• blog wahyu winoto
  • G+ wahyu winoto
  • Instagram wahyu winoto
  • pinterest wahyu winoto
  • fb wahyu winoto
  • twitter wahyu winoto

Cara Memilih Aplikasi Google Play yang Bagus




Cara Memilih Aplikasi Google Play yang Bagus

Tidak adanya filterisasi yang ketat di Google Play Store membuat jumlah scam dan malware di toko aplikasi khusus Android itu terus bertambah.

Para pengembang aplikasi (developer) nakal memanfaatkannya dengan menyusupkan program jahat dalam aplikasi mereka.

Sayangnya, ada saja pengguna Android yang asal mengunduh aplikasi tanpa menerawang terlebih dahulu apakah aplikasi itu mengandung malware atau tidak. Terlebih, jika mereka mengunduh aplikasi di luar Google Play.

Meski agak sulit mendeteksi keberadaan malware atau scam di Google Play, setidaknya ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan pengguna Android agar program jahat tidak menyelinap di perangkatnya. Berikut caranya.

1. Baca komentar pengguna

Analisa pertama mendeteksi sebuah aplikasi bersih dari malware dan scam, bisa dilihat dari komentar yang ditinggalkan.

Jika komentarnya banyak namun cenderung sama atau tata bahasanya berantakan, hal ini perlu diperhatikan karena bisa jadi scammer yang melakukan itu atau si developer nakal sendiri yang mengomentarinya.

2. Pelajari Reputasi pengembang aplikasi (developer)

Hal yang tak kalah penting sebelum mengunduh aplikasi adalah melihat siapakah developer aplikasi tersebut. Jika aplikasi itu dirilis oleh developer yang sudah punya nama, mungkin Anda tidak perlu khawatir.

Namun jika developer itu terdengar asing, ada baiknya Anda mengunjungi situs web yang tertera di halaman tersebut.
Google Play
Google Play menyediakan tombol "Visit Developer's" Website yang membawa Anda ke situs resmi developer. Pastikanlah bahwa Anda dibawa ke situs atas nama developer tersebut.

Jika ternyata Anda dibawa ke situs yang tidak valid, Anda bisa menebak sendiri bahwa developer tersebut tidak bertanggung jawab.

3. Rating aplikasi

Pada awal Februari 2012 lalu, ada developer tak dikenal yang memasukkan aplikasi Instagram di Google Play (dulu masih bernama Android Market). Tentu ini bukan Instagram yang sebenarnya, karena Instagram baru tersedia untuk Android pada 3 April.

Aplikasi itu dengan cepat mendapat rating 5 bintang. Untungnya, Google bergegas menarik Instagram palsu itu.

Karena itu, waspadalah dengan aplikasi baru yang dengan cepat langsung dapat rating 4 sampai 5 bintang. Untuk memastikannya Anda harus membaca komentar yang ada dan memastikan reputasi si developer.

4. Permintaan mengakses data pribadi

Ada beberapa aplikasi yang memang meminta data pribadi ketika Anda sudah meng-install. Jika aplikasi meminta data lokasi, ini bukanlah indikasi adanya malware atau scam.

Anda harus perhatikan dan patut waspada jika ada aplikasi sederhana namun ia meminta izin hak akses untuk sejarah browser, akun GMail, kontak, akses internet, atau identitas telepon.

Anda boleh saja mengizinkan sebuah aplikasi di google play mengakses data pribadi jika memang sifat aplikasi tersebut relevan dengan data yang diminta. Namun jika permintaan dirasa tidak relevan, ada baiknya Anda tidak memberi izin.

Sumber :ExtremeTech

***







Ada 1 komentar untuk artikel Cara Memilih Aplikasi Google Play yang Bagus

contoh judul PAI on Senin, 07 Mei 2012 12.20.00 WIB mengatakan...

kalau sy sih baru tau kalau ada yang namanya google play...kalau dri google pastinya okelah ...


Posting Komentar


 

garis hijau panjang