header wahyu winoto blog

Apakah iPad Lebih Baik dari Android atau Android lebih bagus dibanding iPad ?

Mendengar kata Android, sudah pasti akan langsung tertuju kepada sistem operasi yang dikembangkan oleh Google. Meski relatif masih baru, namun Sistem Operasi Android telah mampu menggeser popularitas sistem operasi mobile yang sudah lama ada seperti Symbian, Windows Mobile dan bahkan Blackberry sekalipun.

Sedangkan bila mendengar kata iPad, tentu ingatan kita tertuju kepada Tablet yang direlease oleh Apple! Selengkapnya tentang iPad bisa dibaca di Apakah iPad itu? Pertanyaannya sekarang mana yang lebih baik iPad atau Android? 


Perlu diingat bahwa iPad adalah sebuah Gadget yang dikeluarkan oleh Apple dan memakai sistem operasi iOS, sedangkan Android adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Google. Jadi sebenarnya membandingkan iPad vs Android, agak kurang tepat yang lebih tepat seharunys adalah iOS vs Android! Tapi karena iOS mungkin masih terasa asing di telinga sebagian orang, dan mungkin lebih mengenal iPad dibandingkan iOS, maka tidak ada salah bila artikel ini sedikit membahas iPad vs Android!

iPad pada awalnya ditujukan sebagai tablet untuk membaca ebook, namun dalam perkembangan selanjutnya iPad ternyata bisa difungsikan sebagai pendukung kegiatan lain seperti browsing, facebookan sampai menonton film dan mendengarkan musik! Bahkan iPad terbaru sudah mampu melakukan aktivitas FaceTime, berkat adanya dukungan dual kamera!

iPad menggunakan sistem operasi iOS, tentunya di Amerika sistem operasi ini memang sangat terkenal, berkat adanya dukungan dari ribuan game dan aplikasi yang tersedia untuk iOS. Untuk sistem game dan aplikasi, iOS saat ini masih sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Android! Namun diprediksi beberapa bulan/tahun ke depan, dominasi iOS akan diimbangi oleh Android!

Satu keuntungan dari Android, adalah tersedia banyak pilihan dari tablet/smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Dari Samsung ada Samsung Galaxy Tab, Motorola dengan Motorola Xoom, Sony Ericsson dengan seri xPerianya, LG dengan seri Optimus-nya! Berbeda dengan iOS/iPad yang hanya tersedia dari Apple saja.


iPad vs Android
iPad vs Android


Dominasi komputer tablet Apple iPad di sektor enterprise sangat meyakinkan. Setidaknya, itulah yang dikemukakan dalam sebuah survei di Amerika Serikat oleh Good Technology.

Dalam kuartal 1 2012, iPad memegang market share sampai 97,3% di segmen bisnis. Meningkat dari data kuartal 4 2011 yang sejumlah 94,7%.

Lain halnya dengan tablet berbasis Android. Market share terbaru mereka di sektor korporat hanya 2,7%, menurun dari yang sebelumnya 5%.

Sejatinya masih ada tablet BlackBerry PlayBook yang mungkin cukup diminati di pasar korporat. Namun entah mengapa, survei ini tidak turut memasukkan PlayBook.

Menurut analisis Gartner, kekuatan iPad di antaranya punya software untuk enterprise lebih banyak ketimbang Android. Namun demikian, lanskap persaingan di pasar enterprise bisa berubah dengan kedatangan tablet Windows 8.

Dikutip dari ComputerWorld, Jumat (27/4/2012), tablet berbasis Windows 8 mungkin meraih minat signifikan dari para pebisnis. Kabarnya, tablet Windows 8 akan rilis akhir tahun 2012 ini.

***

Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP