• blog wahyu winoto
  • G+ wahyu winoto
  • Instagram wahyu winoto
  • pinterest wahyu winoto
  • fb wahyu winoto
  • twitter wahyu winoto

4 Langkah Membuat Tulisan Berkualitas dan Mempromosikannya di Internet




4 Langkah Membuat Tulisan Berkualitas dan Mempromosikannya di Internet

Berikut ini saya akan coba tuliskan beberapa langkah yang dapat anda gunakan sebagai panduan dalam nge-blog atau membuat artikel di internet. Langkah-langkah sederhana berikut menurut saya sangat ampuh. Tidak usah anda pusing dan takut bila sering mendengar bahwa katanya untuk unggul di internet itu susah dan harus belajar trik ini trik itu, semua itu hanya ketakutan yang tidak perlu, karena dengan cara simpel saja saya sudah membuktikan bisa mendapatkan banyak visitor, bukan cuma puluhan atau ratusan pengunjung perhari namun puluhan ribu visitor perhari untuk blog dengan jumlah artikel dibawah 1000 posting.

Simak 4 langkah cara membuat tulisan blog yang bagus dan berkualitas serta mampu memenangkan persaingan di internet berikut:

1. Tentukan tema tulisan yang akan anda buat

Pertama tentukan tema, lalu kumpulkan sumber-sumber materi penulisan agar nanti cakupan tulisan bisa bagus dan kaya referensi yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Contoh:

Misalkan saya ingin membuat web atau tulisan di blog dengan tema Sepeda Motor, maka saya biasanya merujuk ke wikipedia, situs resmi pemerintah, situs resmi produsen sepeda motor, dan sejenisnya untuk mencari rujukan artikel yang akan saya buat.

2. Tentukan judul dan sub judul sesuai dengan tema yang sudah kita siapkan

Dalam membuat judul akan lebih baik kalau diturunkan dari tema besar yang sudah kita persiapkan, nah agar makin mantap judulnya maka kita bisa gunakan aplikasi keyword suggestion yaitu semacam tool untuk mencari keterkaitan suatu tema besar dengan kata-kata kunci yang terkait kuat dengan tema tersebut.

Contoh:

Saya ingin membuat web atau tulisan di blog dengan tema Sepeda Motor, maka saya coba cari kata-kunci apa yang berkaitan erat dengan tema sepeda motor, saya biasanya coba menggunakan Tool dari http://ubersuggest.org/

Disana silahkan masukkan tema yang akan kita cari kaitan kata kuncinya, lalu tentukan lokasi negara, dan klik suggest (lihat gambar berikut)
Mencari judul dari tema pilihan kita

Nanti akan dihasilkan beberapa hasil kata kunci yang relevan dan terkait dengan tema yang kita cari, kurang lebih sebagai berikut:

Hasil related keyword

Nah, hasil tersebutlah yang harus anda gunakan untuk membuat Judul dan Subjudul dalam artikel yang akan anda buat di web atau blog.

Contoh:

Setelah mencari kata kunci terkait untuk tema "sepeda motor", maka saya akan:

- Ambil judul "sepeda motor honda"
- Ambil sub-judul "sepeda motor honda terbaru", "sepeda motor honda 2012", "sepeda motor honda vario", dan sebagainya.


Langkah selanjutnya setelah sukses melakukan langkah-langkah diatas adalah membuat posting di blog atau web anda, saya sarankan gunakan banyak literatur dalam membuat artikel, sumber literatur sebaiknya dari buku atau situs resmi yang berkaitan dengan tema yang akan kita tulis.


Buatlah judul seperti yang sudah anda dapatkan dari langkah ke-2, lalu dalam artikel tersebut buat juga subjudul, sub judul dapat juga anda ambil dari turunan kata kunci yang anda dapatkan dari langkah ke-2.

Saya sarankan buat beberapa posting yang saling terkait, jangan cuma 1, karena dengan beberapa artikel yang saling terkait maka akan makin bagus di internet.

4. Promosikan tulisan anda di internet

Langkah ke-4 adalah langkah penting, karena mau sebagus apapun tulisan anda kalau tidak dipromosikan maka pembacanya juga akan sedikit, oleh karena di internet orang cenderung menggunakan mesin pencari maupun situs social bookmark maka optimalkan tulisan anda di mesin pencari dan social bookmark.

Berikut ini saya contohkan langkah cepat mempromosikan tulisan anda di puluhan situs agar mudah dikenali mesin pencari dan dibaca orang lain.

- Buat akun-akun situs social bookmark dan social network yang ada di socialposter
- Login-lah ke situs-situs social bookmark dan social network tersebut
- Masukkan URL posting artikel anda, judul, ringkasan, dan kata kunci/tag, lalu klik Generate.

Promosi tulisan ke puluhan situs sosbook
- Selanjutnya anda tinggal klik tulisan Post (yang ada di sebelah kanan masing-masing situs social bookmark dan social network) untuk mulai mempromosikan tulisan anda kesana.
- Lakukan langkah tersebut untuk beberapa artikel (usahakan artikel tersebut saling terkait), untuk membuat keterkaitan antar artikel gunakan saja pilihan judul yang dihasilkan dengan langkah ke-2 diatas.

Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas maka saya yakin anda akan bisa paham bagaimana mengoptimalkan tulisan-tulisan blog anda. 

Tema "sepeda motor" diatas hanyalah sebagai contoh. Saran saya, pilihlah tema yang kira-kira banyak dicari orang di internet agar makin optimal jumlah visitor yang dapat anda hasilkan.

Langkah-langkah diatas mungkin terkesan simpel, namun begitulah internet, simpel, saling terkait, buat sekitar 5-10 artikel terkait setiap hari, maka saya jamin web atau blog anda akan segera ramai pengunjung. 

Selama mencoba.







Ada 3 komentar untuk artikel 4 Langkah Membuat Tulisan Berkualitas dan Mempromosikannya di Internet

Zulham-9179 on Selasa, 29 Mei 2012 22.20.00 WIB mengatakan...

informatif sekali,on iya aku sudah bisa follow blog tapi kayaknya musti yang pakai link kayak blog sobat sekarang,klau ada izin aku ingin share artikel tersebut,bagaimana sobat...

sablon digital on Rabu, 13 Juni 2012 08.15.00 WIB mengatakan...

pengen tahu
sablon digital yg keren dan lengkap
bisa satuan :)
http://www.yysablondigital.weebly.com

Sukaryanto Fadhilah on Jumat, 14 September 2012 08.00.00 WIB mengatakan...

mantap boss


Posting Komentar


 

garis hijau panjang