• blog wahyu winoto
  • G+ wahyu winoto
  • Instagram wahyu winoto
  • pinterest wahyu winoto
  • fb wahyu winoto
  • twitter wahyu winoto

Mencegah Pencurian Akses Internet WiFi




Mencegah Pencurian Akses Internet WiFi


Apakah anda memiliki jaringan WiFi pribadi?
Apakah anda merasa ada orang yang mencuri akses internet Wi Fi anda?

Akses Wi-Fi dapat dengan mudah dicuri apabila jaringan Wi-Fi pada suatu titik akses (hotspot) tidak dilengkapi password. Ketika sebuah hotspot tidak dilengkapi password, pengguna notebook dengan mudah memasuki jaringan dan mengakses internet secara gratis. 

Hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk melakukan pengecekan koneksi WiFi yaitu ketika pertama kali installasi router akan terdapat pilihan setting wireless ecryption protocol(WEP)key, pada dasarnya ini merupakan password untuk bisa masuk ke jaringan wireless kita. jika WEP key ini tidak ada maka itu berarti jaringan wireless ini terbuka dan ini berarti setiap orang dalam radius tertentu dapat dengan mudah menggunakan jaringan wireless(internet) dengan gratis.

Dengan adanya WEP key bukan berarti jaringan wiFi anda terbebas dari akses ilegal orang lain. untuk mengetahui hal ini kita bisa melihat di Network Places kemudian Double-click jika komputer yang tersambung lebih banyak dari yang anda gunakan maka bisa dipastikan itu adalah pencuri wiFi anda. 

Agar jaringan Wi-Fi tidak memancing pencurian atau penyadapan, pengguna juga dianjurkan untuk tidak melakukan broadcast nama jaringan nirkabel (SSID).Agar jaringan semakin aman, pengguna hendaknya menggunakan pula sistem penyaring MAC Address. Router Wi-Fi dan titik akses umumnya memiliki kemampuan untuk mencegah akses peranti nirkabel yang tidak dikenal.

Proses penyaringan dilakukan dengan membandingkan MAC Address peranti yang mencoba membangun koneksi dengan daftar yang dimiliki router. Sayangnya, fitur penyaringan MAC Address umumnya dimatikan ketika router dipasarkan dari pabrik. Karena itu, pengguna harus mengaktifkan sendiri fitur tersebut dan hanya mengizinkan router menerima MAC Address yang dikenal.

Akan tetapi, prosedur keamanan tersebut tidak 100% ampuh untuk mencegah pencurian dan penyadapan. Sebab, penjahat kelas kakap sudah mampu melakukan cloning MAC Address.

Akibatnya, peranti- peranti ilegal bisa mengakses jaringan karena dianggap sebagai peranti legal. Prosedur lain yang cukup efektif adalah mematikan titik akses ketika tidak digunakan. Proses ini cukup mudah dilakukan secara manual ataupun otomatis.Router Wi-Fi dapat diprogram untuk menutup akses pada jam dan hari tertentu ketika jaringan Wi-Fi tidak digunakan.

Cara lain yang dapat di gunakan untuk mendeteksi adanya pencuri internet anda adalah dengan memeriksa tabel DHCP pada router anda disana akan tampil perangkat yang tersambung dengan jaringan anda.

Kemudian, cara terbaru Mencegah Pencurian Akses Internet WiFi dan yang masih terus dikembangkan adalah dengan menutup ruangan kita dengan Wallpaper anti pencurian sinyal hotspot/wi fi.


Anti Wireless Wallpaper

Meskipun cara tersebut sepertinya agak aneh tapi bisa dicoba memasang sebuah wallpaper pada tembok ruangan yang dapat membuat WiFi Anda tidak akan bocor. Nama wallpaper tersebut adalah Anti Wireless Wallpaper.

Mencegah Pencurian Sinyal WiFi
Mencegah Pencurian Sinyal WiFi
Wallpaper ini dikembangkan oleh Institut Polytechnique Grenoble INP dan the Centre Technique du Papier. Pada wallpaper ini terdapat sebuah pola yang tertanam dari partikel perak yang dapat di atur dan membloknya. Sebenarnya cukup menarik apabila WiFi tersebut hanya terdapat diruangan kita saja.

Yang menjadi masalah adalah Wallpaper tersebut harus terpasang secara rapat, ditembok, atap, jendela, dan bagian yang terbuka lainnya. Karena WiFi tersebut akan bocor apabila terdapat celah meskipun wallpaper tersebut sudah terpasang di sekitar ruangan. Menurut Anda apakah jadinya harus menutup semua ruangan dengan wallpaper tersebut? Bagaimana dengan jendela? Sepertinya akan tersedia film transparan yang membuat WiFi tersebut tidak bisa menembus kaca jendela.

*** 







Ada 1 komentar untuk artikel Mencegah Pencurian Akses Internet WiFi

melia propolis on Rabu, 23 Mei 2012 22.53.00 WIB mengatakan...

... iya kudu hati hati kalo pake wi-fi...jangan sampe bertransaksi online...bisa kecuri datanya... nanti apes.. trims telah berbagi info nya...


Posting Komentar


 

garis hijau panjang