• blog wahyu winoto
  • G+ wahyu winoto
  • Instagram wahyu winoto
  • pinterest wahyu winoto
  • fb wahyu winoto
  • twitter wahyu winoto

Backup data di komputer secara cepat & otomatis




Backup data di komputer secara cepat & otomatis

Windows 7 sudah built-in dengan tool untuk mengcopy dan mengamankan data dari Harddisk anda, yang biasa disebut dengan Backup dan Restore, secara otomatis dapat mengelola backup secara teratur untuk Anda, menyimpan data Anda ke sumber eksternal seperti drive eksternal, lokasi drive jaringan atau bahkan DVD kosong. 

Jika anda belum familier dengan cara backup data di komputer windows anda maka coba simak tips cara backup data di komputer berikut ini:

1. Klik “Start | Control Panel | System and Maintenance | Backup and Restore”

2. Klik “Set up Backup” untuk memulai konfigurasi cadangan Anda. Windows dapat mengambil satu atau dua menit untuk menganalisis lokasi cadangan yang tersedia.

3. Silahkan pilih dimana Anda ingin menyimpan data cadangan Anda. Satu keping DVD tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan data cadangan anda, paling tidak membutuhkan tiga sampai empat keping DVD. 
Selain DVD, Anda juga dapat menggunakan hard drive eksternal, melalui jaringan yang terhubung dengan penyimpanan atau flash drive dengan ruang yang cukup – jika Anda membuat cadangan file besar paling tidak Anda akan membutuhkan setidaknya 10GB.

4. Selanjutnya silahkan pilih apakah Anda ingin Windows secara otomatis memilih direktori yang didukung, atau apakah Anda lebih suka memilih sendiri.
Pengaturan custom memungkinkan Anda untuk menghapus sumber daya-berat folder jika lokasi backup Anda pendek pada ruang, serta menonaktifkan sistem image, jika perlu, untuk masalah ruang. Klik “Next” jika dibutuhkan.

5. Klik “Change Schedule” untuk memilih waktu dan frekuensi yang terbaik untuk anda. Untuk kenyamanan silahkan Pilih saat ketika komputer anda tidak akan digunakan, contohnya pada malam hari.

Klik “Save Settings and Run Backup” lalu “Back Up Now” untuk memulai backup pertama Anda dan menyimpan pilihan cadangan Anda. Back up dapat berlangsung beberapa menit atau hingga satu jam, tergantung pada apa yang Anda back up. Setelah selesai, Anda dapat mencabut sumber eksternal Anda.

Menggunakan Task Scheduler

Untuk backup otomatis yang terjadwal, gunakan Task Scheduler untuk mengatur pengingat untuk menghubungkan kembali sumber cadangan eksternal anda.

Backup data di komputer
Backup data di komputer
1. Klik “Start | Control Panel | System and Security | Administrative Tools” kemudian pilih “Task Scheduler”

2. Pilih “Create Basic Task” di panel Actions di sisi kanan layar.
Masukkan nama dan deskripsi untuk tugas Anda, klik “Next” dan pilih pemicu untuk tugas Anda pada frekuensi yang sama sebagai backup Anda. 

Jika Anda menjalankan backup bulanan, misalnya, mengatur pengingat bulanan sebelum waktu cadangan. 

3. Klik “Next,” kemudian pilih waktu dan hari untuk peringatan anda.

Pilih “Display a Message” atau “Send an Email” tergantung pada anda apakah ingin menerima email atau pesan popup yang akan mengingatkan Anda untuk menghubungkan drive eksternal atau disk.

Masukkan pengaturan untuk pesan Anda – baik pengaturan surat atau isi pesan yang akan ditampilkan.

4. Meninjau tugas Anda dan klik “Finish” untuk menyelesaikan.

Demikian tentang Cara Backup Data dari Harddisk Laptop atau Komputer anda, Semoga dapat membantu.







Ada 0 komentar untuk artikel Backup data di komputer secara cepat & otomatis


Posting Komentar


 

garis hijau panjang