CMS Buatan Indonesia Alternatif untuk Membuat Website




CMS Buatan Indonesia Alternatif untuk Membuat Website

Sekarang ini makin banyak cara membuat website, mulai dari menggunakan layanan blog gratis (Baca catatan terdahulu saya tentang Situs Penyedia Layanan Blog Gratis), hingga menggunakan CMS atau Content Managemen System yang beredar di internet. CMS adalah sebuah sistem website atau blog yang bersifat dinamis, dalam artian dengan CMS memungkinkan pengguna untuk menambahkan halaman dan konten baru dalam website dengan mudah dan otomatis tanpa harus menambahkan manual seperti ketikan membuat website statis. Menurut Wikipedia, CMS adalah adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

a. aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
b. aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).


Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

CMS
Sedikit cerita, saya pribadi mengenal CMS sejak beberapa tahun lalu yaitu Wordpress yang sekarang ini sangat populer sebagai platform website dan blog di dunia. Kemudian beberapa tahun lalu ketika nge-trend yang namanya Geocities (produk Yahoo) saya juga belajar membuat web statis hingga berkembang kearah web dinamis (semacam CMS) meski sangat sederhana dan tidak saya publikasikan. 

Kembali lagi ke CMS dalam negeri, pada posting kali ini saya sengaja menuliskan daftar CMS buatan orang Indonesia disini sebagai apresiasi saya terhadap karya anak bangsa. 



Berikut saya cuplikkan beberapa CMS untuk membuat website yang dikembangkan oleh orang-orang Indonesia:

1. CMS Balitbang

CMS balitbang dikembangkan khusus untuk membangun website sekolah, dimana hal itu diawali dari adanya semangat untuk membangun sistem sekolah yang melek teknologi. Sekarang ini CMS Balitbang dikembangkan oleh Tim Balitbang Kemdiknas. Kunjungi situs resminya di http://kajianwebsite.org

2. CMS Lokomedia

Silahkan temukan CMS Lokomedia di http://bukulokomedia.com

3. CMS Fiyo

Silahkan kunjungi CMS Fiyo dan download dari situs resminya di http://www.fiyo.org

4. CMS2an

Silahkan download cms2an melalui situs resminya di http://cms2an.com

5. CMSid

Kunjungi situs resmi CMSid dan download versi terakhir CMSid melalui situs resminya di http://cmsid.org/

6. AuraCMS

CMS Aura dikembangkan sejak 2003, dan hingga kini cukup banyak orang yang menggunakannya. Silahkan kunjungi situs resminya di http://auracms.org/

7. CMS Endonesia

Silahkan download CMS Endonesia di http://sourceforge.net/projects/endonesia/

8. SpasiCMS

Silahkan temukan di http://www.spasi.com/solution/content_management/

9. CMS Tarichi

Download CMS Tarichi (berbasis Code Igniter) disini http://www.ziddu.com/download/10905966/tarichi0.3.rar.html atau disini https://sourceforge.net/project/downloading.php?group_id=234536&filesize=5455802&filename=tarichi0.3.tar.gz&60895066


Demikian sedikit yang bisa saya kumpulkan, saya yakin masih banyak developer-developer Indonesia yang mengembangkan CMS lain, namun karena keterbatasan saya hingga saya tidak menemukannya di Internet.

So, bagi anda developer CMS baru atau siapa saja yang menemukan CMS buatan Indonesia yang belum saya cantumkan disini silahkan tuliskan di kolom komentar agar makin banyak orang Indonesia yang tahu bahwa senior mereka dalam dunia web developer telah mampu melangkah sejauh itu.

Salam...

*** 







Ada 2 komentar untuk artikel CMS Buatan Indonesia Alternatif untuk Membuat Website

Jasa Pembuatan Website on Senin, 18 Juni 2012 17.33.00 WIB mengatakan...

apa CMS ini user friendly?

yogisparingga on Sabtu, 06 Oktober 2012 22.36.00 WIB mengatakan...

wah bos makasih, kebtulan lagi cri informasi ini


Poskan Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang