikkan nama toko online yang anda ingin cari kevalidannya.


Cari toko online terpercaya
Cari toko online terpercaya

3. Coba anda cari dulu nama toko online, termasuk nama orangnya (pemiliknya) yang akan bertransaksi online dengan anda, nomor HP, nomor rekening, alamat, dan informasi sejenisnya.

4. Jika apa yang anda cari tidak ada, maka kemungkinan penjual anda tersebut kurang valid dan tidak terpercaya. Namun, saya juga tidak berani jamin karena bisa jadi toko online/penjual tersebut cuma BELUM terdaftar pada situs Polisi Online.

Situs polisi online belum mencantumkan semua toko online di Indonesia, jadi masih banyak toko online bagus yang datanya tidak akan anda temukan disana. Namun, paling tidak dengan mengeceknya di situs tersebut anda akan memiliki referensi tentang toko online/pebisnis online yang ada di Indonesia.

Usahakan anda hanya bertransaksi online dengan situs jual beli yang benar-benar terpercaya atau sudah dikenal banyak orang sebagai situs jual beli yang jujur/trusted dan tidak pernah menipu pembeli. Jika anda terlanjut tertipu, atau terlanjur transfer uang ke penipu, maka saya sarankan untuk komplain ke bank anda. Caranya bisa anda baca pada tulisan saya tentang langkah-langkah komplain ke bank untuk mengembalikan uang salah transfer atau kena penipuan.


Semoga bermanfaat.


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP